Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

6 Hidangan Penutup Khas Jepang Yang Manis dan Bikin Ngiler

List Artikel
15 Januari 2021 | 1 Komentar

Jepang merupakan satu dari sekian banyak negara yang kulinernya begitu digemari banyak orang. Kuliner Jepang pun telah melanglang buana hampir ke berbagai negara di dunia. Mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup khas Jepang memiliki rasa dan cara penyajian yang menarik. Nah, jika kamu sudah sering melihat atau bahkan mencicipi hidangan utama khas Jepang tentunya kamu juga wajib mencoba hidangan penutupnya. Di Jepang, hidangan penutup biasa disebut wagashi. Tak kalah nikmatnya, wagashi atau hidangan penutup khas Jepang juga punya tampilan yang unik dan bikin ngiler lho. Biasa dinikmati saat musim panas, hidangan penutup khas Jepang ini cocok banget buat kamu yang sedang malas menyantap makanan berat. Yuk simak daftarnya!


1. Anmitsu



Sumber: Pinterest.com


Anmitsu merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang cukup terkenal di Jepang. Hidangan ini terbuat dari agar-agar yang telah dilarutkan dalam air atau jus buah. Anmitsu biasanya disajikan di dalam mangkuk dengan tambahan anko yaitu pasta kacang azuki yang telah ditambahkan madu dan sirup hitam khas Okinawa. Seiring zaman, anmitsu juga kerap disajikan dengan berbagai topping lainnya seperti kacang polong, potongan buah peach, ceri, atau jeruk satsuma. Beberapa restoran di Jepang juga sering memadukannya dengan es krim matcha atau vanilla yang semakin menggoda selera.


2. Kakigori



Sumber: Pinterest.com


Kakigori merupakan makanan pencuci mulut khas Jepang yang bahan-bahannya terdiri dari es serut yang ditambah dengan sirup berbagai macam rasa seperti stroberi, melon, anggur green tea, kacang merah dan susu. Biasanya kakigori disajikan di dalam mangkuk dan dinikmati dengan sendok. Kakigori sangat populer dan sering dijual di berbagai festival di Jepang. Kakigori juga dapat ditemukan di restoran kedai, maupun food truck. Dulunya kakigori dibuat secara tradisional menggunakan serutan es yang digerakkan manual dengan tangan. Namun kini telah banyak yang menggunakan es serut modern untuk membuatnya.


3. Mochi Ice Cream



Sumber: Pinterest.com


Diantara sekian banyak hidangan penutup khas Jepang, mungkin mochi ice cream menjadi yang paling populer. Mochi ice cream sudah dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia. Hidangan ini sebenarnya adalah modifikasi dari kue tradisional daifuku dan manju. Jika mochi pada umumnya menggunakan pasta kacang azuki sebagai isiannya, lain halnya dengan hidangan ini yang menggunakan es krim berbagai rasa sebagai bahan isian. Biasanya rasa yang paling populer adalah rasa stroberi, matcha, cokelat, dan vanilla. Mochi ice cream yang telah siap diproduksi kemudian dimasukkan dalam freezer agar kondisinya tetap dingin.


4. Yokan



Sumber: Pinterest.com


Adonan yokan biasanya terdiri dari pasta kacang merah, agar-agar dan gula. Yokan biasanya dijual dalam bentuk balok dan dimakan dalam bentuk irisan. Ada dua jenis yokan yang sering dijual di pasaran yaitu neri yokan dan mizu yokan. Bedanya, mizu yokan mengandung lebih banyak jelly dan teksturnya lebih halus. Mizu yokan memiliki rasa yang tidak terlalu manis dibandingkan neri yokan. Itulah mengapa mizu yokan menjadi lebih populer sebagai camilan saat musim panas di Jepang.


5. Monaka



Sumber: Pinterest.com


Monaka merupakan camilan manis tradisional yang terbuat dari wafer renyah dengan isian pasta kacang azuki dan mochi. Umumnya wafer monaka berbentuk persegi, namun sering zaman bentuknya semakin dimodifikasi hingga berbentuk unik seperti segitiga, krisan, bunga sakura dan sebagainya. Perpaduan wafer renyah dengan kenyalnya mochi dan pasta kacang yang manis membuat camilan ini begitu populer di Jepang. Sangat mudah untuk menemukan camilan ini karena banyak toko hingga restoran yang menjualnya sebagai menu dessert. Biasanya monaka dijual dalam kotak berisi 5, 10, 15, sampai 20 isian di dalamnya.

   

6. Dango



Sumber: Pinterest.com


Dango adalah salah satu wagashi yang paling favorit di Jepang. Dango juga kerap muncul di berbagai manga atau kartun anime, karena hidangan penutup ini memang sangat melekat dengan keseharian orang-orang Jepang. Adonan dango biasanya terbuat dari mochiko atau tepung beras. Dango disajikan menggunakan tusukan yang ditusuk seperti sate. Dango bisa dinikmati di berbagai musim dan jenis dango yang paling digemari adalah mitarashi dango yakni dango yang diselimuti sirup manis yang lengket.


Itu dia deretan hidangan penutup khas Jepang yang manis dan bikin ngiler. Setelah membaca artikel ini kamu jadi tertarik untuk cobain aneka dessert khas Jepang atau aneka dessert lainnya? Langsung aja yuk datengin rekomendasi tempatnya dari PergiKuliner di bawah ini!

Shirokuma

Foto Shirokuma
Foto Shirokuma
Foto Shirokuma

Sumoboo

Foto Sumoboo
Foto Sumoboo
Foto Sumoboo

Mocha Mochi

Foto Mocha Mochi
Foto Mocha Mochi
Foto Mocha Mochi

Classical Mochi

Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi

Uji Matcha

Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha
Foto Uji Matcha

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
referensi makanan yang menggoda selera para pecinta Nihon no tabemono.
misbahul279@gmail.com | 02 Mar 2021 pk. 07:49 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?