Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner yang Punya Efek Bikin Kecanduan

List Artikel
28 Desember 2020 | 0 Komentar

Pernah tidak kamu merasa menyukai suatu kuliner tertentu dan terus ingin menyantapnya tanpa ada rasa bosan meski sudah disantap terus menerus. Hal seperti ini dinamakan kecanduan yakni rasa ingin terus menyantap suatu kuliner tanpa merasa bosan. Ada beberapa alasan mengapa kita bisa kecanduan suatu kuliner. Alasan yang pertama adalah karena memang kita sangat menyukai kuliner tersebut. Sedangkan alasan yang kedua bisa dikarenakan kuliner tersebut memberikan suatu efek khusus ketika kita menyantapnya seperti bisa meningkatkan mood, melepaskan stres, dan lain sebagainya. Ada sekitar lima kuliner yang ternyata punya efek bikin nagih. Tak hanya karena kelezatannya, tapi juga karena kandungan dan senyawa di dalamnya, yaitu:


1. Kopi



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner pertama yang punya efek kecanduan adalah kopi. Kopi diketahui memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi sehingga bisa membuat kita mudah kecanduan. Ditambah lagi, kopi bisa menimbulkan efek menenangkan tubuh, memperkuat konsentrasi, hingga melepaskan stres. Jika dikonsumsi setiap hari, kopi akan menimbulkan efek kecanduan. Sebenarnya minuman ini tidak masalah jika dikonsumsi setiap harinya, asalkan kamu mengonsuminya tanpa tambahan apapun seperti gula atau krim.


2. Es Krim



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner kedua yang bisa membuat kita kecanduan adalah es krim. Es krim diketahui memiliki efek bisa membangkitkan mood yang sedang sedih serta meredakan stres. Kadar gula dalam es krim yang tinggi ternyata tak hanya bisa mengubah mood jadi lebih baik, tapi juga bisa memberi efek kecanduan bagi orang yang menyantapnya. Kandungan gula dalam es krim diketahui bisa melepaskan hormon adrenalin dan berdampak pada rasa kecanduan. Selain rasa manis pada es krim, cita rasanya yang beragam membuat kita tidak akan pernah bosan menyantapnya.


3. Keripik Kentang



Sumber: Detik.net.id


Selanjutnya ada keripik kentang yang sudah pasti bikin siapapun ketagihan. Ada beberapa alasan mengapa keripik kentang bisa bikin ketagihan. Alasan yang pertama adalah karena cita rasa asinnya yang bisa membangkitkan hormon endorfin dalam tubuh seseorang dan tekstur gurih renyahnya yang bisa membangkitkan selera makanmu. Keripik kentang yang punya beragam varian rasa alias bukan yang original akan memiliki efek kecanduan yang lebih tinggi dibanding keripik kentang dengan rasa original karena cita rasanya jauh lebih gurih.


4. Minuman Bersoda



Sumber: Kompas.com


Kuliner selanjutnya yang punya efek membuat kita kecanduan adalah minuman bersoda. Minuman bersoda memiliki sensasi dingin dan menyegarkan, apalagi jika diminum saat cuaca terik atau diminum pada saat menyantap makanan cepat saji atau junkfood. Hal ini dikarenakan minuman bersoda memiliki kandungan kafein di dalamnya, meski kafeinnya tidak sebanyak kopi. Saat mengonsumsi soda, akan ada adrenalin yang dilepaskan sehingga membuat kita terasa bersemangat dan bahagia. Hal ini akan menimbulkan efek kecanduan.


5. Cokelat



Sumber:  Pergikuliner.com


Kuliner yang terakhir adalah cokelat. Cokelat memiliki kandungan kafein yang bisa membuat kita ketagihan. Dalam cokelat terdapat kandungan theobromine dan enkephalin yang bisa mendorong rasa ingin mencicip. Tak hanya itu saja, dalam jenis cokelat seperti milk chocolate dan white chocolate yang memiliki kandungan gula di dalamnya akan memberikan efek ketagihan saat menyantapnya.


Meskipun enak, namun teman kuliner harus memperhatikan kadar mengonsumsi kuliner-kuliner di atas ya. Karena, kuliner di atas juga bisa memiliki efek samping yang dapat merugikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Nah, buat teman kuliner yang mau makan kuliner di atas seperti kopi, cokelat dan sebagainya langsung aja cek rekomendasi tempatnya dari PergiKuliner di bawah ini.

Harlan + Holden Because Coffee

Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee

Haagen - Dazs

Foto Haagen - Dazs
Foto Haagen - Dazs
Foto Haagen - Dazs

Chocolate Origin

Foto Chocolate Origin
Foto Chocolate Origin
Foto Chocolate Origin

Potato Corner

Foto Potato Corner
Foto Potato Corner
Foto Potato Corner

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?