Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ini Tips Diet Sehat Mudah yang Disarankan Oleh Para Ahli Gizi

List Artikel
27 September 2020 | 0 Komentar

Diet menjadi salah satu cara untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Tapi terlepas dari itu, diet sendiri punya manfaat bisa menyehatkan tubuh karena kita mengontrol makanan apa saja yang bisa masuk ke dalam tubuh. Tak sedikit orang yang salah menafsirkan pola makan diet dengan hanya makan sayur-sayuran saja atau bahkan mengurangi jam makan, misalkan hanya makan 1 kali sehari saja. Pola diet yang salah kaprah seperti itu justru bisa membuat metabolisme tubuh akan berantakan sehingga berpotensi untuk tubuh kekurangan asupan, mengalami gizi buruk, hingga beragam risiko lainnya. Diet yang benar adalah diet yang sehat sehingga kamu tak hanya bisa menjaga dan menurunkan berat badan, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat. Buat yang ingin tahu tips untuk diet sehat yang benar, coba cek beberapa saran dari para ahli gizi yang ada di seluruh dunia ini, yaitu:


Makan Buah dan Sayur Tujuh Porsi Per Hari



Sumber: Heart.org


Tips diet sehat yang pertama datang dari para ahli gizi di China yang menyarankan untuk makan buah dan sayur sebanyak tujuh porsi per harinya. Sebenarnya porsi ini melampaui angka rata-rata asupan buah dan sayur yang dianjurkan ahli gizi dunia karena rata-rata menyarankan kita untuk makan buah dan sayur sebanyak lima porsi. Tapi ternyata dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah, maka tubuh tidak hanya bisa mendapatkan asupan serat yang cukup, tetapi juga asupan vitamin yang bagus untuk kesehatan sehingga proses metabolisme tubuh bisa berjalan lebih baik.


Membatasi Daging Merah



Sumber: Pergikuliner.com


Tips diet selanjutnya datang dari para ahli gizi di Norwegia yang menyarankan untuk membatasi asupan daging merah jika kamu ingin melakukan diet sehat. Setidaknya kamu hanya bisa menyantap 2-3 porsi daging merah per minggunya. Hal ini dikarenakan daging merah sangat sulit dicerna tubuh sehingg kurang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet. Lebih baik untuk memilih daging putih seperti ayam dan ikan.


Makan Ikan Setiap Hari



Sumber: Pergikuliner.com


Tak jauh berbeda dengan para ahli gizi di Norwegia, ahli gizi di Jepang juga menyarankan untuk mengonsumsi daging putih, terutama ikan. Seperti yang kita ketahui, ikan memang menjadi salah satu rekomendasi diet ala Jepang. Ahli gizi Jepang menyarankan makan ikan 2-3 porsi setiap harinya. Jumlah ini memang lebih banyak rata-rata konsumsi harian ikan di negara-negara lain. Ikan memiliki kandungan lemak yang rendah serta omega 3 yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Sesuaikan Porsi Makan dengan Kebutuhan



Sumber: Res.cloudinary.com


Porsi makan orang tidak ada yang sama. Meski usia dan jenis kelaminnya sama, tapi bisa jadi kebutuhan akan porsi makannya berbeda. Menurut para ahli gizi di Amerika Serikat, jika ingin melakukan diet sehat, kita harus menyesuaikan porsi makan dengan kebutuhan. Tidak hanya usia dan jenis kelamin saja yang harus diperhatikan, tapi juga tinggi dan berat badan serta aktivitas yang mereka jalankan. Seorang laki-laki berusia 29 tahun yang merupakan pekerja lapangan tidak akan sama kebutuhan porsi makannya dengan laki-laki berusia sama yang merupakan seorang banker. Jadi bisa dikatakan kalau kebutuhan porsi makan ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian.


Hindari Konsumsi Makanan Olahan



Sumber: Meramuda.com 


Para ahli gizi di Brazil menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan olahan. Makanan olahan memiliki kandungan garam, gula, dan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga bisa berdampak pada melonjaknya berat badan dan merusak metabolisme tubuh serta tubuh bisa mudah lemas meski sudah makan karena terjadinya lonjakan gula darah dengan cepat. Kandungan karbohidrat dalam makanan olahan juga sangat sulit untuk dipecah oleh tubuh sehingga bisa berakibat pada penimbunan kalori yang berlebihan.

 

Mulai sekarang, kamu sudah tahu kan apa saja diet sehat yang mudah dilakukan menurut ahli gizi. Jadi jangan sembarangan diet ya! Ikuti tips-tips di atas agar dietmu tetap sehat sehingga berat badan tetap terjaga dan alangkah lebiih baik kalau kamu mulai mengubah makanan kamu menjadi yang lebih sehat seperti makanan-makanan yang ada di bawah ini!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Salad Bar by Hadi Kitchen

Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen

Fedwell

Foto Fedwell
Foto Fedwell
Foto Fedwell

Salad Go

Foto Salad Go
Foto Salad Go
Foto Salad Go

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?