Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Masakan Ikan Khas Manado yang Harus Dicoba oleh Pecinta Kuliner Pedas

List Artikel
8 Desember 2016 | 0 Komentar

Jika berbicara mengenai masakan khas Manado pastilah yang pertama terlintas di pikiran kita adalah masakan ikannya yang lezat. Manado sebagai daerah yang terkenal dengan wisata baharinya memang memiliki kekayaan bawah laut yang melimpah. Sebut saja ikan cakalang dan tongkol yang dikenal sebagai andalan bagi masyarakat Manado. Tak heran jika masyarakat Manado banyak yang pandai mengolah hasil tangkapan ikannya menjadi menu masakan ikan khas Manado yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Penasaran dengan kelezatan dari masakan ikan khas Manado? Segera simak ulasan PergiKuliner di bawah ini:



1. Ikan Woku



Sumber: pergikuliner.com


Resep bumbu ikan woku sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Dengan cita rasa pedas yang nikmat, akan membuatmu ketagihan. Rahasia kelezatan ikan woku ini terletak pada bumbu rempah-rempahnya seperti serai, daun jeruk purut, dan kemangi. Untuk ikannya sendiri, ikan yang biasa dijadikan ikan woku ini ada ikan tongkol, ikan nila, dan ikan tuna. Tetapi jika kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, kamu bebas menentukan jenis ikan laut lainnya untuk dijadikan olahan woku.



2. Ikan Rica



Sumber: pergikuliner.com


Tidak kalah lezat dari woku, ada masakan ikan rica yang terkenal dari Manado yakni ikan yang dimasak bersama bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, sereh, kemiri, dan jahe serta penggunaan cabai rawit untuk menambah rasa pedas pada masakan ini. Bagi kamu yang kurang begitu suka pedas maka harus berhati-hati dengan masakan ikan rica ini. Biasanya sebelum dicampur dengan bumbu, ikan digoreng atau dibakar terlebih dahulu.



3. Ikan Sambal Ijo



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ikan sambal ijo asal Manado. Lagi-lagi jika kamu penyuka pedas, kamu wajib sekali mencoba masakan ini. Masakan ikan yang berbahan dasar dari cabai rawit hijau ini sebelumnya harus digoreng atau dibakar dahulu secara terpisah baru dimasukan ke dalam bumbu sambal ijo. Kamu bisa memilih ikan gurame, ikan tongkol, atau jenis ikan lainnya untuk dimasakan dengan bumbu ini. Masakan ikan sambal ijo ini paling cocok jika ditemani dengan sepiring nasi putih hangat.



4. Ikan Asap Rabe Rica



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir, ada masakan ikan asap rabe rica yang bumbunya tidak jauh berbeda dengan masakan ikan rica sebelumnya. Hanya saja, jika masakan ikan rica tadi harus digoreng atau dibakar terlebih dahulu maka pada masakan ikan asap rabe rica, ikannya harus melalui proses pengasapan. Setelah itu, ikan akan disuwir-suwir dan dimasak dengan bumbu rica. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan cakalang. Rasa dari masakan ikan asap rabe rica ini sangat pedas dan lezat.


Restoran Ikan Tude Manado

Foto Restoran Ikan Tude Manado

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado

Colo Colo Ikan Bakar Khas Manado

Foto Colo Colo Ikan Bakar Khas Manado

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?