Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Korea yang Lebih Nikmat Jika Disantap dengan Kimchi

List Artikel
24 Oktober 2023 | 0 Komentar

Siapa di sini yang suka menyantap kuliner Korea? Kuliner Korea di Indonesia memang sudah tidak asing lagi karena kita bisa dengan mudah menjumpai kuliner Korea yang ada di restoran hingga kedai kaki lima dengan harga yang sangat bervariasi. Jika Indonesia memiliki sambal yang wajib tersaji saat menyantap makanan apa pun, Korea memiliki kimchi yang keberadaannya tidak boleh terlupakan di meja makan. Kimchi merupakan kuliner fermentasi khas Korea yang umumnya dibuat dari bahan dasar sayuran. Awalnya, kimchi sengaja dibuat untuk mengawetkan makanan di musim dingin sehingga masyarakat Korea bisa tetap makan sayur. Mengingat pada musim dingin, sayuran tidak akan tumbuh karena tertutup salju. Kimchi ini cocok disantap dengan segala macam kuliner khas Korea. Dari sekian banyaknya kuliner Korea, lima kuliner ini rasanya menjadi jauh lebih nikmat jika disantap dengan kimchi.

 

1. Ramyun



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner Korea pertama yang lebih nikmat jika disantap dengan kimchi adalah ramyun. Ramyun adalah mie khas Korea yang sering kali muncul dalam drama-drama Korea. Ciri khas ramyun Korea ialah memiliki tampilan warna kuah yang oranye agak kemerahan dengan mie berwarna kuning berbentuk keriting dengan tekstur yang kenyal. Ramyun biasanya dimasak bersama dengan telur ayam dan irisan daun bawang. Penyajiannya akan lebih lengkap dan lebih nikmat dengan menggunakan kimchi. Jenis kimchi yang disajikan dengan ramyun ini bisa berupa kimchi sawi maupun kimchi lobak.

 

2. Korean BBQ



Sumber: pergikuliner.com


Korean BBQ menjadi kuliner daging yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Korean BBQ di sini biasanya berkonsep all you can eat atau buffet sehingga kamu bisa menyantap sepuasnya dengan membayar cukup satu kali saja. Korean BBQ ini berbeda dari BBQ kebanyakan karena ada banyak side dish yang bisa dinikmati, salah satunya adalah kimchi. Kamu bisa menjumpai aneka kimchi untuk disantap bersama dengan Korean BBQ. Dengan menyantap daging BBQ bersama dengan kimchi, maka bisa menetralisir rasa belenger akibat minyak dari daging yang dipanggang. Kimchi yang sering disajikan pada Korean BBQ adalah kimchi sawi, kimchi lobak, kimchi daun perilla, hingga kimchi mentimun.

 

3. Mandu



Sumber: maangchi.com


Selanjutnya, ada mandu yang merupakan dimsum ala Korea. Mandu sebenarnya termasuk camilan yang bisa sangat mengenyangkan. Adonan dasarnya dibuat dari bahan dasar tepung yang dicampur dengan air lalu dibuat menjadi lembaran. Biasanya, mandu akan diisi dengan menggunakan bahan dasar daging ayam cincang yang dibumbui dengan bawang putih, kecap asin, dan sebagainya. Selain daging ayam cincang, ada juga bahan tambahan lainnya seperti tahu, daging sapi, daging babi, udang giling, dan sebagainya. Mandu sangat cocok disantap dengan menggunakan kimchi sawi putih.

 

4. Bibimbap



Sumber: pergikuliner.com


Bimbimbap adalah kuliner Korea yang sangat populer di Indonesia. Bibimbap disebut sebagai nasi campurnya Korea karena di dalamnya terdapat campuran nasi putih hangat, sayur-sayuran, daging giling tumis, hingga telur setengah matang. Jenis sayuran yang digunakan bisa berupa wortel, kangkung, tauge, dan sebagainya. Nantinya, semua bahan akan dicampur bersama dengan saus merah khusus yang di dalamnya merupakan campuran pasta cabai Korea. Biasanya, bibimbap akan disantap dengan tambahan kimchi sawi putih untuk memperkaya rasanya.

 

5. Kimbap



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner Korea terakhir yang lebih nikmat jika disantap dengan kimchi adalah kimbap. Kimbap merupakan nasi gulung khas Korea yang di dalamnya terdapat aneka isian, mulai dari sayuran hingga daging. Selain itu, biasanya akan ada kimchi lobak kuning yang dimasukkan ke dalam isian kimbap. Dengan menambahkan kimchi ke dalam kimbap, maka nantinya santapan kimbap akan semakin lebih enak dan menyegarkan. Kimbap ini sangat cocok disantap sebagai bekal makan siang karena praktis.

 

Itulah beberapa kuliner Korea yang terasa lebih nikmat jika disantap dengan kimchi. Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka? Buat kamu yang suka menyantap aneka kuliner Korea, di bawah ini ada rekomendasi restoran Korea yang wajib kamu cicip!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

Chingu Korean Fan Cafe

Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe
Foto Chingu Korean Fan Cafe

Warung Korea Pop

Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop
Foto Warung Korea Pop

Cafe Jalan Korea

Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea
Foto Cafe Jalan Korea

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?