Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Makanan Penurun Kolesterol Paling Efektif Yang Terbukti Ampuh

List Artikel
24 Maret 2022 | 0 Komentar

Tingginya kadar kolesterol bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Oleh sebab itu, kadar kolesterol yang tinggi perlu diturunkan dan dijaga dalam batas yang normal. Menurunkan kolesterol tidak selalu harus dengan obat-obatan, tetapi bisa juga dengan pemilihan menu makanan yang tepat. Ada beragam makanan penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kolesterol tetap stabil. Untuk mengendalikan bahkan menurunkan kadar kolesterol, berikut adalah beberapa makanan penurun kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi. Mari mulai hidup sehat yuk!


1. Ikan Salmon



sumber: wallpaperflare.com


Ikan salmon merupakan sumber protein yang sangat bagus, karena mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi. Asam lemak omega 3 ini diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga berperan penting untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Disarankan agar mengonsumsi ikan salmon minimal dua porsi seminggu untuk mendapat manfaat maksimal.


2. Alpukat



sumber: intiptrik.com


Dalam tubuh kita terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat membawa lemak ke seluruh tubuh, sedangkan kolesterol baik akan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Alpukat dapat membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki kolesterol tinggi disarankan agar mengonsumsi alpukat secara rutin guna menjaga kolesterol tetap seimbang. Agar tidak bosan mengonsumsinya, alpukat bisa diolah menjadi berbagai olahan yang lezat sepert jus, smoothies bowl, maupun roti sandwich.


3. Kacang-Kacangan



sumber: femina.co.id


Selain kaya akan protein, kacang-kacangan juga mengandung lemak baik dan fitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga resiko penyempitan pembuluh darah akibat lemak atau aterosklerosis. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan bisa membantu tubuh untuk mengencalikan kadar kolesterol aga tetap stabil. Oleh sebab itu, bagi penderita kolesterol tinggi jangan ragu untuk mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya nutrisi ini. Konsumsi jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kenari, almond dan walnut untuk membantu menurunkan kolesterol jahat.


4. Sayuran Hijau



sumber: jagad.id


Sayuran hijau termasuk bayam, kangkung dan kale merupakan makanan sumber vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mengonsumsinya sebagai makanan sehari-hari tentu dapat membawa manfaat positif. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol. Kandungan antioksidan, serta rendah kalori dapat mengontrol berat badan tetap stabil dan mencegah obesitas. Sebagaimana yang kita ketahui, obesitas adalah salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi. Jadi, perbanyak konsumsi sayuran hijau mulai hari ini.


5. Buah Beri



sumber: wallpaperflare.com


Buah Beri seperti strawberry, blueberry dan raspberry termasuk buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Ini berkat senyawa polifenol dalam buah beri yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain bisa menurunkan kolesterol, buah beri juga bisa membantu menurunkan gula darah karena kandungan indeks glikemik yang rendah. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi penderita kolesterol tinggi dan diabetes, mengonsumsi buah beri dapat mencegah tubuh dari kedua penyakit ini. sekaligus juga meningkatkan kebebalan tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya.


6. Cokelat Hitam



sumber: allrecipes.com


Cokelat hitam diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun bukan sekedar cokelat biasa, melainkan hanya cokelat hitam dengan kadar kakao 80% yang efektif menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Sebab cokelat biasa memiliki tingkat kalori yang tinggi, sehingga bisa memicu kenaikan berat badan hingga obesitas. Selain mengekang kolesterol dalam darah, cokelat hitam juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan stroke.


7. Apel



sumber: ruangtani.com


Pernah mendengar istilah an apple a day keeps the doctor away? Faktanya, mengonsumsi apel satu kali sehari memang dapat melindungi kita dari berbagai serangan penyakit. Sebagai diketahui, kolesterol tinggi dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol ialah mengonsumsi apel. Konsumsi apel sebanyak dua buah sehari untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan menyeimbangkan kolesterol total tetap stabil. Selain itu, kandungan polifenol pada apel juga berperan penting dalam menyerap kolesterol dan lemak jahat.


8. Bawang Putih



sumber: madaninews.com


Banyak penelitian menunjukkan apabila mengonsumsi bawang putih sebanyak satu sampai setengah gram bawang putih sehari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid pada bawang putih yang mencegah kolesterol jahat tersumbat dalam darah. Cara mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengunyahnya mentah-mentah. Bisa juga mencampur bawang putih dengan makanan lainnya agar lebih nikmat ketika dimakan. Semakin banyak bawang putih yang dikonsumsi, maka semakin cepat kolesterol turun.


9. Anggur



sumber: khasiat.co.id


Anggur khususnya anggur merah memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa antioksidan ini diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, anggur juga memiliki serat larut air yang mampu mengikat kolesterol jahat dalam usus, kemudian membuangnya melalui feses. Sehingga mengonsumsi anggur sebagai makanan harian tentu sangat bagus untuk menurunkan kolesterol. Terutama bagi penderita kolesterol tinggi dan obesitas.


10. Gandum Utuh



sumber: sariincofood.co.id


Gandum utuh merupakan salah satu jenis serelia yang kaya akan serat. Kandungan serat beta glukan pada gandum utuh telah terrbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, kandungan beta glukan juga dapat menjaga metabolisme tubuh. Konsumsi gandum utuh termasuk oatmeal dan tepung oat adalah pilihan cerdas untuk menurunkan kolesterol. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan atau makan siang yang menyehatkan. 

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Burgreens Express

Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express
Foto Burgreens Express

RBoJ Ray's Bottle of Joe

Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe
Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe
Foto RBoJ Ray's Bottle of Joe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?