Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Roti Kentang yang Bikin Kenyang dan Menyehatkan

List Artikel
19 Juni 2021 | 2 Komentar

Siapa di antara Teman Kuliner yang suka menyantap roti? Meski roti adalah makanan pokok bagi masyarakat barat, tapi bukan berarti roti tidak populer di mata masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat kita justru banyak yang menjadikan roti sebagai makanan pokoknya, terutama untuk sarapan. Selain praktis dan mudah didapat, roti memiliki rasa yang khas dan nikmat sehingga banyak digemari. Selama ini kita selalu mengenal roti yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu atau tepung gandum saja. Padahal sebenarnya ada roti kentang yang tak kalah enaknya.


Di negara-negara Eropa dan Amerika, roti kentang terbilang sangat populer. Hal ini dikarenakan jenis roti kentang banyak digunakan sebagai menu diet karena mengenyangkan dan pasti juga menyehatkan. Kandungan kentang dalam roti juga dapat membuat teksturnya jadi lebih empuk dan lembut alami. Buat yang belum mengenal roti kentang, di bawah ini ada beberapa aneka roti kentang dari seluruh dunia yang tak hanya bisa mengenyangkan, tapi juga menyehatkan. Apa saja? Yuk simak bahasannya di bawah ini!


1. Irish Farls



Sumber: Bakefromscratch.com


Aneka roti kentang pertama adalah irish farls yang paling banyak digemari. Pasalnya, roti kentang yang satu ini sangat mudah sekali dibuat. Teman Kuliner yang tidak memiliki oven di rumah bisa membuatnya karena irish farls dipanggang di atas wajan teflon atau wajan anti lengket. Roti asal Irlandia dan Inggris ini memiliki bahan dasar pembuatannya juga sangat mudah. Untuk membuatnya diperlukan kentang yang sudah direbus lalu ditumbuk halus, barulah kemudian dicampur dengan tepung terigu, mentega, garam, dan sedikit gula. Dari segi tampilannya memang terlihat biasa karena berbentuk pipih dan agak padat. Tapi untuk rasanya tak kalah enak dari roti kentang lainnya.


2. Kartoffelbrot



Sumber: Bbci.co.uk


Kartoffelbrot merupakan roti kentang asal Jerman yang juga tak kalah tenarnya. Roti ini sekilas mirip dengan roti-roti klasik Eropa jika dilihat dari bentuknya saja, tapi yang membuatnya berbeda adalah karena ada campuran kentang di dalamnya. Kartoffelbrot dibuat dari bahan dasar tepung kentang, ragi, gula, dan sedikit garam. Berhubung menggunakan tepung kentang, maka meskipun bagian luarnya garing, bagian dalamnya tetap lembut dan empuk. Roti kentang ini sangat cocok untuk sarapan dengan olesan selai buah di atasnya.


3. Potato Rosemary Bread



Sumber: Hips.hearstapps.com


Potato rosemary bread banyak digemari karena selain teksturnya yang empuk dan rasanya yang enak, aromanya juga sangat wangi. Hal ini sudah pasti karena roti kentang yang diduga berasal dari Italia ini menggunakan campuran rosemary di dalamnya. Dengan memasukkan rosemary dalam adonan roti, maka aromanya akan jauh lebih wangi. Sedangkan untuk bentuknya bulat dengan tekstur yang padat dan garing pada bagian luarnya tapi kenyal dan empuk pada bagian dalamnya.


4. Khabizgina



Sumber: 7terbaik.com


Selanjutnya ada khabizgina yang juga menjadi salah satu roti kentang yang bentuknya bulat pipih cenderung gepeng. Julukan lain dari roti khabizgina adalah pizza kentang karena memang bentuknya mirip roti pizza. Khabizgina adalah roti yang berasal dari negara Ossetia. Khabizgina ini tidak menggunakan kentang sebagai adonan dasarnya melainkan sebagai isiannya. Jadi saat membuat, adonan roti yang dibuat tipis kemudian diisi dengan kentang tumbuk dan aneka keju seperti keje feta dan mozarella.


5. Potato Roll



Sumber: Hips.heartstapps.com


Terakhir ada potato roll yang sempat viral beberapa bulan yang lalu dikarenakan laris manis di Asia Timur, terutama Korea Selatan. Potato roll ini tidak ada yang mengetahui secara pasti asalnya dari mana, tapi diketahui Amerika Serikat yang mulai mempopulerkannya. Tampilan potato roll ini sekilas mirip roti bun biasa. Beberapa bahkan ada yang menyebutnya mirip roti sobek. Keunikan dari potato roll ini adalah teksturnya yang sangat lembut sehingga saat disantap akan terasa seperti kapas.

 

Ada banyak bukan, aneka roti kentang dari seluruh dunia tersebut. Buat Teman Kuliner yang lapar setelah membaca artikel di atas dan jadi ingin mengonsumsi roti, di bawah ini ada rekomendasi toko roti enak yang bisa Teman Kuliner datangi. Coba langsung lihat yuk!

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Roti Srikaya Ajung

Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung

Roti Boy

Foto Roti Boy
Foto Roti Boy
Foto Roti Boy

Kedai Roti Kobi

Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
qkFBtZTp
annemccray338@gmail.com | 19 Jun 2021 pk. 12:37 AM
Foto user umum
nkefsXgldFZbSwpo
annemccray338@gmail.com | 19 Jun 2021 pk. 12:37 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?