Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Masakan Khas Lamongan yang Jadi Favorit Banyak Orang

List Artikel
9 Desember 2016 | 0 Komentar

Lamongan adalah nama salah satu daerah di Jawa Timur. Daerah ini sangat terkenal dengan berbagai tempat wisatanya seperti goa Maharani, waduk Gondang, pantai Brondong, monumen kapal Van der Wijck, dan masih banyak lagi. Selain aneka wisatanya, Lamongan ternyata juga mempunyai berbagai masakan khas yang tentunya harus kamu coba saat sedang berkunjung ke Lamongan. Nah, untuk kamu yang penasaran, segera simak lima masakan khas Lamongan yang jadi favorit banyak orang:



1. Soto Lamongan


Sumber: pergikuliner.com


Nama soto Lamongan tentunya sudah tidak asing lagi bagi foodies. Soto Lamongan ini tak hanya dapat dijumpai di Lamongan saja tapi juga di beberapa kota besar di Indonesia, salah satunya Jakarta. Ada banyak penjual soto Lamongan di Jakarta baik itu penjual kaki lima hingga restoran ternama. Ciri khas yang membedakan soto Lamongan dengan soto khas Indonesia lainnya adalah kuahnya yang berwarna kuning serta rasanya yang lebih kaya rempah. Selain itu ada serbuk kerupuk udang yang ditaburkan di atasnya.



2. Nasi Boranan



Sumber: tokomesin.com


Nasi boranan merupakan nasi campur khas Lamongan yang bisa dengan mudah kamu jumpai di sepanjang jalanan Lamongan. Nasi boranan terdiri dari nasi putih biasa yang diberi aneka lauk pauk yang diberi siraman kuah bumbu, kelapa parut sangrai, dan yang tidak boleh ketinggalan rempeyek yang dibuat dari santan dan tepung beras yang digoreng garing. Jenis lauk yang tak pernah absen dari nasi boranan adalah ikan sili.



3. Bandeng Colo



Sumber: ksmtour.com


Bandeng colo merupakan sejenis sup ikan khas Lamongan. Bandeng yang sudah dicuci bersih lalu digoreng dengan sambal colo-colo. Dinamakan sambal colo-colo karena pedasnya cabai bercampur dengan asamnya jeruk nipis yang digunakan. Bandeng colo yang sudah digoreng matang disajikan dengan aneka sayuran dan kuah kuning. Buat kamu penyuka pedas, kamu wajib coba bandeng colo khas Lamongan.



4. Wingko Babat


Sumber: resepkulinerkreatif.com


Makanan tradisional yang juga menjadi ciri khas Lamongan adalah wingko babat. Lamongan berbatasan dengan kota Babat yang menjadi pusat pembuatan wingko sehingga dinamakan dengan sebutan wingko babat. Meski dibuat di kota Babat, namun wingko justru lebih banyak dijual di Lamongan sebagai oleh-oleh khas Lamongan. Wingko yang berbentuk bulat terbuat dari ketan, kelapa parut, dan gula yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang sehingga warnanya kecokelatan.



5. Tahu Campur


Sumber: pergikuliner.com


Tak hanya Surabaya saja yang memiliki makanan khas tahu campur, tapi Lamongan juga punya. Letak daerah Lamongan dan Surabaya memang membuat kedua kota ini memiliki masakan khas yang hampir mirip. Tahu campur di Surabaya lebih dikenal dengan sebutan lontong balap sedangkan di Lamongan disebut tahu campur Lamongan. Tahu campur ini terdiri dari lontong, selada air, tauge, daging yang sudah dimasak dengan aneka bumbu, lento yang terbuat dari singkong, serta mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu dengan petis udang. 


Bale Soto

Foto Bale Soto
Foto Bale Soto
Foto Bale Soto

Soto Ambengan Kelapa Gading

Foto Soto Ambengan Kelapa Gading

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi
Foto Gerobak Betawi

Roemah Kuliner

Foto Roemah Kuliner

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?