Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Makanan untuk Menambah Darah

List Artikel
15 Desember 2015 | 0 Komentar

Kadar darah dalam tubuh haruslah tetap seimbang agar aktivitasmu tidak terganggu. Kalau kekurangan darah atau biasa disebut dengan anemia, maka akan menimbulkan gejala yang membuat penderitanya menjadi mudah lelah, loyo, mengantuk, pusing, gangguan kognitif, pucat, dan lain-lain yang dapat mengganggu aktivitas harian bahkan dapat mengancam jiwa.


Oleh karena, itu anemia harus segera diatasi selain dengan obat anemia yang diberikan oleh dokter, perlu juga untuk mengonsumsi makanan yang dapat menambah darah. Kalau kamu salah satu yang mempunyai riwayat anemia atau sudah merasakan tanda-tandanya, ada baiknya kamu mengonsumsi beberapa makanan penambah darah. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat menambah darah:


1.  Daging

Dalam 100 gram daging sapi memiliki kandungan yang kaya protein serta mengandung 2,8 Mg zat besi yang bisa menambah darah. Selain daging, hati hewani seperti sapi dan ayam juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah.


2.  Ikan

Ikan salmon dan ikan tuna juga merupakan sumber utama protein serta asam lemak omega 3. Selain itu ikan juga mengandung vitamin-B12 yang berperan penting dalam sintesis DNA dan produksi sel darah merah di sumsum tulang.


3.  Kacang Almond

Beberapa jenis kacang mampu mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. Mengonsumsi 1 ons kacang almond setiap hari dapat memberikan 6% zat besi dalam tubuh.


4.  Gandum

Sarapan pagi dengan roti atau sereal gandum berpotensi dapat menyediakan 100% dari kebutuhan harian asam folat yang direkomendasikan. Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9, merupakan vitamin B kompleks yang membantu tubuh membuat sel-sel darah merah baru.


5.  Telur

Secara umum sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan protein sebagai bahan baku untuk produksinya, termasuk sel-sel darah merah kita. Telur adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi.


6.  Susu dan produk olahan susu

Sama seperti gandum, susu juga mengandung Vitamin B9 yang dapat membantu pembentukan sel darah merah baru.


7.  Sayuran

Sayuran penambah darah antara lain seperti ubi, kacang polong hijau, kol, bayam, kacang merah, lobak, sawi, brokoli, serta kentang. Sayuran-sayuran tersebut mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membantu mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen dalam darah.


8.  Apel

Buah apel mengandung vitamin yang cukup lengkap serta kaya kandungan zat besi.


9.  Alpukat

Alpukat juga cocok untuk dikonsumsi penderita darah rendah karena mengandung asam folat.


10.  Kurma

Kandungan vitamin B kompleks tinggi di kurma dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kurma juga dapat berperan memberi energi tambahan dan mengatasi rasa mudah lelah yang merupakan salah satu gejala anemia.


Llao Llao

Foto Llao Llao
Foto Llao Llao
Foto Llao Llao

Outback Steakhouse

Foto Outback Steakhouse
Foto Outback Steakhouse
Foto Outback Steakhouse

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Caffe Bene

Foto Caffe Bene
Foto Caffe Bene

Mom Milk

Foto Mom Milk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?