Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Sosis Khas Jerman yang Serupa Tapi Rasanya Tak Sama

List Artikel
26 Juli 2020 | 0 Komentar

Sosis merupakan salah satu olahan daging yang memiliki ciri khas unik sehingga mudah dikenali. Bentuknya yang panjang seperti pipa memang menjadi ciri khasnya sehingga mudah dikenali. Sosis dibuat dari bahan dasar daging cincang atau daging giling, bisa berupa daging sapi, ayam, hingga babi. Daging giling tersebut nantinya akan dicampur dengan lemak hewan dan dibumbui dengan beragam macam rempah lalu dimasukkan ke dalam pembungkusnya yang terbuat dari usus hewan yang sudah dibersihkan hingga bersih. Tapi saat ini sosis kebanyakan dengan bahan sintesis. Setelah sosis dimasukkan dalam pembungkusnya, biasanya sosis akan dimasak terlebih dahulu. Bisa dengan cara direbus, dipanggang, atau diasapi hingga matang. Berhubung memiliki bentuk yang sama, kita seringkali menganggap semua sosis sama. Padahal sosis punya banyak jenisnya. Negara asal sosis, yakni Jerman memiliki lima jenis sosis yang paling populer, yaitu:

 

1. Knackwurst



Sumber: Blueapron.com


Pertama ada sosis knakwurst yang paling umum di pasaran. Sosis ini memiliki tampilan warna luar yang agak orange dengan bentuk agak besar. Knackwurst dibuat dari bahan dasar daging sapi dan daging babi giling yang dicampur menjadi satu lalu dibumbui dengan garam dan bawang putih lalu dimasukkan ke dalam kulit transparan lalu dimasak dengan cara diasapi hingga berhari-hari di atas kayu eksehingga aroma smoky sangat terasa.


2. Bratwurst



Sumber: Wikimedia.org


Nama sosis yang satu ini mungkin tak asing lagi terdengar karena cukup populer di dunia. Bratwurst merupakan sosis yang dibuat dari bahan dasar daging sapi muda yang dicampur dengan sedikit daging babi. Setelah dibumbui dan dimasukkan dalam pembungkusnya, bratwurst kemudian dimasak dengan cara dipanggang atau goreng. Cara penyajiannya sebenarnya bisa disantap begitu saja, tetapi kebanyakan disajikan bersama dengan roti atau dijadikan isian hotdog.


3. Weisswurst



Sumber: Meatsandsausages.com


Weisdwurst dari tampilannya sangat mudah dikenali karena memiliki warna yang jauh lebih pucat jika dibandingkan dengan jenis sosis Jerman lainnya. Warnanya agak keputihan dengan bintik-bintik di dalamnya. Sosis ini dibuat dari daging sapi muda yang dicampur dengan bacon lalu dibumbui dengan banyak rempah. Beberapa rempah yang digunakan adalah bawang putih, jahe, kapulaga, pala, peterseli, dan ada sedikit perasan lemon. Cita rasanya sudah pasti sangat kaya akan rempah dan aromanya wangi.


4. Frankfurter


Sumber: Gridironmeat.co.uk


Selanjutnya ada frankfurter yang sangat populer di Eropa karena seringkali dijadikan sebagai menu sarapan yang disantap bersama dengan telur mata sapi, salad kentang, serta roti. Untuk menyantapnya bisa disantap begitu saja, tapi kebanyakan orang mencocolnya dengan mustard dan mayonaise. Ciri khas dari sosis ini adalah bentuknya yang lebih panjang dan ukurannya lebih kurus. Frankfurter dibuat dari bahan dasar daging babi cincang yang kadamg dicampur dengan daging babi atau daging kalkun.


5. Teewurst


Sumber: Bringmeister.de


Terakhir ada teewurst yang ukurannya lebih pendek tapi lebih berisi alias bentuknya lebih gemuk. Untuk bahan pembuatnya, teewurst dibuat dari bahan utama daging babi cincang, lemak babi, dan bacon babi yang kemudian dibumbui dengan rempah lalu diasapi di atas kayu beech. Ciri khas dari sosis ini adalah teksturnya yang kenyal, tidak seperti tampilannya yang terlihat padat. Hal ini dikarenakan komposisi lemak babi yang digunakan bisa mencapai 40 persen sehingga teksturnya lebih kenyal.


Terlihat lezat bukan sosis-sosis di atas? Meski terlihat sama bentuknya, tapi rasanya sangat berbeda. Dari kelimanya ini, kira-kira mana yang paling enak?

Ya Udah Bistro

Foto Ya Udah Bistro
Foto Ya Udah Bistro
Foto Ya Udah Bistro

Die Stube Germany Resto & Bar

Foto Die Stube Germany Resto & Bar
Foto Die Stube Germany Resto & Bar
Foto Die Stube Germany Resto & Bar

Tapas Club

Foto Tapas Club
Foto Tapas Club
Foto Tapas Club

Nidcielo

Foto Nidcielo
Foto Nidcielo
Foto Nidcielo

Basic Instinct Culinary

Foto Basic Instinct Culinary
Foto Basic Instinct Culinary
Foto Basic Instinct Culinary

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?