Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Narezushi yang Jadi Sushi Pertama dan Tertua di Jepang

List Artikel
20 Juni 2021 | 0 Komentar

Sushi sudah sangat dikenal sebagai salah satu kuliner khas Jepang yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Kepopuleran sushi tak terlepas dari keunikan bentuk dan juga cita rasanya. Coba saja kita perhatikan, sushi memang memiliki bentuk mungil yang khas dan bisa disantap dengan sekali santapan atau sekali lahap. Selain itu, varian sushi ada banyak sekali. Rasanya jumlah varian sushi bisa mencapai puluhan, mulai dari sushi maki, chirasi sushi, inari sushi, dan masih banyak lagi tentunya. 


Meski ada banyak varian, tapi rasa yang dihadirkan oleh masing-masing sushi tersebut berbeda-beda. Hal ini dikarenakan beda jenis sushi, maka berbeda pula isian atau bahan yang digunakan, walaupun dua bahan utama yakni nasi dan ikan, tapi biasanya akan ada tambahan seperti rumput laut, telur, dan lain sebagainya. Berbicara tentang varian sushi, tahukah Teman Kuliner kalau ada satu varian sushi yang bernama narezushi. Narezushi adalah sushi pertama dan tertua di Jepang loh. 

 


Sumber: Pinimg.com


Tidak banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan narezushi karena memang di luar negeri keberadaannya tidak sepopuler varian sushi lainnya. Tapi di negara asalnya, sushi pertama dan tertua di Jepang ini justru banyak dinikmati oleh semua kalangan. Narezushi memiliki cita rasa yang sangat unik dan tidak biasa sehingga membuat orang-orang Jepang sangat menyukainya. Narezushi yang jadi sushi pertama dan tertua di Jepang memiliki rasa yang masam. Orang yang baru pertama kali mencicipnya, bahkan bisa menganggap kalau narezushi ini adalah sushi basi. Padahal sushi tersebut memang memiliki rasa yang masam. Mengapa demikian? Ternyata naresuzhi dibuat dengan cara memfermentasikan ikan bersama dengan nasi. Coba Teman Kuliner bayangkan bagaimana rasanya dari nasi dan ikan yang difermentasikan secara bersamaan?



Sumber:  Gudeku.com


Untuk membuatnya, kita perlu mengawetkan ikan yang sudah difillet lalu diberi garam dan diawetkan selama beberapa bulan hingga kering, barulah setelah kering, ikan akan dibentuk dan dicampur dengan nasi, lalu difermentasikan kembali dalam ruangan gelap dengan suhu ruangan selama beberapa bulan, bahkan ada yang sampai satu tahun lamanya. Dengan begitu, rasa dan aromanya menjadi sangat khas sekali. Narezushi pertama kali dibuat dari ditemukan pada abad ke-8 saat Periode Nara. Hal ini diperkuat dengan adanya artefak yang ditemukan dan menunjukkan kalau narezushi dibuat di Chikuezen yang saat ini dikenal sebagai Prefektur Fukuoka.

 


Sumber: Flickr.com


Meski ditemukan di sana, tapi narezushi justru lebih banyak dijumpai di sekitar daerah Danau Biwa yang merupakan danau terbesar di Jepang. Hingga saat ini, narezushi masih menjadi makanan pokok bagi warga setempat yang dikonsumsi sehari-harinya. Untuk jenis ikan yang digunakan sebenarnya bisa beragam, tergantung dari selera penduduk setempat, tapi kebanyakan menggunakan ikan nigorobuna. Selain ikan nigorobuna, kita bisa menggunakan ikan salmon, sweetfish, dace, hingga loach. Narezushi biasanya disajikan saat sedang ada pertemuan keluarga atau acara khusus. Tapi kita juga bisa menyantapnya di restoran pada hari biasa. Harga narezushi ini terbilang cukup mahal. Tentu saja harga jualnya mahal karena proses pembuatannya bisa sampai satu tahun lebih. Walaupun harganya terbilang mahal, tapi manfaat yang kita dapat setelah menyantap narezushi sangat banyak sekali karena narezushi bisa melancarkan pencernaan dan mencegah beberapa penyakit.

 

Sekarang Teman Kuliner sudah tahu kan sejarah mengenai narezushi yang jadi sushi pertama dan tertua di Jepang. Buat yang ingin menyantap sushi, mampir yuk ke salah satu rumah makan sushi yang ada di bawah ini!

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?