Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ups, Ini Hal yang Kerap Keliru Saat Pesan Minuman di Coffee Shop

List Artikel
9 April 2023 | 0 Komentar

Mengunjungi coffee shop sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh masyarakat kini. Tidak hanya remaja, orang dewasa juga menyukai kopi sebagai minuman untuk memulai hari atau pelepas penat. Coffee shop merupakan tempat yang menjual aneka minuman kopi, mulai dari kopi yang diberi tambahan sirup, krim, hingga susu. Saat mendatangi coffee shop, tak sedikit orang yang merasa kebingungan saat akan memesan. Terutama jika kita baru pertama kali datang ke sana atau baru 1-2 kali berkunjung ke coffee shop tersebut. Saat merasa kebingungan, maka ada saja hal-hal yang membuat kita keliru saat akan memesan minuman di coffee shop. Kesalahan-kesalahan inilah yang bisa membuat kita kurang menikmati minuman yang dipesan karena ada yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Supaya tidak keliru saat memesan minuman di coffee shop, di bawah ini ada beberapa hal yang meski dihindari, yaitu:

 


Sumber: pergikuliner.com


Menambah atau Mengurangi Sirup

Hal yang paling keliru dilakukan saat pesan minuman adalah menambah atau mengurangi sirup gula. Tak sedikit di antara kita yang selalu meminta barista untuk menambahkan atau mengurangi sirup gula saat memesan minuman kopi. Pasalnya, ada orang yang lebih suka kopi dengan rasa manis dan ada yang lebih suka dengan rasa tidak manis. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan jika kamu sudah berkali-kali memesan di coffee shop tersebut. Namun jika baru pertama kali memesan, sebaiknya hindari request untuk menambah atau mengurangi sirup karena minuman tersebut mengandung sirup yang sudah sesuai dengan takaran barista. Jika ditambah atau dikurangi, ditakutkan rasa aslinya akan sangat berbeda dengan yang diracik oleh barista.  

 

Menambahkan Krim

Hal kedua yang juga kerap keliru dilakukan saat pesan minuman adalah menambahkan krim. Bagi penyuka minuman kopi dengan rasa manis, biasanya kita sangat menyukai krim yang bisa membuat tekstur minuman menjadi lebih creamy. Krim bisa digunakan untuk minuman kopi yang panas maupun dingin. Tapi dibandingkan keduanya, minuman kopi dingin yang lebih banyak ditambahkan krim. Sebaiknya saat ingin menambahkan krim, kamu harus memperhatikan menu varian kopi yang dipesan terlebih dahulu. Kopi seperti cappucino, flat white, latte, hingga machiato sebaiknya tidak kamu tambahkan krim lagi karena resep aslinya memang sudah ditambahkan krim. Jika krim ditambahkan lagi maka konsistensi dan komposisi dari minuman kopi akan berbeda, sehingga bisa mengubah rasa dari kopi tersebut.

 

Memesan Ukuran Gelas yang Salah

Saat memesan menu minuman kopi, selain memilih varian, kita juga akan memilih ukuran gelas. Ada ukuran regular, medium, hingga large yang paling umum. Jika kamu ingin menambahkan krim, sebaiknya pesan gelas ukuran medium atau ukuran large sehingga ada ruang lebih untuk meletakkan krim. Hal yang sama jika kamu ingin menambahkan esktra krim pada varian kopi frappe.

 

Tidak Bertanya pada Barista

Hal terakhir yang kerap keliru dilakukan saat memesan minuman di coffee shop adalah tidak bertanya pada barista. Berkomunikasi dengan barista sangatlah disarankan. Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya hasil dari minuman yang dipesan bisa sesuai dengan ekspektasi kamu. Jika ingin menambahkan atau mengurangi sirup atau krim, tanyakan lagi kepada barista untuk meminta pendapat. Dengan bertanya pada barista, kamu juga bisa mengetahui jenis dari biji kopi yang digunakan.


Itulah beberapa hal yang kerap kali keliru dilakukan saat memesan minuman di coffee shop. Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu tidak melakukannya lagi, ya! Kalau kamu ingin berkunjung ke coffee shop, PergiKuliner punya rekomendasi coffee shop yang bisa kamu kunjungi di bawah ini.

 

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Hagu Coffee & Space

Foto Hagu Coffee & Space
Foto Hagu Coffee & Space
Foto Hagu Coffee & Space

Work Station Coffee Roaster

Foto Work Station Coffee Roaster
Foto Work Station Coffee Roaster
Foto Work Station Coffee Roaster

Liberica Coffee

Foto Liberica Coffee
Foto Liberica Coffee
Foto Liberica Coffee

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?