Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Fakta Unik Kopi yang Masih Belum Banyak Orang Tahu

List Artikel
30 Desember 2020 | 0 Komentar

Kopi, mendengar namanya saja bisa membuat orang mudah mengenalinya. Kopi sudah sangat terkenal di dunia sebagai minuman favorit banyak orang. Kopi banyak diminum di pagi hari untuk mengawali aktivitas karena salah satu efek dari kopi adalah bisa memberikan energi dan meningkatkan produktivitas seseorang. Tapi selain pagi hari, ada orang yang lebih suka minum kopi di siang atau sore hari setelah menjalani aktivitas karena kopi juga bisa menenangkan dan menghilangkan stres dan rasa penat. Meski memiliki banyak sekali penggemar, tapi tidak banyak orang yang mengetahui kopi secara keseluruhan. Pengetahuan tentang kopi menjadi satu hal menarik yang pastinya ingin diketahui para pecinta kopi. Sebagai seorang penggemar kopi, ada beberapa fakta unik kopi dari seluruh dunia yang pastinya bisa membuat kamu tercengang. Ingin tahu ada fakta unik kopi apa saja? Simak langsung di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com


1. Kopi Menjadi Komoditas Dagang Terbesar Kedua di Dunia

Kita sudah mengetahui kalau industri kopi tumbuh dengan pesat, tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia, tapi apakah kita tahu kalau sebenarnya kopi merupakan komoditas dagang terbesar kedua di dunia. Kopi menjadi komoditas dagang terbesar setelah minyak mentah. Tercatat kalau kopi bisa terjual hingga Rp100 miliar lebih di seluruh dunia setiap tahunnya.


2. Hawai adalah Satu-satunya Daerah di Amerika yang Punya Perkebunan Kopi

Selama ini kita pasti mengira kalau Amerika punya perkebunan kopi yang luas karena salah satu gerai kopi terbesar di dunia berasal dari Amerika. Padahal kenyataannya perkebunan kopi Amerika hanya bisa dijumpai di Hawai karena hanya di daerah inilah kopi bisa tumbuh dengan subur. Hal ini dikarenakan Hawai punya iklim tropis dengan tanah yang subur sehingga tanaman kopi bisa tumbuh di sana.


3. Kopi Merupakan Jenis Buah

Selama ini kamu menganggap kopi sebagai jenis tumbuhan apa? Kopi ternyata merupakan salah satu jenis buah karena pada dasarnya biji kopi tumbuh di semak-semak. Kopi termasuk dalam jenis tanaman buah beri. Kita bisa menjumpai dua jenis varietas tanaman kopi, yakni yang berbiji merah dan hijau. Kebanyakan yang digunakan adalah yang merah karena aromanya lebih harum dan rasanya tidak begitu asam. Setelah diambil bijinya, kopi akan dipanggang sehingga bisa menjadikannya minuman seperti yang sering kita konsumsi saat ini.


4. Kopi Awalnya Ditemukan Oleh Pengembala Kambing

Ada fakta unik kopi yang bisa membuat kita tercengang yakni kopi awalnya ditemukan oleh pengembala kambing secara tidak disengaja. Jadi pada tahun 1500-an di Ethiopia, yakni tempat asal kopi, ada seorang pengembala kambing yang melihat kambing gembalaannya menyantap buah kopi yang masih merah warnanya. Setelah menyantapnya, perilaku kambing tersebut berubah karena si kambing punya tenaga yang lebih serta tidak terlelap semalaman. Setelah mencari tahu, pengembala kambing tersebut menemukan kalau hal tersebut adalah efek dari mengonsumsi buah kopi. Lalu dibuatlah beragam percobaan yang menjadikan buah kopi tersebut menjadi sebuah minuman yang bisa menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk.  


5. Kopi Luwak Jadi Kopi Termahal di Dunia

Kita pasti sudah sering mendengar kalau kopi luwak yang asli sangat mahal harganya. Tapi ternyata kopi luwak ini menjadi kopi yang paling mahal di dunia. Harga kopi luwak bisa sangat mahal dikarenakan proses pembuatannya ini sangat alami dan sangat sulit. Kopi luwak dihasilkan dari biji kopi yang dikonsumsi oleh musang luwak dan dikeluarkan menjadi kotoran, barulah dibersihkan dan diproses menjadi biji kopi.


6. Kopi Menjadi Minuman Pemberi Kode Saat Proses Lamaran di Turki

Ada satu fakta unik kopi dari Turki. Ternyata minuman ini dijadikan sebagai pemberi kode pada saat proses lamaran di negara tersebut. Jadi ada tradisi yang mengharuskan calon pengantin perempuan untuk menyajikan kopi kepada orang tua dan calon suaminya yang melamar. Jika kopi buatannya terasa manis, maka tandanya ia setuju dengan lamaran tersebut, tapi kalau kopinya ada rasa asinnya, maka tandanya ia tidak setuju dengan perjodohan dan lamaran tersebut.


7. 65% Kopi di Dunia Dikonsumsi oleh Masyarakat Amerika, Prancis, dan Jerman

Kopi memang banyak sekali penggemarnya di dunia, tapi ternyata ada tiga negara yang konsumsi kopinya bisa menghabiskan hingga 65% stok kopi di dunia, yakni negara Amerika Serikat, Jerman, dan Prancis. Ketiga negara ini bisa dikatakan 60-80% masyarakatnya mengonsumsi kopi sehari-harinya.

 

8. Brazil Pernah Memproduksi Perangko Beraroma Kopi

Pada bulan Desember 2001, Brazil pernah membuat perangko yang memiliki aroma kopi. Perangko ini sengaja dibuat untuk mempromosikan kopi mereka ke seluruh dunia. Uniknya aroma kopi yang ada pada perangko ini diperkirakan bisa bertahan hingga 5 tahun lamanya loh. Meski perangko beraroma kopi tersebut sangat populer, tapi Brazil tidak pernah membuatnya lagi.


Itu dia 8 fakta unik kopi yang belum banyak orang tahu. Menurut teman kuliner, ada lagi nggak sih fakta unik kopi lainnya? Share yuk bareng PergiKuliner!. Sekarang, waktunya ngopi nih. PergiKuliner punya tempat ngopi enak yang bisa kamu kunjungi bareng teman ataupun pacar. Simak rekomendasinya di bawah ini ya!

Harlan + Holden Because Coffee

Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee

Kopi Tikum

Foto Kopi Tikum
Foto Kopi Tikum
Foto Kopi Tikum

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Kyo Coffee

Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee
Foto Kyo Coffee

Coffee Zen

Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?