Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Alasan Ilmiah Penyebab Rasa Lapar Muncul Terus - Menerus

List Artikel
30 Mei 2016 | 0 Komentar

Kamu sudah makan kenyang tapi beberapa saat kemudian kamu merasa lapar lagi? Kejadian seperti ini pasti sering terulang dan membuat kamu bertanya-tanya kenapa rasa lapar masih saja datang padahal kamu sudah makan. Rasa lapar biasanya membuat kamu sulit menolak makanan dan akhirnya mencicip makanan yang sedang kamu inginkan. Sebenarnya ada beberapa alasan ilmiah penyebab rasa lapar muncul terus - menerus. Ingin tahu alasan-alasannya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!


1. Kurang Tidur

Orang yang kurang tidur akan berdampak pada rasa lapar dan bisa mempengaruhi seberapa banyak porsi yang dimakan. Durasi tidur yang singkat bisa menurunkan kadar hormon leptin yang menghambat rasa lapar dan meningkatkan kadar hormon ghrelin, yang merangsang rasa lapar.


2. Menstruasi

Alasan ilmiah yang satu ini tentunya sudah lumrah bagi kaum perempuan. Tingkat nafsu makan perempuan memang mengalami peningkatan dua kali lipat menjelang menstruasi mereka sehingga rasa lapar akan terus melanda. Kamu bisa menyiasatinya dengan santapan yang mengandung banyak protein seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


3. Kurang Minum

Air sangat dibutuhkan dalam sel-sel tubuh kamu untuk memanfaatkan nutrisi dalam makanan yang kita makan. Jika kamu kurang minum maka tubuh kamu akan merasa selalu lapar. Minum air di sela-sela makan dapat membuat kamu merasa lebih kenyang dan dapat mengelola nafsu makan kamu.


4. Terlalu Banyak Karbohidrat

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dibanding protein dan mineral akan membuat kamu cepat merasa lapar beberapa saat kemudian. Hal itu terjadi karena tubuh cepat menyerap karbohidrat menjadi gula. Gula dalam darah, khususnya glukosa akan menyebabkan lonjakan insulin, hormon yang merangsang sel-sel kita untuk mengambil glukosa. Semua gula yang cepat dihapus dari darah ini, memicu rasa lapar. Jadi sebaiknya imbangi asupan karbohidrat kamu dengan sayur dan buah ya, Teman PergiKuliner!


5. Stres

Stres ada banyak penyebabnya mulai dari macet, pekerjaan, hingga tugas kuliah yang menumpuk. Stres yang kamu alami ini bisa memicu produksi hormon adrenalin dan Kortiso. Dua hormon tersebut bisa membuat tubuh kamu seakan kekurangan energi dan memicu rasa lapar sehingga kamu tak akan pernah merasa kenyang.

Happy Day

Foto Happy Day
Foto Happy Day
Foto Happy Day

Co3 Cafe

Foto Co3 Cafe
Foto Co3 Cafe
Foto Co3 Cafe

Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin

Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin
Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin
Foto Sana Sini Restaurant - Hotel Pullman Thamrin

KOBESHI by Shabu - Shabu House

Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?