Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Indonesia yang Ternyata Bukan Asli Dari Indonesia

List Artikel
25 Maret 2017 | 0 Komentar

Indonesia merupakan sebuah negara dengan keadaan penduduk yang multikultural atau beragam. Keberagaman tanah air kita tidak hanya dapat diukur dari segi budaya, suku, dan agama saja. Hal tersebut tentu juga meliputi keberagaman makanan tradisional serta tradisi kuliner dari masing-masing daerah. Setiap daerah pasti memiliki makanan khas tersendiri yang menjadi kekayaan kuliner dari daerah tersebut. Misalnya saja seperti gudeg yang berasal dari Yogyakarta atau gado-gado yang merupakan makanan khas Betawi. Meskipun Indonesia memiliki banyak makanan khas dari setiap daerah, tetapi tak semua makanan tersebut asli dari Indonesia lho. Seperti masakan yang berikut ini:


1. Nasi Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Siapa yang tak mengenal masakan Indonesia yang satu ini. Ya, nasi goreng memang merupakan makanan Indonesia sudah menjadi idola di tengah-tengah masyarakat. Hampir semua masyarakat Indonesia menyukainya. Sebab makanan ini sangat enak dinikmati kapan saja dan dimana saja. Meski nasi goreng sudah dikenal luas sebagai makanan asal Indonesia dan hampir di setiap daerah dapat kita temui sajian nasi goreng dengan bumbu khasnya masing-masing. Namun pada kenyataannya nasi goreng bukanlah makanan asli negara ini melainkan berasal dari Tionghoa. Nasi goreng pertama kali diperkenalkan lewat para perantau asal Tinghoa yang datang ke Indonesia sejak 4000 SM. Awal mula terciptanya nasi goreng karena masyarakat Tionghoa pada saat itu tak suka menyantap makanan dingin atau sisa kemarin. Alhasil nasi dingin tersebut digoreng kembali agar dapat dihidangkan.


2. Soto



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, adapula makanan soto yang juga tak kalah populernya. Sama seperti nasi goreng, makanan soto pun juga dapat kita temui dengan mudah pada setiap daerah di Indonesia. Sebut saja ada soto betawi, soto mie bogor, soto makassar, soto kudus, dan soto medan. Saking populernya makanan ini rasanya hampir di setiap tempat ada saja pedagang atau restoran yang menjajakan makanan soto. Tetapi tak ada menyangka jika makanan yang sudah ratusan tahun menjadi andalan Indonesia ini ternyata aslinya dari Tiongkok yang bernama Caudo. Namun ada pula versi lain yang menyebutkan kalau soto merupakan makanan perpaduan antara Tingkok, India, dan Indonesia.


3. Bakso



Sumber: pergikuliner.com

       

Bakso merupakan menu makan yang paling dicari kala lapar sedang melanda. Apalagi jika saat musim hujan tiba, pasti makanan hangat yang selalu ditunggu adalah bakso ini. Semangkuk bakso dengan kuah panas yang pedas lengkap dengan tetelan daging rasanya sudah menjadi makanan yang begitu melekat di hati masyarakat Indonesia. Tetapi usut punya usut ternyata ada yang mengatakan kalau bakso justru berasal dari China. Sebab bakso memiliki nama asli yakni Bak So yang berarti daging giling dalam bahasa Hokkien. Namun jika dilihat dari sejarah pembuatan bakso ternyata ditemukan juga nih resep bakso dari Romawi Kuno. Wah kira-kira menurut Teman PergiKuliner mana yang benar ya?


4. Siomay



Sumber: pergikuliner.com


Berikutnya, mari mengenal sedikit tentang makanan siomay. Makanan yang kita kenal bertekstur kenyal dan berbahan dasar dari ikan. Biasa dinikmati lengkap dengan makanan pendampingnya yaitu kentang, tahu, kol, telur, bumbu kacang, kecap, saus, dan jeruk nipis. Namun berbeda cara pengolahan dengan negara asalnya yakni Bangsa Mongolia. Ternyata siomay yang sangat kita sukai itu justru terbuat dari olahan daging sapi ataupun daging babi.


5. Mie



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir, pasti sudah tak heran jika mengetahui bahwa mie bukanlah makanan asli dari Indonesia. Pasalnya memang sudah ada isu yang menyebutkan kalau mie itu berasal dari Tionghoa. Dan faktanya, isu tersebut adalah benar. Mie yang biasa kita santap dan begitu fenomenal di kalangan masyarakat memang diketahui sudah ada sejak zaman Dinasti Han Timur pada abad ke 25 hingga 220 Masehi. Sejak saat itulah makanan mie mulai diperkenalkan ke Indonesia lewat pedagang atau perantau dari Bangsa Tionghoa. Namun ada juga negara lain yang mengklaim sebagai negara penemu mie. Sebut saja negara Italia dan Arab Saudi.


Sudah tahu kan kelima makanan yang begitu terkenal di Indonesia namun bukan langsung berasal dari Bumi Pertiwi kita ini? Meskipun bukan berasal dari bangsa asli Indonesia, namun makanan-makanan ini sangat populer sebagai makanan khas Indonesia yang sudah diakui negara lain lho

Nah, kamu jadi pingin makan makanan seperti di atas? Langsung aja yuk cus ke tempat makan di bawah ini!

Nasi Goreng Mafia

Foto Nasi Goreng Mafia
Foto Nasi Goreng Mafia
Foto Nasi Goreng Mafia

Bakso Mas Kumis

Foto Bakso Mas Kumis
Foto Bakso Mas Kumis
Foto Bakso Mas Kumis

Bale Soto

Foto Bale Soto
Foto Bale Soto
Foto Bale Soto

Bakmi Randa

Foto Bakmi Randa
Foto Bakmi Randa
Foto Bakmi Randa

Warung Siomay

Foto Warung Siomay

Wah sepertinya banyak juga ya makanan Indonesia yang berasal dari Tiongkok. Mau tahu lebih banyak tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek Pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?