Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Jadi Tambahan Kuliner Kekinian, Cek Dulu Fakta Biskuit Oreo!

List Artikel
11 Januari 2023 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka makan biskuit oreo? Oreo merupakan biskuit asal Amerika yang sangat populer di dunia. Biskuit oreo tak hanya bisa disantap begitu saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai campuran atau bahan tambahan kuliner lain. Seperti yang kamu ketahui kalau oreo saat ini lebih banyak dijumpai pada aneka kuliner kekinian, baik itu minuman hingga makanan kekinian seperti es kopi susu oreo, martabak oreo, kue cubit oreo, pancake oreo, dan lain sebagainya. Dengan menambahkan oreo pada aneka kuliner kekinian, maka cita rasa dan teksturnya akan jadi lebih kaya. Seperti yang kamu ketahui, biskuit oreo punya tekstur yang garing tapi empuk dengan cita rasa manis dan creamy


Buat para pecinta oreo, ada beberapa fakta oreo yang perlu kamu ketahui, kita bahas sama-sama di bawah ini yuk!



Sumber: Nytimes.com


Oreo Sudah Ada Sejak 1912

Fakta biskuit oreo yang pertama adalah oreo ternyata sudah ada sejak tahun 1912. Pad 6 Maret 1912, oreo pertama kali dijual di daerah Hoboken, New Jersey. Oreo yang pertama kali dijual memang tidak terlalu laris karena warnanya yang tidak biasa alias berwarna hitam. Biskuit di masa itu lebih banyak yang berwarna cokelat sehingga orang agak ragu untuk mencicip oreo yang berwarna kehitaman ini.

 

Asal Nama Oreo

Fakta oreo yang kedua adalah namanua yang unik. Tahukah kamu dari mana asal nama oreo? Oreo sebenarnya berasal dari kombinasi kata β€˜o’ yang diambil dari kata chocolate dan β€˜re’ yang diambil dari kata cream. Ada juga pendapat yang mengatakan kalau nama oreo sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang artinya gunung. Jadi pada saat proses uji coba, oreo yang akan diuji coba ini disusun ke atas menyerupai gunung. Oleh karena itu, biskuit tersebut diberi nama oreo yang artinya gunung. Pada tahun 1921 namanya berubah menjadi oreo sandwich. Lalu pada tahun 1948, namanya berubah lagi menjadi oreo cream sandwich.

 

Menjadi Cookies Terlaris di Dunia



Sumber: Cen.acs.org


Faktanya pada awal kemunculan oreo, biskuit ini belum banyak digemari. Tapi lambat laun ketenaran oreo semakin populer.  Apalagi saat oreo mulai diekspor ke luar negeri. Pada saat diperkenalkan ke luar negeri, ada sekitar 450 miliar oreo yang laris manis di pasaran. Oreo bahkan pernah menyandang predikat sebagai biskuit terlaris di dunia. 

 

Ada Jalan Bernama Oreo

Fakta unik tentang Oreo selanjutnya adalah Oreo yang merupakan salah satu produk perusahaan kue Nabisco (National Biscuit Company) yang didirikan pada tahun 1898 ini ternyata dijadikan sebuah nama jalan yang ada di Chelsea Market Building, New York. Nama jalan oreo atau Oreo Way ini tepatnya ada di 15th Street, Nine Avenue. Jadi kalau kamu sedang berlibur ke New York, kamu bisa mampir ke jalan oreo ini ya!

 

Awalnya Dibuat dari Lemak Babi

Fakta yang terakhir adalah ternyata oreo ini pada awalnya menggunakan lemak babi sebagai salah satu bahan pembuatnya. Lalu pada tahun 90-an, oreo mengganti lemak babi dengan lemak nabati. Hal ini dikarenakan oreo tak hanya dinikmati oleh masyarakat Amerika saja, tetapi juga oleh negara-negara Muslim sehingga penggunaan lemak babi pun digantikan dengan lemak nabati.


 

Sumber: Seriouseat.com


Nah, itu dia fakta biskuit oreo yang tidak banyak orang tahu. Cukup unik ya, Teman Kuliner? Cita rasa oreo yang manis membuat biskuit satu ini sering banget dijadikan berbagai macam makanan, seperti dessert. Kalau kamu jadi kepingin makan dessert yang manis dan enak dengan campuran oreo, PergiKuliner sudah siapkan rekomendasinya buat kamu di bawah ini!

BitterSweet by Najla

Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla
Foto BitterSweet by Najla

DORE by LeTAO

Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO

Tiramisusu by Chocomory

Foto Tiramisusu by Chocomory
Foto Tiramisusu by Chocomory
Foto Tiramisusu by Chocomory

Dough Lab

Foto Dough Lab
Foto Dough Lab
Foto Dough Lab

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?