Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan

List Artikel
7 Desember 2020 | 0 Komentar

Kopi merupakan minuman yang banyak disukai masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Minuman ini memiliki banyak sekali varian yang berbeda, tergantung dari bahan campurannya. Kopi bisa ditambahkan gula pasir, gula aren, susu, krim, cokelat, dan lain sebagainya. Dengan berbagai macam bahan tambahan ini, maka cita rasa kopi akan menjadi lebih bervariasi dan pastinya jadi lebih enak. Tetapi uniknya kopi pahit masih tetap menjadi favorit para pecinta kopi. Kopi pahit ini adalah kopi hitam yang diseduh tanpa tambahan gula. Walaupun rasanya pahit, tapi kopi pahit akan menghadirkan sensasi rasa kopi asli yang sangat khas. Selain itu, banyak manfaat kopi pahit untuk kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh kamu loh. Lalu, apa saja manfaat kopi pahit untuk kesehatan?



Sumber: Pergikuliner.com


1. Bisa Menambah Energi

Manfaat kopi pahit yang pertama adalah bisa membantu menambah energi. Meski kopi pahit tidak mengandung gula, tapi kandungan kafein di dalamnya bisa meningkatkan dopamine dalam tubuh sehingga kita bisa jadi lebih bersemangat. Kandungan kafein yang masuk dalam darah bisa merangsang sistem jaringan pada otak dan merangsang hormon peningkat energi.


2. Membantu Bakar Lemak

Teman kuliner tahu tidak kalau ternyata kopi pahit bisa membantu membakar lemak? Manfaat kopi pahit yang satu ini dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Sistem metabolisme yang lancar bisa mempercepat tubuh untuk membakar lemak. Metabolisme yang tidak lancar dapat menghambat pembakaran lemak sehingga mengakibatkan obesitas.

 

3. Bisa Meningkatkan Performance Tubuh

Manfaat kopi pahit untuk kesehatan lainnya adalah kopi pahit dapat meningkatkan performance tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan, kandungan kafein yang ada di dalamnya. Kafein yang ada dalam kopi mampu meningkatkan performa tubuh hingga 10-12%. Selain itu, kopi pahit juga bisa meningkatkan adrenalin sehingga segala macam aktivitas bisa kamu jalani dengan lebih baik.


4. Mencegah Depresi dan Stres

Manfaat kopi pahit selanjutnya adalah dapat mencegah depresi dan stres. Mengonsumsi secangkir kopi pahit setiap pagi bisa membuat tubuh melepaskan serotonin yang menyebabkan perasaan senang dan bahagia pada seseorang. Tak hanya itu saja, kandungan kafein juga dapat meningkatkan endorfin yang dapat menghalau rasa stres dan depresi.

 

5. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Dalam sebuah penelitian menjelaskan kalau kopi pahit ternyata bisa mencegah risiko penyakit alzheimer dan demensia pada seseorang. Parkinson dan alzheimer menyerang daya ingat manusia. Kedua jenis penyakit ini memang belum ada obatnya. Tapi bisa dicegah dengan cara mengonsumsi kopi pahit setiap harinya. Selain dapat mencegah alzheimer dan demensia, manfaat kopi hitam juga dapat mencegah penyakit parkinson.


6. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker menjadi penyakit nomer satu yang paling membahayakan di dunia. Ada beberapa jenis kanker yang ternyata bisa dicegah oleh kopi pahit, yakni kanker usus besar dan liver. Keduanya ini ternyata bisa dicegah dan diminimalisasi keberadaannya dalam tubuh dengan manfaat kopi hitam. Sudah ada banyak penelitian yang meneliti tentang manfaat kopi hitam dalam mencegah dua jenis penyakit kanker tersebut.

 

7. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Masih ada lagi nih manfaat kopi pahit untuk kesehatan, yakni dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 bisa diturunkan dengan kopi hitam. Tingkat penurunannya ini bahkan bisa mencapai 20-50% lebih. Ingat ya, kopi yang dikonsumsi haruslah kopi pahit tanpa tambahan gula apapun sehingga manfaatnya lebih terasa.

 

8. Mencegah Terjadinya Stroke

Manfaat terakhir dari kopi pahit untuk kesehatan adalah bisa mencegah terjadi stroke. Gejala stroke bisa terjadi apabila aliran darah tidak lancar dan bisa juga disebabkan dari darah tinggi. Dengan mengonsumsi kopi pahit setiap harinya, maka risiko tersebut bisa dicegah karena kopi hitam mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh.


Kopi memang diketahui sebagai salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk itu banyak sekali orang-orang yang mulai rajin mengonsumsi kopi setiap hari. Nah, kalau teman kuliner ingin berburu kopi enak, langsung aja yuk simak rekomendasi coffee shop rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Sudut Sedjenak

Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak
Foto Sudut Sedjenak

Tuang Coffee

Foto Tuang Coffee
Foto Tuang Coffee
Foto Tuang Coffee

Soth.Ta Coffee

Foto Soth.Ta Coffee
Foto Soth.Ta Coffee
Foto Soth.Ta Coffee

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?