Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Klasik Khas Belanda yang Punya Campuran Aneka Rempah

List Artikel
2 September 2021 | 1 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka banget ngemil? Bagi yang suka ngemil, kamu termasuk golongan yang mana, penyuka camilan gurih asin atau malah lebih suka camilan yang manis? Orang-orang yang suka menyantap camilan manis biasanya akan suka mengonsumsi kue. Di Indonesia, tentunya selain kue tradisional juga ada kue barat yang populer seperti kue-kue yang asalnya dari Belanda. 


Berbicara tentang kue khas Belanda, tidak seperti kue khas barat lainnya, ternyata ada beberapa kue klasik khas Belanda yang di dalamnya terdapat campuran aneka rempah. Penggunaan rempah-rempah ini tentu saja dimaksudkan untuk memperlezatcitarasa kue klasik khas Belanda. Tapi selain itu, penggunaan rempah ini juga dapat membuat aroma kue menjadi lebih wangi dan punya ciri khas tersendiri. Ditambah lagi, adanya rempah dalam kue klasik khas Belanda juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Penasaran, kira-kira apa saja sih kue klasik khas Belanda? Cek rekomendasinya di bawah ini!


1. Ontbijtkoek



Sumber: Tokopedia.net


Kue klasik khas Belanda yang punya campuran rempah adalah ontbijtkoek. Ontbijtkoek mungkin terdengar tidak asing bagi beberapa masyarakat Indonesia karena kue klasik khas Belanda ini seringkali dibuat atau disajikan oleh nenek dan kakek kita dulu. Ontbijtkoek sangat populer karena aroma dan cita rasanya yang sangat beraroma rempah. Di dalamnya terdapat campuran beberapa rempah, mulai dari kayu manis, pala, jahe, cengkeh, dan lada. Citarasanya cenderung agak pedas karena campuran lada dan jahenya. Ontbijtkoek biasa disajikan sebagai pendamping minum teh atau kopi.


2. Groningerkoek



Sumber: Sikkom.nl


Groningerkoek menjadi salah satu kue klasik khas Belanda yang punya campuran rempah di dalamnya. Jenis rempah yang digunakan pada kue klasik khas Belanda ini adalah kayu manis, cengkeh, pala, dan jahe. Groningerkoek ini dari segi tampilan terlihat cukup berbeda karena di bagian atasnya terdapat campuran kacang-kacangan juga. Jenis kacang-kacangan yang bisa digunakan sangat beragam, mulai dari kacang almond, kenari, mede, hingga walnut. Meski tampilan luarnya terlihat sangat padat, tapi tekstur dari groningerkoek ini sangat lembut dan renyah yang berasal dari kacang-kacangan.


3. Krentenwegge



Sumber: Broodperpost.nl


Krentenwegge menjadi kue klasik khas Belanda selanjutnya yang punya campuran rempah-rempah di dalamnya. Krentenwegge punya tampilan yang lebih berwarna gelap di banding kedua jenis kue klasik khas Belanda di atas. Krentenwegge terbuat dari campuran rempah kayu manis sehingga aromanya sangat wangi, sementara untuk cita rasanya terbilang manis karena di dalamnya juga ada kismis dan aneka buah kering lainnya.

 

4. Suikerbrood



Sumber: Rutgerbakt.nl


Berikutnya ada suikerbrood yang merupakan kue klasik khas Belanda dengan rempah di dalamnya. Suikerbrood ini lebih tepat dijuluki sebagai roti rempah khas Belanda karena di dalamnya terdapat campuran kayu manis dan jahe sehingga aromanya wangi. Suikerbrood biasanya paling sering dikonsumsi saat Paskah karena memang kue ini adalah salah satu sajian khas Paskah. Cita rasanya manis dengan tekstur yang lembut tapi padat. Berhubung rasanya manis, suikerbrood ini lebih sering disantap dengan olesan mentega saja.


5. Kerststol



Sumber: Id.wikipedia.org


Terakhir ada kerststol yang juga merupakan kue klasik khas Belanda dengan campuran rempah di dalamnya. Kerststolmemiliki campuran kayu manis di dalamnya sehingga aromanya wangi. Cita rasa dari kerststol ini terbilang manis karena ada campuran buah-buahan kering dan pada bagian atasnya di tabur dengan gula halus. Tak hanya itu saja, di dalam kue ini juga terdapat pasta almond yang punya rasa gurih dan manis serta creamy. Kue ini biasanya selalu muncul pada perataan Natal di Belanda.

 

Itulah beberapa kue klasik khas Belanda yang punya campuran rempah-rempah di dalamnya. Dari kelima kue klasik khas Belanda tadi, Teman Kuliner suka yang mana?

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Amy and Cake

Foto Amy and Cake
Foto Amy and Cake
Foto Amy and Cake

Adora Lezat

Foto Adora Lezat
Foto Adora Lezat
Foto Adora Lezat

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Selain ulasan tentang kulinernya, asal usul, waktu menghidangkan, rasa, bahan2 dsbnya - alangkah baiknya disebutkan tempat2 penjualnya/ bakery atau cake shopnya,termasuk harganya
paulus.gunawan@gmail.com | 03 Sep 2021 pk. 09:06 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?