Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Manfaat Keju Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
18 Juni 2021 | 0 Komentar

Keju merupakan salah satu produk dari olahan susu yang sangat digemari masyarakat luas. Punya citarasa yang gurih kerap membuatnya dicampurkan pada berbagai jenis hidangan. Sebutlah pizza, roti, spaghetti, dan lasagna adalah beberapa contoh hidangan yang menggunakan keju sebagai bahan dasarnya. Tak hanya lezat dikonsumsi, manfaat keju untuk kesehatan ternyata juga sangat banyak loh. Sayangnya meski keju memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, sebagian orang masih saja ada yang takut untuk mengonsumsi keju, karena dianggap bisa menyebabkan berat badan bertambah gemuk. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat tentu keju dapat menjadi sumber nutrisi yang bagus untuk tubuh kita.



Sumber: Traveling.bisnis.com


Manfaat Keju Untuk Kesehatan

Terlepas dari kandungan lemaknya yang cukup tinggi, keju menyimpan segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas yang sewajarnya. Berikut adalah manfaat keju untuk kesehatan tubuh kita:


1. Menjaga Kesehatan Tulang

Keju sebagai salah satu produk dari olahan susu, tentu kandungan nutrisinya juga tidak jauh berbeda. Keju diketahui memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan dan kepadatan tulang. Ini berkat kandungan kalsium dan protein yang sangat diperlukan oleh tulang di tubuh kita. Menjaga kesehatan tulang sejak dini tentunya dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Dimana semakin bertambah usia seseorang maka kepadatan tulang mereka akan semakin berkurang dan mudah keropos. Selain itu, keju diketahui juga mengandung vitamin A, D, K serta zinc yang bagus untuk kesehatan tulang.


2. Menjaga Kesehatan Gigi

Sama seperti tulang yang membutuhkan kalsium, gigi kita juga memerlukan kalsium dan mineral yang bermanfaat untuk menguatkan struktur gigi. Kandungan kalsium yang relatif tinggi dalam keju dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Maka dari itu, dengan mengonsumsi keju tentu dapat membantu menjaga kesehatan gigi, serta membuat struktur gigi lebih kuat dan terhindar dari resiko gigi berlubang.


3. Sumber Nutrisi Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat keju untuk kesehatan ibu hamil ternyata juga sangat penting. Keju mengandung kalsium dan bakteri baik yang melimpah di dalamnya. Ini tentunya sangat baik untuk perkembangan janin. Keju juga mengandung vitamin A, B6, B12, C, D, zat besi, dan magnesium yang baik untuk kesehatan sang ibu dan bayi. Namun sebagai catatan, tidak semua jenis keju bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Keju cheddar, keju mozzarella, dan keju parmesan adalah jenis keju yang aman untuk ibu hamil. Sementara, jenis keju yang harus dihindari adalah keju yang bertekstur lembut seperti keju feta, keju brie, keju camembert, dan keju chevre. Karena keju tersebut dibuat dari jamur yang mengandung bakteri jahat Listeria.


4. Menurunkan Kolesterol dan Hipertensi


Keju mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus Lactis yang dapat berguna untuk melawan kolesterol jahat dan mencegah terjadinya hipertensi. Kolesterol tinggi dan darah tinggi merupakan dua penyakit berbahaya yang berkaitan satu sama lain. Darah tinggi atau hipertensi dapat terjadi ketika tekanan darah melebihi batas normal. Dimana salah satu penyebabnya adalah penumpukan kolesterol yang membuat pembuluh darah dalam tubuh menyempit. Namun, kamu disarankan untuk mengonsumsi keju yang rendah lemak dan garam untuk menekan kolesterol jahat tersebut. Contoh keju yang bagus untuk penderita kolesterol dan hipertensi adalah keju ricotta.


5. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Keju merupakan salah satu makanan dari olahan susu yang dibuat dengan cara fermentasi. Cara pengolahan dengan fermentasi ini membuat keju mengandung bakteri probiotik yang dapat menekan bakteri jahat dan meningkatkan bakteri usus sehat dalam saluran pencernaan. Bakteri jahat ini jika dibiarkan begitu saja tentu dapat menimbulkan gangguan seperti diare, konstipasi, dan peradangan usus.


6.  Mencegah Penyakit Kanker

Pernah mendengar kandungan Sphingolipids dan Conjugated Linoleic Acid? Keduanya ini merupakan salah satu bentuk lain dari lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh kita. Kedua kandungan ini disebut-sebut sangat ampuh dalam mencegah penyakit kanker yang mematikan. Sphingolipids dan CLA bisa ditemukan pada lemak tak jenuh dalam keju. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengonsumsi keju terutama keju alami sebagai asupan sehari-hari. Asalkan tidak berlebihan, tak hanya kanker yang dapat dicegah namun tubuh kita juga akan senantiasa sehat.


7. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Lemak tak jenuh yang ditemukan pada keju ternyata juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat memicu penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati juga dalam mengonsumsinya. Tetap konsumsi keju pada batas wajar dan jangan berlebihan. Karena keju juga mengandung lemak jenuh yang tinggi dan garam. Sebaiknya konsumsi keju maksimal 30 gr saja per hari. Karena dalam porsi tersebut sudah terdapat 125 kalori di dalamnya.


Kandungan Nutrisi Keju

Berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas tentu tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalam keju. Keju merupakan makanan sumber protein dan kalsium, serta mengandung natrium dan asam lemak yang tinggi. Selain itu, keju juga tinggi akan vitamin A, vitamin B6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin D, riboflavin, betakaroten, dan berbagai mineral lainnya yang penting untuk tubuh seperti zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium.


Demikianlah manfaat keju untuk kesehatan yang dapat PergiKuliner bagikan untukmu. Keju dapat diolah menjadi berbagai camilan, hidangan sampai dessert yang melezatkan. Kandungan nutrisi yang kompleks dalam keju juga sangat baik untuk tubuh. Karena bisa mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan. 

Nah, buat Teman Kuliner yang ingin langsung makan aneka kuliner dengan keju, berikut ini rekomendasi PergiKuliner buat kamu!

Richeese Factory

Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?