Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Urutan Makanan Terbaik Untuk Penurun Asam Urat

List Artikel
26 Maret 2017 | 0 Komentar

Asam urat merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah sehingga menimbulkan pembengkakan yang disertai rasa sakit dan nyeri luar biasa di bagian sendi. Biasanya penyakit ini sering muncul pada orang tua yang sudah memasuki usia lanjut atau lansia. Tetapi tidak jarang pula, penyakit ini dialami oleh seseorang yang baru menginjak usia 30an. Hal ini bisa terjadi karena pengaturan pola makan yang tidak sehat. Pola makan yang salah seperti terlalu banyak mengkonsumsi junk food atau makanan yang tinggi lemak menjadi faktor utama pemicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Untuk itu, pemilihan makan yang tepat dan pola asupan yang baik dapat berfungsi sebagai obat penurun asam urat. lalu apa saja makanan yang termasuk kategori tersebut? Inilah 8 urutan tertinggi untuk makanan penurun asam urat terbaik yang bisa dikonsumsi:


1. Bawang Putih  


Sumber : Pewartayogya.com


Selain berguna sebagai bahan masakan, ternyata bawang putih bisa juga dijadikan sebagai obat penurun asam yang mujarab. Teman PergiKuliner cukup mengkonsumsi satu siung bawang putih utuh setiap hari secara rutin atau bisa mencampurkannya ke dalam bumbu masakan bagi yang tidak suka bawang putih, niscaya hal itu dapat menurunkan kadar asam urat secara alami.


2. Tomat



Sumber : Programfitnes.com


Tomat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisi dalam satu buah tomat meliputi vitamin A, C, K, folat dan kalium. Tomat juga sangat rendah kolestrol dan kalori yang berkhasiat untuk penderita asam urat. Konsumsilah buah tomat setidaknya satu buah setiap hari baik secara langsung maupun dijadikan jus tomat maka kadar asam urat akan menurun.


3. Teh Hijau



Sumber : Pergikuliner.com


Orang Jepang biasa mengkonsumsi teh hijau karena khasiatnya dan salah satu khasiat dari teh hijau tersebut adalah untuk menurunkan dan menjaga kadar asam urat tetap stabil. Minumlah teh hijau setidaknya 3-4 gelas sehari dan lakukanlah hal itu secara rutin untuk menyembuhkan penyakit asam urat.


4. Anggur



Sumber : Rumahbuah.com


Anggur merupakan buah yang paling sering dikonsumsi dan disukai oleh banyak orang. Jika kamu tidak begitu suka dengan makanan di atas maka konsumsilah buah anggur ini. Caranya dengan mengkonsumsi buah anggur secara langsung atau kamu bisa membuat jus anggur yang sudah diblender halus. Ingatlah untuk tidak membuang bijinya karena biji anggur juga berguna untuk menurunkan kadar asam urat.


5. Delima



Sumber : Alodokter.com


Buah selanjutnya yang juga dapat menurunkan kadar asam urat adalah buah delima. Kamu dapat mengkonsumsi buah delima utuh atau bagi kamu yang sulit menemukannya maka kamu dapat membelinya di supermarket dalam bentuk jus sari buah delima. Rasa buah delima yang khas dipercaya dapat membersihkan saluran arteri yang tersumbat yang menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi.


6. Salmon



Sumber : Pergikuliner.com


Ikan salmon dapat dijadikan menu andalan saat makan siang. Perbanyaklah konsumsi ikan salmon terutama bagi penderita asam urat karena kandungan omega 3 dan asam lemak yang tinggi pada ikan ini diketahui sangat ampuh menyembuhkan penyakit asam urat.


7. Bayam



Sumber : Clickchemistrycourses.com


Teman terbaik untuk menemani lauk ikan salmon tentunya adalah sayur bayam. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran berwarna hijau ini diyakini dapat menjaga kestabilan kadar asam urat jika senantiasa dikonsumsi secara rutin setiap hari.


8. Kacang-Kacangan



Sumber : Lovebanget.com


Hidup sehat bukan berarti tidak boleh ngemil. Hal yang paling sulit dihindari oleh kebanyakan orang adalah kebiasaan untuk mengemil setiap saat. Agar kadar asam urat tidak meningkat akibat kebiasaan mengemil yang tidak sehat maka ubahlah makanan camilanmu dengan makanan kacang-kacangan. Misalnya kacang kedelai dan kacang almond yang memiliki kandungan omega 3 paling tinggi.


Bagi kamu penderita asam urat sangat cocok untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan seperti salmon pada sushi dan sashimi atau kacang-kacangan pada smoothie bowl. Tidak selamanya obat itu nggak enak kok. Mau bukti? Langsung aja ke tempat makan yang telah tim PergiKuliner siapkan di bawah ini!

Lox Smoked Salmon

Foto Lox Smoked Salmon
Foto Lox Smoked Salmon
Foto Lox Smoked Salmon

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Mau tau tempat makan di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?