Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Agar Stok Makanan Lebih Awet dan Tak Cepat Habis Selama Pandemi

List Artikel
26 Juli 2020 | 0 Komentar

Pandemi Covid-19 sepertinya masih saja menghantui dunia. Sejak kemunculannya di awal tahun 2020, pandemi ini masih saja terus berlangsung hingga saat ini di pertengahan tahun 2020. Pandemi Covid-19 membuat semua orang tidak bisa dengan bebas melakukan kegiatan di luar rumah seperti biasa karena kita dianjurkan untuk meminimalisasi pergi ke luar rumah jika bukan karena hal yang sifatnya mendesak. Hal ini membuat kita mau tak mau menyetok bahan makanan di rumah agar tidak sering-sering keluar rumah. 

Menyetok makanan memang terdengar mudah, tapi pada kenyataannya tak sedikit dari kita yang kurang ahli melakukannya sehingga bahan makanan cepat habis atau mudah basi padahal belum waktunya berbelanja lagi. Aga nantinya stok makanan jadi lebih awet dan tidak cepat habis, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:



Sumber: Blog.kulina.id 


Selalu Cek Stok Bahan Makanan Sebelum Membeli

Hal yang pertama adalah selalu mengecek semua stok bahan makanan sebelum membeli atau berbelanja. Ini dilakukan agar kamu bisa membeli apa saja yang diperlukan dan tidak perlu membeli bahan yang masih ada atau tidak dibutuhkan. Buatlah daftar barang belanjaan untuk mempermudah pada saat berbelanja dan perhitungkan biaya yang dibutuhkan.


Beli Bahan-bahan yang Sudah Sering Dibeli

Selanjutnya adalah membeli bahan-bahan yang sudah sering dibeli. Jadi hindari untuk membeli bahan makanan yang belum atau jarang kamu beli sebelumnya. Ini untuk menghindari bahan makanan yang terbuang sia-sia karena kamu tidak terbiasa menggunakannya sehingga bahan tidak terpakai dan terbuang karena basi atau sudah tidak bisa dipakai lagi.


Buat Daftar Menu Makanan yang Akan Dimasak

Untuk mempermudah agar stok makanan lebih awet dan tak cepat basi, coba buatlah daftar menu makanan terlebih dahulu. Untuk urutannya, selalu dahulukan bahan makanan yang cepat busuk. Sedangkan untuk bahan makanan yang lebih tahan lama dimasak belakangan. Dengan begitu, bahan makanan tidak ada yang terbuang dan bisa digunakan dengan baik.


Simpan Bahan Makanan yang Bervariasi

Salah satu trik menyimpan stok makanan agar lebih awet adalah dengan menyimpan makanan yang lebih bervariasi. Hal ini dilakukan agar nantinya kita tidak mudah bosan untuk menyantap makanan yang itu-itu saja. Misalkan saja untuk bahan makanan pokok, jangan cuma menyetok beras saja, tetapi kamu juga bisa menyetok pasta, kentang, atau jagung.


Beli Bahan Makanan yang Masih Utuh

Ini adalah satu trik yang tidak banyak diketahui orang. Jika ingin menyetok makanan, terutama buah dan sayur, belilah yang masih dalam keadaan utuh alias belum terpotong-potong. Bahan makanan yang sudah terpotong-potong bisa membuat makanan mudah terkontaminasi bakteri sehingga bisa cepat basi. Bahan makanan yang sudah terpotong juga akan memotong usia ketahanannya. Tak hanya berlaku pada buah dan sayur saja, hal ini juga berlaku pada ayam dan ikan.


Beli Buah dan Sayur dengan Tingkat Kematangan Berbeda

Masih dengan sayur dan buah, jika ingin menyetoknya dalam waktu lama, pilihlah dengan tingkat kematangan yang berbeda. Dengan begitu, bahan makanan yang sudah matang bisa dimasak terlebih dahulu, sementara untuk bahan makanan yang belum matang bisa dibiarkan hingga matang dan baru dimasak di kemudian hari. Kalau buah dan sayur dibeli dengan kematangan yang sama, maka akibatnya sebagian akan mudah busuk.


Pilih Makanan yang Harus Disimpan di Kulkas vs Tidak

Tips yang terakhir adalah memilah mana makanan yang harus disimpan dalam kulkas dan mana yang tidak perlu dimasukkan kulkas. Jadi pahami bagaimana cara menyimpan masing-masing makanan dengan baik. Jangan sampai makanan yang seharusnya tidak disimpan di kulkas, tapi kamu simpan di kulkas, begitu juga sebaliknya. Hal ini dapat mengakibatkan makanan mudah basi. Misalkan saja untuk kentang lebih baik disimpan di suhu ruangan yang kering. Sementara untuk sayuran hijau letakkan di dalam kulkas agar tetap segar.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja tips-tips dalam menyimpan stok makanan agar lebih awet selama pandemi ini. Jadi, mulai sekarang tak perlu repot sering-sering keluar rumah ya!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Selasih by Dapur Mamih

Foto Selasih by Dapur Mamih
Foto Selasih by Dapur Mamih
Foto Selasih by Dapur Mamih

Ayam Suwir Wara Wiri

Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?