Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ingin Hias Kue Kering Natal Sendiri? Jangan Lakukan Kesalahan Umum Ini!

List Artikel
14 Desember 2018 | 0 Komentar
Perayaan Natal tinggal sebentar lagi. Biasanya mendekati perayaan Natal,  para kaum hawa akan disibukkan dengan kegiatan mempersiapkan aneka hidangan untuk disajikan pada saat Natal. Salah satu hidangan yang tak boleh luput dari kuliner Natal adalah adanya kue kering yang bertemakan Natal. Kue kering khas Natal ini bisa berupa ginger bread atau cookies jahe yang pada bagian atasnya diberi hiasan dengan icing sugar berwarna merah, hijau dan putih yang mencerminkan warna-warna khas Natal. Membuat kue kering yang dihias sendiri menjadi hal yang seru untuk dilakukan karena kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk sama-sama menghias kue kering. Tapi sayangnya ketika menghias kue Natal sendiri, kita seringkali melakukan kesalahan sehingga hasil hiasan kue kering menjadi tidak cantik dan rapi. PergiKuliner akan memberi tahu kamu lima kesalahan umum yang sering terjadi pada saat menghias kue Natal nih. Simak dulu ya!


Sumber : Pillsbury.com


1. Sembarangan Memilih Tekstur Kue Kering
Hal pertama yang paling umum dilakukan banyak orang adalah sembarangan memilih jenis kue kering. Padahal tidak semua kue kering bisa dihias dengan menggunakan icing sugar. Disarankan untuk tidak memilih kue kering yang bertekstur tidak rata dan mudah rapuh karena kue kering yang teksturnya tidak rata akan mengakibatkan cairan icing sugar akan menyebar ke permukaan kue kering yang lebih rendah dan menggumpal di bagian tersebut. Sedangkan kue kering yang mudah rapuh tidak akan sanggup menahan icing sugar hingga akhirnya kue kering menjadi patah ketika dihias. Pilih kue kering dengan permukaan yang rata seperti ginger bread karena teksturnya rata dan kuat.

2. Tidak Menunggu Sampai Kue Kering Dingin
Kesalahan kedua adalah kamu tidak sabar dan langsung menghias kue kering ketika baru keluar dari oven. Kue kering yang masih panas ketika diberi icing sugar akan membuat icing sugar meleleh dan meluber sehingga hasilnya sudah pasti akan berantakan. Seharusnya setelah kue kering keluar dari oven, kamu harus mendinginkannya terlebih dahulu atau mendiamkannya selama beberapa jam sebelum menghiasnya dengan icing sugar.

3. Tidak Melakukan Dua Tahapan Penghiasan
Kesalahan lainnya karena kamu hanya melakukan satu tahapan penghiasan saja. Kita memang sangat sering melakukan hal ini untuk menghemat waktu karena kue bisa sekalian rapi dihias. Padahal seharusnya kamu menghias dengan dua tahapan. Tahapan yang pertama adalah memberikan garis pada pinggiran kue dengan icing sugar terlebih dahulu kemudian diamkan hingga kering, baru kemudian tambahkan hiasan lainnya di bagian tengah. Lapisan garis pada bagian pinggir kue kering bisa menahan icing sugar agar tidak tumpah dan menetes.

4. Kurang Konsisten Menghias Kue Kering
Kamu memang bukan orang yang ahli menghias kue kering. Tapi setidaknya, kamu bisa memberikan hasil hiasan kue kering yang terbaik. Jadi, selalu usahakan untuk konsisten dalam menghias kue kering. Konsisten di sini adalah cara kamu memberikan hiasan kue kering. Terkadang kita menekan hiasan icing sugar dengan terlalu kuat sehingga hasilnya jadi lebih tebal sementara ada bagian yang lapisan icing sugar-nya lebih tipis. Meski sepele, tapi hasil yang akan diberikan pasti akan berbeda. Jadi usahakan untuk selalu bersikap konsisten dalam menghias kue kering ya!

5. Langsung Mengemas Atau Memasukkan Kue Kering Dalam Toples
Kesalahan terakhir adalah langsung mengemas kue kering dalam bungkusan plastik yang nantinya akan diberi hiasan pita atau langsung memasukkannya ke dalam toples dan menutupnya rapat-rapat. Dengan melakukan kedua hal ini, kamu bisa merusak hiasan icing sugar karena lapisannya belum kering betul sehingga kue kering akan menempel satu sama lain dan hiasan pada permukaannya bisa berantakan. Jadi, biarkan lapisan icing sugar mengering dengan sempurna setidaknya satu jam baru masukkan dalam toples atau kemas dalam plastik.

Semoga dengan mempelajari kesalahan-kesalahan di atas, kamu bisa menghias kue kering dengan sempurna ya! Atau kalau kamu terlalu malas untuk membuatnya sendiri, kamu bisa kok membelinya di beberapa rekomendasi tempat kue di bawah ini. Pastinya enak lho!

DORE by LeTAO

Foto DORE by LeTAO
Foto DORE by LeTAO

La Maison

Foto La Maison
Foto La Maison
Foto La Maison

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Bakerzin

Foto Bakerzin
Foto Bakerzin
Foto Bakerzin

Chateraise

Foto Chateraise
Foto Chateraise
Foto Chateraise

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?