Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Memilih Susu Untuk Latte Art Kamu!

List Artikel
18 April 2017 | 0 Komentar
Mungkin banyak dari kamu berpikir bahwa untuk membuat cappuccino atau latte yang enak dan latte art yang bagus hanya dilihat dari espresso atau tangan handal baristanya saja. Disamping biji kopi juga penting, tidak dipungkiri susu yang digunakan  mempunyai peran yang penting, apalagi latte art yang bagus di setiap cangkir seringkali membuat para penikmat kopi ingin kembali menyeruput. Nah, mungkin buat kamu yang penasaran gimana bisa sih latte art terlihat menarik disetiap sajian cappuccino atau latte yang di siapkan barista untuk kamu? Mungkin kamu bingung jenis susu apa yang dipakai para barista di coffee shop? Intip rahasianya di bawah ini.



sumber : pergikuliner.com

Susu Tinggi Lemak Lebih Baik di Banding Susu Lainnya
Pada dasarnya semua jenis susu bisa saja digunakan untuk cappuccino atau latte, tapi yang tinggi lemak lah yang paling baik untuk membuat latte art, karena foam atau busa yang terbentuk akan lebih banyak dan bertahan lebih lama. Sementara itu, susu rendah lemak dan susu skim mengandung protein yang lebih tinggi, dapat membentuk foam lebih cepat, namun tidak bisa bertahan lama.

Gunakan Susu Non-Dairy Untuk Vegetarian
Susu dari hewani mengandung lebih banyak lemak, sehingga paling baik untuk digunakan untuk membuat cappuccino, latte, atau minuman lainnya yang memerlukan busa atau foam. Namun, bagi kamu yang mengindari produk makanan yang berasal dari hewan, pilihan terbaik untuk membuat latte art dari susu non-dairy adalah susu kacang kedelai yang rasa dan teksturnya hampir bisa menyerupai susu dairy.

Gunakan Susu Pasteurisasi daripada  Susu UHT
Ketika kamu memutuskan untuk memilih susu dairy, susu mana yang lebih baik, Pasteurized atau UHT? Secara tingkat kesegaran, Pasteurized lebih baik. Memang, UHT mempunyai masa bertahan yang lebih lama, karena untuk membuatnya menggunakan suhu yang sangat tinggi. Namun, untuk membuat latte, kamu perlu memanaskan lagi susu tersebut sampai suhu tertentu, sehingga rasanya tidak seenak Pasteurized. Walaupun demikian, foam yang bisa dihasilkan dari kedua susu ini sama.

Setelah memahami susu yang digunakan lebih dalam lagi, kamu bisa membuat sendiri cappuccino mu di rumah. Berikut adalah coffee shop yang bisa menjadi referensi kamu untuk bikin cappuccino atau latte yang enak dan latte art yang cantik.

TOF Sicacilla

Foto TOF Sicacilla
Foto TOF Sicacilla
Foto TOF Sicacilla
Foto TOF Sicacilla

Common Grounds

Foto Common Grounds
Foto Common Grounds
Foto Common Grounds
Foto Common Grounds

Djule Kofi

Foto Djule Kofi
Foto Djule Kofi
Foto Djule Kofi
Foto Djule Kofi

Goni Coffee

Foto Goni Coffee
Foto Goni Coffee
Foto Goni Coffee
Foto Goni Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Mau tau dimana saja coffee shop di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?