Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal 5 Singkatan Makanan Khas Sunda yang Super Unik!

List Artikel
20 Februari 2018 | 0 Komentar

Tentu kamu sudah sering melihat camilan-camilan khas Sunda yang dijual di pinggiran jalan. Beberapa diantara camilan khas Sunda tersebut biasanya disingkat-singkat dengan istilah yang unik sehingga membuat kita penasaran untuk membelinya. Nah, dari sekian banyak camilan khas Sunda yang disingkat-singkat ini, ada 5 deretan teratas yang paling unik dan ngehits lho. Seperti apa saja sih namanya? Berikut nih kamu harus coba 5 camilan ini!


1. Batagor



sumber: wisatakulinerbandung.info


Camilan ini berupa bakso dari campuran daging ikan tenggiri yang dibalut dengan kulit pangsit lalu digoreng kering. Disajikan dengan potongan tahu goreng, disiram bumbu kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Tambahkan saos atau sambal untuk mendapatkan rasa yang lebih pedas. Camilan khas Sunda yang satu ini sudah banyak dijual tak hanya di kota Bandung, tetapi juga kota-kota lain, salah satunya Jakarta. Kamu pasti sudah pernah mencobanya, bukan?


2. Cireng




sumber: arbamedia.com


Bahan dasar pembuatan dari cireng ini adalah tepung kanji atau biasa disebut juga aci, bentuknya ada yang pipih atau lonjong tak beraturan. Setelah adonan selesai dibentuk, cireng akan digoreng hingga bagian luarnya kering. Nikmatnya, bagian dalam cireng masih agak basah dan kenyal. Orang Sunda biasanya menikmati cireng dengan bumbu cocolan, seperti bumbu kacang. Saat ini sudah sangat banyak ditemukan inovasi cireng dengan berbagai isian dan bumbu.


3. Cilok


sumber: pringsewuresto.co.id


Cilok juga salah satu camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan air. Adonan ini lalu diaduk hingga lentur dan liat, terkadang diberi isian seperti irisan daging ayam atau telur bahkan kornet. Sebelum direbus atau dikukus akan dibentuk bulat menyerupai bakso terlebih dahulu. Cilok yang sudah matang disiram dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Cara memakannya yakni dengan cara dicolok. Maka dari itu, namanya disebut cilok.


4. Basreng



sumber: blog.kulina.id



Kalau cemilan khas Sunda yang satu ini berupa keripik bakso ikan yang kemudian diiris tipis dan digoreng lalu diberi bumbu. Keripik basreng ini populer di kalangan anak-anak karena biasanya dijual di lingkungan sekolah ataupun warung-warung kecil. Namun dewasa ini seiring kecintaan banyak orang dengan olahan bakso yang satu ini, banyak usaha rumahan yang menjual basreng dengan aneka rasa yang dijual secara online.


5. Cuanki


sumber: femina.co.id


Penjual cuanki biasanya menjajakan dagangannya dengan dipikul dan berkeliling dengan jalan kaki. Nah, yang dijual itu adalah bakso khas Bandung. Cita rasanya berbeda dengan bakso lain, karena bahan baku yang digunakan adalah ikan. Cuanki biasanya paling nikmat dinikmati pada malam hari karena kuahnya yang panas dan pedas bisa menghangatkan perut sekaligus juga mengganjal perut yang kelaparan saat malam hari.


Sudah tau kan singkatan unik dari kelima makanan Sunda di atas? Apakah artikel ini bikin kamu lapar dan kepingin makan makanan seperti di atas? PergiKuliner punya rekomendasi tempat yang makanannya enak-enak seperti di bawah ini lho!

Batagorilla

Foto Batagorilla
Foto Batagorilla

Spice Bakso Ikan

Foto Spice Bakso Ikan
Foto Spice Bakso Ikan
Foto Spice Bakso Ikan

A Fung Baso Sapi Asli

Foto A Fung Baso Sapi Asli
Foto A Fung Baso Sapi Asli

Batagor Cuplis

Foto Batagor Cuplis

Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin
Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?