Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Keju Asal Finlandia yang Gurihnya Menggoda

List Artikel
20 Desember 2020 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dalam masakan Barat. Keju memiliki cita rasa yang gurih sehingga cocok dipadukan dengan kuliner apa saja, mulai dari appetizer,maincourse, hingga untuk dessert. Salah satu negara yang memiliki keju terbaik adalah Finlandia. Negara yang terletak di Eropa Utara ini masuk dalam jajaran negara penghasil keju terbaik di dunia. Keju diproduksi secara turun temurun di negara ini dan kebanyakan diproduksi secara tradisional. Jika selama ini kita hanya mengenal keju cheddar dan mozarella yang sangat populer di Indonesia, di Finlandia ada lima jenis keju terbaik yang bisa kamu icip, yaitu:

 

1. Keju Oltermanni



Sumber: Ytimg.com


Keju asal Finlandia yang pertama adalah keju oltermanni yang punya aroma sangat wangi. Keju oltermani murni dibuat dari susu sapi sehingga memiliki tekstur yang sangat lembut dan creamy sehingga cocok dipadukan dengan roti atau sup. Saking lembutnya, keju oltermanni ini juga cocok dijadikan olesan karena memang teksturnya mirip mentega. Selain dipadukan dengan makanan, teman kuliner juga bisa menyantapnya begitu saja bersama dengan wine.


2. Keju Aura



Sumber: Healthbenefitstimes.com


Keju aura adalah salah satu jenis keju Finlandia yang asalnya dari kota Turku dan sudah ada sejak tahun 1935. Menjadi salah satu jenis keju klasik, keju aura ini punya tampilan mirip dengan blue cheese karena warnanya putih kekuningan dengan bintik-bintik biru yang mengelilinginya. Aromanya sangat tajam dan kuat dengan cita rasa gurih dan keju aura memiliki tekstur yang lembut. Keju aura biasa disantap dengan ikan atau dijadikan sup.


3. Keju Lappi



Sumber: Russianfoodusa.com


Keju lappi merupakan jenis keju asal Finlandia yang juga tak kalah populernya dari jenis keju lainnya. Keju lappi memiliki bentuk kotak panjang dengan tekstur yang lembut dengan bagian di dalamnya terdapat lubang-lubang kecil. Keju ini dinamakan keju lappi karena memang daerah asalnya dari kota Lapland. Keju lappi paling sering disantap begitu saja dengan cara diiris-iris lalu dinikmati bersama wine. Tapi selain disantap begitu saja, keju lappi juga cocok dinikmati dengan roti.


4. Keju Turunmaa



Sumber: Cookopedia.co.uk


Keju turunmaa adalah keju asal Finlandia yang termasuk dalam jajaran keju klasik dikarenakan keju ini sudah ada sejak abad ke-16. Keju ini pada mulanya ada di bagian barat Finlandia, tepatnya di kota Turku, lalu menyebar ke seluruh penjuru Finlandia. Keju turunmaa punya bentuk bulat pipih dengan tekstur creamy dan aroma yang sangat tajam. Proses pembuatan keju ini terbilang cukup lama karena berlangsung hingga tujuh minggu lebih.


5. Keju Leipajuusto



Sumber: Rw-3.com


Terakhir ada keju leipajussto yang bisa dikatakan merupakan jenis keju asal Finlandia yang teksturnya cukup unik. Keju leipanjuusto punya tekstur agak keras dan kenyal karena setelah difermentasi, keju ini akan dikeringkan terlebih dahulu. Cita rasa dari keju leipajuusto cukup gurih dengan perpaduan sedikit rasa manis. Hal ini dikarenakan keju leipajussto dibuat dari campuran susu kambing, sapi, dan rusa. Berhubung ada tahapan pengeringan, keju leipajussto bisa tahan hingga bertahun-tahun lamanya.


Sekarang teman kuliner sudah tahu kan lima jenis keju asal Finlandia yang gurihnya menggoda? Ternyata banyak juga ya jenis keju. Beberapa diantara teman kuliner pasti hanya tau keju mozaella dan cheddar aja nih. Semoga ulasan ini bisa membantu menambah wawasan kamu dengan dunia kuliner ya. Dan buat teman kuliner yang ingin mencicipi makanan dengan aneka olahan keju enak, langsung aja datengin tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Hokkaido Baked Cheese Tart

Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart
Foto Hokkaido Baked Cheese Tart

Richeese Factory

Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory
Foto Richeese Factory

Ohayou! Cheese Toast

Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast
Foto Ohayou! Cheese Toast

Blu Cheese Tea

Foto Blu Cheese Tea
Foto Blu Cheese Tea
Foto Blu Cheese Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?