Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Babi Tradisional Khas Indonesia yang Paling Enak

List Artikel
25 Juli 2020 | 0 Komentar

Babi merupakan salah satu hewan yang dagingnya bisa diolah menjadi beragam kuliner lezat. Daging babi pada dasarnya memiliki lemak yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa daging babi punya cita rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih kenyal. Di Indonesia sendiri daging babi memang agak sulit dijumpai jika dibandingkan dengan daging sapi atau ayam. Meski sulit dijumpai, daging babi di Indonesia diolah menjadi beragam kuliner tradisional yang pastinya punya cita rasa enak. Buat kamu yang ingin tahu ada olahan babi khas Indonesia apa saja, cek langsung di bawah ini yuk!


1. Se’i dari NTT



Sumber: Pergikuliner.com


Pertama ada se’i yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Se’i ini sangat terkenal sebagai olahan babi khas Indonesia karena memang cita rasanya unik dan punya aroma khas. Se’i dibuat dari daging babi yang dimasak dengan cara diasapi dengan kayu bakar hingga matang. Oleh karena itu aroma asapnya sangat terasa. Se’i bisa disantap begitu saja atau dipadukan dengan nasi putih hangat dan sambal mentah.


2. Babi Panggang Karo dari Sumatera Utara



Sumber: Idntimes.com


Sumatera Utara memang terkenal akan aneka olahan babinya. Salah satunya adalah babi panggang yang berasal dari Karo. Babi panggang karo ini sudah pasti dimasak dengan cara dipanggang. Tapi sebelum dipanggang, daging sudah dibumbui terlebih dahulu sehingga cita rasanya jadi tambah lezat. Daging panggang karo biasanya disajikan bersama dengan campuran daun kincong dan singkong yang dihaluskan.


3. Pa’piog Bai dari Toraja



Sumber: Indonesia.go.id


Untuk olahan babi tradisional khas Toraja yang satu ini memang berbeda, baik itu dari tampilan maupun cita rasanya. Pa’piogbai terbuat dari bahan dasar daging babi yang sudah dipotong-potong lalu dicampur dengan parutan kelapa dan rempah kemudian dibalut dengan daun miana. Cita rasanya sangat unik dan lebih gurih karena ada campuran kelapa di dalamnya. Sedangkan untuk aromanya jauh lebih wangi.


4. Babi Guling khas Bali



Sumber: Imagekit.io


Berbicara tentang olahan babi tradisional khas Indonesia pasti tak akan luput dari kuliner yang bernama babi guling khas Bali. Kuliner ini tak hanya terkenal dan disukai masyarakat Indonesia saja, tetapi juga para turis asing. Babi guling dibuat dari anak babi yang bagian dalam perutnya dikosongkan terlebih dahulu baru kemudian diisi dengan aneka sayuran dan rempah-rempah lalu dibakar atau dipanggang di atas bara api dalam keadaan utuh tapi pada saat disajikan dalam bentuk irisan yang ditata di atas nasi putih hangat dan aneka lauk pauk lainnya.


5. Babi Rica-rica khas Manado



Sumber: Tokopedia.net


Terakhir ada babi rica-rica yang asalnya dari Manado yang pastinya akan disukai para penggemar masakan pedas. Babi rica-rica ini dibuat dari daging babi yang sudah diiris kotak-kotak panjang lalu dimasak dengan bumbu rica-rica yang sangat pedas. Babi rica-rica ini sangat kaya akan rempah sehingga aromanya wangi. Babi rica-rica paling enak disantap bersama dengan nasi putih hangat.


Itulah beberapa olahan babi tradisional khas Indonesia yang punya cita rasa sangat enak. Dari kelimanya ini, manakah yang sudah pernah kamu coba? Atau kamu ingin mencoba lima kuliner di atas? Bisa nih mampir ke tempat-tempat di bawah ini!

Sate Babi Bawah Pohon

Foto Sate Babi Bawah Pohon
Foto Sate Babi Bawah Pohon
Foto Sate Babi Bawah Pohon

Depot Gimbo Babi Asap

Foto Depot Gimbo Babi Asap
Foto Depot Gimbo Babi Asap
Foto Depot Gimbo Babi Asap

Babi Guling Ko Made

Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made

Nasi Akwang

Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang
Foto Nasi Akwang

Nedhise'i

Foto Nedhise'i
Foto Nedhise'i
Foto Nedhise'i

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?