Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cara Menikmati Kopi di Indonesia, Kamu Masuk yang Mana?

List Artikel
30 September 2016 | 0 Komentar

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Ada berbagai macam jenis kopi di Indonesia yang memiliki karakteristik unik serta rasa yang khas dan autentik.  Sebut saja kopi gayo Aceh yang memiliki keasaman rendah dan aroma gurih, kopi Kintamani Bali yang beraroma jeruk segar, Kopi Jawa dengan aroma rempah, dan masih banyak lagi kopi Indonesia yang punya karakteristik khusus. Banyaknya jenis kopi di Indonesia membuat orang Indonesia jadi gemar minum kopi. Ada banyak cara menikmati kopi ala orang Indonesia seperti di bawah ini, lalu kamu masuk yang mana?



1. Diseruput Saja


Sumber: nationalgeographic.com


Minum kopi dengan cara diseruput memang menjadi favorit banyak orang. Dibandingkan dengan diteguk begitu saja, meminum kopi dengan cara diseruput bisa membuat rasa kopi terasa di lidah dan mulut. Kamu bisa mencecap setiap tetes rasa yang ada di dalam secangkir kopi milikmu.



 2. Dituang ke Lepek


Sumber: bicara.id


Cara yang satu ini memang benar-benar Indonesia banget! Buat yang belum tahu, lepek adalah piring kecil yang biasa digunakan untuk alas cangkir. Menikmati kopi dengan cara menuangnya terlebih dahulu ke lepek bertujuan untuk mendinginkan kopi secara cepat. Saat kamu meminum kopi dari lepek, ada sensasi khusus yang bisa kamu nikmati yang tak bisa kamu rasakan saat meminumnya dari cangkir.



3. Ditemani Gorengan


Sumber: pergikuliner.com


Jika orang Barat meminum kopi dengan ditemani camilan ringan seperti cake atau cookies, orang Indonesia justru sangat suka minum kopi sambil ditemani camilan gorengan. Gorengan yang bisa disantap seperti ubi goreng, singkong goreng, hingga pisang goreng yang menjadi favorit.



 4. Dicampur Arang


Sumber: citizen6.liputan6.com


Hanya di Indonesia yang minum kopi dicampur dengan arang panas. Kopi dicampur dengan arang ini bisa kamu temui di Yogyakarta. Aroma kopi yang dicelupkan arang panas memiliki aroma khas yang berbeda. Arang yang dicelup ini sama sekali tidak menimbulkan rasa pahit lho! Minum kopi dengan arang juga bisa menambah stamina kamu.



5. Menambahkan Susu Kental Manis


Sumber: www.pergikuliner.com


Biasanya orang Barat akan menambahkan creamer pada kopi untuk menghilangkan rasa pahitnya, tapi orang Indonesia justru menambahkan susu kental manis dalam kopinya. Orang Indonesia menyebutnya dengan kopi susu.


B.O.R Coffee Co.

Foto B.O.R Coffee Co.

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?