Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tak Hanya Wafel, Ini 5 Dessert khas Belgia yang Paling Populer

List Artikel
21 Juni 2021 | 0 Komentar

Kuliner apa yang terbayang dalam pikiranmu saat mendengar negara Belgia? Pastinya ada dua, yakni cokelat dan wafel. Sudah bukan rahasia lagi kalau Belgia sangat terkenal akan cokelat dan wafelnya. Cokelat dan wafel khas Belgia memiliki rasa yang sangat lezat sehingga bisa memikat lidah siapa saja untuk mencicipnya langsung. Biasanya, perpaduan cokelat dan wafel ini akan disajikan sebagai menu dessert. Wafel memang dikenal sebagai salah satu olahan dessert yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Belgia. Tapi tahukah Teman Kuliner kalau negara ini tak hanya punya wafel sebagai dessert khas Belgia. Banyak dessert khas Belgia yang rasanya tak kalah enak dari wafel, apa saja? Kita cek satu persatu yuk!

 

1. La Dame Blanche



Sumber: Fodors.com


Dessert khas Belgia yang pertama adalah la dame blanche yang sangat populer dan bisa dijumpai dengan mudah di Belgia. La dame blance adalah dessert khas Belgia yang terbuat dari campuran whipped cream, es krim rasa vanilla, dan saus cokelat hangat. Saus cokelat ini dibuat dari lelehan mentega yang dicampur dengan cokelat khas Belgia yang rasanya legit. Saat lelehan cokelat yang masih hangat berpadu dengan dinginnya es krim di mulut, maka Teman Kuliner akan merasakan sensasi kenikmatan dessert la dame blance ini.


2. Geraardsbergse Mattentaart



Sumber: Ec.europa.eu


Mendengar namanya pasti sulit diucapkan. Geraardsbergse mattentaart merupakan salah satu dessert khas Belgia yang masuk dalam kategori pastry. Dessert khas Belgia ini dibuat dari adonan puff pastry yang kemudian dicetak dalam wadah cup khusus lalu di dalamnya diisi dengan saus kental yang terbuat dari susu, keju, dan perasa almond. Geraardsbergse mattentaart memiliki aroma yang sangat wangi dengan tekstur renyah pada bagian luar tapi sangat lembut dan meleleh saat digigit bagian dalamnya.


3. Cuberdons



Sumber: Pastemagazine.com


Buat yang suka menyantap permen sebagai camilan dessert, Teman Kuliner bisa menyantap cuberdons yang dijuluki sebagai permen khas Belgia. Cuberdons dibuat dari bahan dasar gula dan cokelat. Kebanyakan cuberdons memiliki bentuk seperti kerucut. Pada bagian luar cuberdons tidak terlalu keras, sementara bagian dalamnya akan lumer isiannya saat kita gigit. Inilah yang membuat banyak orang ketagihan. Selain dinamai cuberdons, dessert khas Belgia ini juga punya nama lain yakni confiserie.


4. Sneeuwballen



Sumber: Landolakes.com


Selanjutnya ada sneeuwballen yang memiliki artian bola salju. Nama ini diambil karena memang bentuk dari sneeuwballen ini bulat dan pada lapisan luarnya mirip dengan salju. Sneeuwballen dibuat dari bahan dasar tepung, gula, dan vanili yang dibentuk bulat-bulat lalu dipanggang dan setelah matang dibaluri dengan cokelat leleh serta icing sugar. Ketika disantap, maka icing sugar dan cokelat akan langsung meleleh dalam mulut sehingga menghadirkan sensasi melted yang unik.


5. Couque de Dinant



Sumber: Flickr.com


Dessert khas Belgia yang terakhir adalah counque de dinant yang memiliki bentuk unik karena dicetak dengan beragam bentuk, ada yang berbentuk hewan serta arsitektur sebuah bangunan serta pemandangan. Dessert khas Belgia ini termasuk dalam jenis biskuit manis dan seringkali disantap sebagai camilan penutup seusai menyantap makanan besar. Couque de dinant dibuat dari bahan dasar madu dan tepung terigu. Aromanya wangi dan teksturnya agak sedikit keras. Selian menjadi dessert, couque de dinant juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Belgia.

 

Aneka dessert khas Belgia di atas terlihat enak bukan? Nah, selain wafel, Teman Kuliner sendiri sudah pernah menyantap dessert khas Belgia apa saja nih? Buat yang suka makan dessert atau kuliner manis lainnya, di bawah ini ada rekomendasi tempat makan dessert yang bisa Teman Kuliner datangi.

 

BROWNFOX Waffle & Coffee

Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee

Woodpecker Coffee

Foto Woodpecker Coffee
Foto Woodpecker Coffee
Foto Woodpecker Coffee

Bermvda Coffee

Foto Bermvda Coffee
Foto Bermvda Coffee
Foto Bermvda Coffee

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Nanny's Pavillon

Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?