Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Trik Menyimpan Popcorn agar Renyahnya Awet

List Artikel
2 Desember 2023 | 0 Komentar

Popcorn merupakan salah satu camilan yang paling banyak digemari di dunia. Makanan ringan yang identik dengan bioskop ini memiliki tekstur yang garing dan renyah sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan saat sedang santai, mengobrol dengan teman, dan pastinya pada saat menonton film. Popcorn aslinya berasal dari Amerika, lalu para imigrannya membawa camilan ini ke Eropa hingga Asia. Dan kini popcorn menjadi camilan yang populer di seluruh dunia. Kebanyakan popcorn dijual di bioskop dan gerai yang ada di pusat perbelanjaan. Tak sedikit orang yang membelinya dalam jumlah banyak untuk disimpan karena malas mendatangi pusat perbelanjaan atau bioskop. Tapi sayangnya, popcorn yang tidak disimpan dengan baik bisa membuat teksturnya melempem sehingga tidak enak disantap. Lantas, bagaimana caranya untuk menyimpan sisa popcorn? Yuk, cek trik menyimpan sisa popcorn agar renyahnya awet berikut ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Simpan dalam Wadah Tertutup Rapat

Trik yang pertama adalah menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat. Trik ini wajib untuk dilakukan karena popcorn rentan terhadap kelembapan. Jika kamu membelinya dalam kemasan cup kardus maka sebaiknya pindahkan ke toples atau wadah kedap udara. Menyimpan popcorn dalam wadah yang tertutup rapat akan mencegahnya terpapar udara, yang dapat membuat teksturnya menjadi lembap dan akhirnya membuat popcorn mudah melempem serta kehilangan kelezatannya.

 

Simpan di Ruangan dengan Suhu Sejuk

Trik yang kedua adalah menyimpan popcorn di tempat yang bersuhu udara sejuk dan kering. Dengan begitu, tekstur popcorn tidak mudah berubah. Kamu bisa menyimpan popcorn di lemari penyimpanan makanan atau laci makanan. Hindari pula menyimpan popcorn di dekat kompor karena suhu udara yang panas bisa membuat popcorn mudah melempem. Selain itu, hindari juga tempat yang terkena sinar matahari langsung karena cahaya matahari ternyata bisa mempercepat proses oksidasi dari popcorn sehingga nanti aromanya menjadi lebih cepat tengik.



Sumber: pergikuliner.com 


Taruh Silica Gel

Meletakkan silica gel ke dalam wadah popcron ternyata bisa menyerap kelembapan di dalamnya sehingga popcorn tidak mudah melempem. Dengan demikian, popcorn akan tetap garing dan renyah pada saat disantap keesokan harinya. Silica gel bisa diperoleh di toko bahan makanan karena biasanya sering digunakan dalam toples kue kering untuk menjaga tekstur dan juga untuk mencegah berkembangnya bakteri di dalam wadah. 

 

Masukkan ke Kulkas

Jika ingin popcorn tahan lama dan tidak mudah melempem, sebaiknya kamu memasukkannya ke kulkas. Dengan memasukkan popcorn ke kulkas, maka tekstur garing popcorn bisa terjaga. Tapi syaratnya tentu saja popcorn harus dimasukkan terlebih dahulu ke wadah kedap udara. Dengan begitu, tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasannya. Saat dimasukkan ke kulkas, hindari meletakkannya di dekat makanan yang berbau menyengat karena popcorn sangat mudah menyerap aroma bau dari makanan lainnya.



Sumber: pergikuliner.com


Hindari Mengambil Popcorn secara Langsung dengan Tangan

Trik menyimpan sisa popcorn agar renyahnya awet adalah hindari mengambil popcorn dengan menggunakan tangan secara langsung. Ini adalah kesalahan terbesar yang sering kali dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, minyak alami dari kulit bisa membuat popcorn menjadi lembek. Jika tidak ingin menggunakan sendok atau peralatan makan lainnya, kamu bisa menuangkan popcorn ke wadah lain sesuai dengan porsi yang akan dikonsumsi lalu menyimpan sisanya kembali. Dengan begitu, sisa popcorn tetap terjaga tanpa terkena langsung oleh tangan.

 

Itulah beberapa trik menyimpan sisa popcorn supaya teksturnya bisa tetap renyah dan awet. Semoga informasi di atas bisa berguna untuk kamu dalam menyimpan sisa popcorn. Buat kamu yang suka ngemil, di bawah ini ada beberapa rekomendasi gerai snack enak yang bisa didatangi. Yuk, mampir!

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Montato

Foto Montato
Foto Montato
Foto Montato

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Sunzugos Snack

Foto Sunzugos Snack
Foto Sunzugos Snack
Foto Sunzugos Snack

Ikuyo Japanese Snack & Ice Cream

Foto Ikuyo Japanese Snack & Ice Cream
Foto Ikuyo Japanese Snack & Ice Cream
Foto Ikuyo Japanese Snack & Ice Cream

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?