Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Berkuah Manis di Asia yang Pas untuk Menu Berbuka

List Artikel
22 Mei 2020 | 0 Komentar

Kolak menjadi salah satu takjil klasik yang selalu menemani menu berbuka puasa. Kolak seolah tidak pernah ketinggalan untuk disantap karena citarasanya yang manis dan legit sehingga dianggap cocok untuk berbuka. Tapi jika setiap hari makan kolak untuk berbuka puasa, pastinya kamu akan merasa sangat bosan. Lantas selain kolak, takjil apa yang enak disantap? Kolak sangat identik sebagai kuliner berkuah manis. Di negara-negara Asia, ternyata ada beberapa kuliner berkuah manis yang sangat cocok untuk berbuka puasa, yaitu:


1. Taro Ball dari Taiwan



Sumber: Miro.medium.com


Pertama ada taro ball yang berasal dari Taiwan. Taro ball ini sebenarnya sudah banyak dijumpai di gerai atau kafe dessert yang ada di Indonesia. Taro ball merupakan jajanan manis berkuah yang terbuat dari bahan dasar talas atau ubi yang dipadukan dengan tepung tapioka lalu dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng. Nantinya taro ball ini akan disajikan bersama dengan susu cair atau santan yang dimasak bersama gula dan jahe. Cita rasa dari taro ball ini manis dan kenyal. Saat disajikan, biasanya taro ball diberi bahan tambahan lain seperti puding atau agar-agar, kacang merah, dan lain sebagainya.


2. Che Chuoi dari Vietnam



Sumber: Taste.com.au


Che chuoi merupakan dessert berkuah manis asal Vietnam. Bahan-bahan pembuatnya bisa dikatakan mirip dengan kolak karena terdiri dari pisan, santan, dan daun pandan. Hanya saja ada beberapa perbedaan isian dan bahan lainnya sehingga cita rasanya berbeda. Che chuoi ini menggunakan gula pasir, bukan gula aren atau gula merah sehingga warnanya lebih pucat. Lalu ada tambahan sagu mutiara, biji wijen, dan kacang tanah yang dicincang kasar.


3. Tong sui dari Tiongkok



Sumber: Tasteatlas.com


Berikutnya ada tong sui dari Tiongkok. Meski asalnya dari Tiongkok, tapi tong sui ini justru lebih populer di Malaysia dan Singapura. Tong sui merupakan dessert berkuah manis yang memadukan berbagai macam buah di dalamnya. Mulai dari kurma, goji berry, dan kelengkeng. Selain itu ada jamur kuping yang memberikan sensasi unik pada dessert ini. Semua bahan tersebut dipotong-potong lalu dicampur dan diberi air gula sehingga rasanya menjadi manis.


4. Danpatjuk dari Korea Selatan



Sumber: Koreanbapsang.com


Bagi yang suka drakor pastinya pernah melihat kuliner yang satu ini. Danpatjuk merupakan kuliner manis asal Korea Selatan. Dari tampilannya saja sudah terlihat kalau citarasanya sudah pasti manis. Danpatjuk dibuat dari bahan dasar kacang merah yang dihaluskan hingga lembut lalu dimasak bersama dengan gula, madu, garam, dan sedikit tambahan tepung beras ketan. Untuk penyajiannya akan ditambahkan bola-bola yang terbuat dari tepung beras, gula, dan garam. Selain bola-bola tersebut juga ada taburan kayu manis, kacang kastanye dan kacang pinus.


5. Bilo-bilo dari Filipina



Sumber: Wikihow.com


Terakhir ada bilo-bilo yang asalnya dari Filipina. Bilo-bilo ini punya tampilan warna yang cerah sehingga menggugah selera. Saat kamu menyendoknya maka akan terlihat bola-bola berwarna ungu mirip taro ball. Bilo-bilo dibuat dari bahan dasar beras ketan dan ubi ungu yang dibentuk bulat seperti kelereng. Nantinya bilo-bilo disajikan bersama dengan nangka, sagu mutiara, air gula, dan santan. Kamu bisa menikmatinya dalam keadaan panas maupun dingin.


Itulah beberapa kuliner berkuah manis yang ada di Asia buat kamu yang bosan menyantap kolak untuk takjil. Kira-kira dari kelimanya ini, kamu kepingin makan yang mana nih?

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda
Foto Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Es Teler 77

Foto Es Teler 77
Foto Es Teler 77

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?