Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

9 Makanan untuk Cegah Anemia Terbaik yang Tinggi Zat Besi

List Artikel
22 November 2021 | 0 Komentar

Sering merasa lelah yang disertai kepala pusing? Waspadalah, bisa jadi itu adalah tanda-tanda anemia. Faktor utama munculnya gejala anemia disebabkan karena sel darah merah dalam tubuh lebih renda dari batas normalnya. Penurunan jumlah sel darah merah ini biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga mempengaruhi produksi hemoglobin yang ikut menurun. Hemoglobin sangat penting bagi tubuh untuk membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Akan tetapi, jika tubuh kekurangan sel darah merah, maka akibatnya tubuh menjadi mudah lelah dan lemas. Jika kamu mengidap anemia, sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi zat besi agar jumlah sel darah merah semakin meningkat. Sebagai rekomendasinya, berikut ini adalah 9 makanan untuk cegah anemia yang bagus untuk meningkatkan hemoglobin dalam tubuh!



Sumber: Parentingscience.com


1. Telur

Telur mengandung zat besi yang cukup tinggi di dalamnya. Sebutir telur diketahui mengandung 1.02 miligram zat besi yang bermanfaat bagus untuk anemia. Disamping itu, telur juga dikenal memiliki memiliki kandungan protein yang tinggi untuk menstabilkan gula darah dan memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh. Disarankan jika ingin mengonsumsinya sebaiknya proses pematangan dilakukan dengan cara direbus bukan digoreng. Karena dapat menghilangkan nutrisi di dalamnya. selain itu, tetap perhatikan porsi telur yang dikonsumsi. Setidaknya konsumsi satu butir per-hari untuk mencegah anemia.


2. Tiram

Tiram merupakan salah satu jenis kerang-kerangan yang memiliki cangkang berkapur dan relatif pipih. Mengonsumsi tiram dalam jumlah wajar terbukti efektif untuk meningkatkan hemoglobin. Hal ini berkat kandungan zat besi dan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam makanan laut ini. Selain itu, manfaat tiram untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan imunitas tubuh, dan menjaga berat badan. Untuk mengonsumsinya disarankan cukup dua kali seminggu.


3. Tomat

Buah berwarna merah satu ini diketahui kaya akan zat besi. terbukti dalam satu butir tomat mengandung 3, 39 miligram zat besi di dalamnya. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin C dan likopen yang dapat mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh, sehingga pembentukan hemoglobin dalam darah akan semakin meningkat. Tomat yang kaya akan nutrisi lainnya seperti antioksidan juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Tomat baik untuk kesehatan mata, kesehatan pencernaan, kesehatan jantung dan menurunkan resiko terkena penyakit kanker.


4. Daging Merah

Daging merah kaya akan vitamin B12 untuk membantu pembentukan hemoglobin. Pengidap anemia dianjurkan untuk rutin mengonsumsi daging merah sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Namun, alangkah baiknya jika daging merah yang dikonsumsi adalah daging yang mengandung sedikit lemak atau bahkan tanpa lemak. Selain itu, pastikan juga untuk mengolah daging merah dengan benar agar nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya tidak hilang.


5. Bayam

Dari semua jenis sayuran hijau, bayam merupakan sayuran hijau yang paling tinggi kandungan vitaminnya. Seperti kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan kalsium dalam bayam memiliki banyak manfaat yang baik untuk pengidap anemia. Selain itu, kandungan zat besi, serat dan beta karoten dalam bayam juga mampu mencegah tubuh dari kekurangan sel darah merah. Pengidap anemia dianjurkan untuk mengonsumsi bayam sebanyak dua kali sehari. Sebagai tambahan, agar manfaat bayam untuk anemia tidak kehilangan nutrisinya maka proses memasaknya pun tidak boleh terlalu lama.


6. Ikan Tuna

Seperti tiram, tuna merupakan sekelompok ikan laut yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh. Ikan tuna sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Diketahui kandungan zat besi dalam 100 gram ikan tuna bisa mencapai 1,6 miligram. Apapun jenis ikan tuna yang dikonsumsi bisa memberikan zat besi dalam jumlah yang sama besarnya. Konsumsi ikan tuna dalam pola makan harian untuk mencegah anemia. Untuk orang dewasa disarankan untuk mengonsumsinya sebanyak 2-3 porsi ikan tuna per hari.


7. Hati Ayam

Makanan yang mengandung zat besi untuk anemia selanjutnya adalah hati ayam. Diketahui dalam 100 gram hati ayam bisa mengandung hingga 10 miligram zat besi. Selain itu, hati ayam tinggi akan kandungan seng di dalamnya yang membantu dalam mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Akan tetapi, mengonsumsi makanan ini tidak bisa setiap hari karena kandungan kolesterolnya yang tinggi dapat memicu kadar kolesterol dalam darah meningkatkan. Sehingga disarankan cukup mengonsumsinya 2-3 kali saja dalam satu minggu.


8. Kedelai

Kacang kedelai dan makanan produk kacang kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai termasuk rekomendasi makanan untuk anemia. Hal ini dikarenakan kedelai kaya akan zat besi, vitamin asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Diketahui kacang kedelai menganung zat besi hingga 15, 7 gram per 100 gramnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian. Konsumsi kacang kedelai sebanyak 10 miligram per harinya sebagai makanan untuk anemia. Kacang kedelai yang kandungan proteinnya tinggi juga bagus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.


9. Rumput Laut

Rumput laut banyak ditemukan pada makanan-makanan Asia seperti sushi dan kimbap. Selain rasanya yang enak, ternyata manfaat rumput laut untuk kesehatan juga sangat bagus. Terutama bagi pengidap anemia, karena kandungan zat besi dalam semangkuk rumput laut bisa mencapai 32 miligram. Konsumsi rumput laut sebanyak 5 sampai 10 gram setiap hari untuk meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Rumput laut juga dikenal baik untuk mencegah kanker, membantu penyembuhan luka, serta menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.


Itu dia 9 makanan untuk cegah anemia terbaik yang tinggi zat besi. Buat kamu yang menderita anemia akibat kekurangan zat besi bisa mencoba makan makanan seperti di atas ya!

Kappa Sushi

Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi
Foto Kappa Sushi

RamenYA

Foto RamenYA
Foto RamenYA
Foto RamenYA

Limau Rice Bowl

Foto Limau Rice Bowl
Foto Limau Rice Bowl
Foto Limau Rice Bowl

Indoguna Gourmet

Foto Indoguna Gourmet
Foto Indoguna Gourmet
Foto Indoguna Gourmet

AW Kitchen

Foto AW Kitchen
Foto AW Kitchen
Foto AW Kitchen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?