Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kreasi Lontong khas Nusantara yang Jadi Makanan Favorit

List Artikel
13 Agustus 2020 | 0 Komentar

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti mengenal apa itu lontong?. Lontong merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang dan berbentuk padat. Di Indonesia kita mudah sekali menemukan lontong dalam sajian kuliner khas Nusantara karena lontong juga dijadikan pengganti nasi. Jadi, kalau kamu malas memakan nasi, lontong bisa jadi salah satu alternatifnya nih. Nah, ngomongin soal kuliner Nusantara dengan lontong ada beberapa yang terkenal dan favorit sejak dulu loh. Simak penjelasaannya di bawah ini yuk!


1. Lontong Sayur



Sumber : Kompasiana.com


Kuliner kreasi lontong pertama ada lontong sayur yang pasti sudah kita ketahui sebagai kreasi lontong paling terkenal. Lontong sayur biasanya muncul sebagai menu sarapan di beberapa daerah seperti Jakarta. Lontong sayur adalah lontong yang disajikan bersama dengan sayur berkuah santan yang di dalamnya ada kacang panjang, labu, atau irisan pepaya muda. Selain bisa dijumpai sebagai menu sarapan, lontong sayur juga kerap kali dijumpai pada saat hari raya lebaran.


2. Lontong Balap



Sumber: Idntimes.com


Kedua ada lontong balap yang merupakan kuliner khas Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Lontong balap dibuat dari lontong yang diiris-iris lalu diberi tambahan tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, dan sambal. Cita rasa dari lontong balap ini perpaduan antara gurih dan manis. Jika ingin rasanya pedas, kamu bisa menambahkan sambal yang banyak. Sama seperti lontong sayur, lontong balap juga banyak dijumpai sebagai menu sarapan. Tapi ada juga yang lebih suka menyantapnya untuk makan siang.


3. Lontong Kari



Sumber: Detik.net.id


Kita beralih ke lontong kari. Tidak bisa diketahui secara pasti asal usul lontong kari. Ada yang mengatakannya berasal dari Medan, tapi ada juga yang mengatakan asalnya dari Bandung. Lontong kari adalah kuliner yang dibuat dari irisan lontong, tahu, telur, irisan daging (bisa sapi atau ayam), dan siraman kuah kari. Sebelun disajikan, lontong kari diberi taburan bawang goreng dan kerupuk merah. Tidak terdapat banyak perbedaan pada lontong kari Medan dan Bandung. Hanya saja untuk lontong kari Medan biasanya suka ditambahkan bihun.


4. Ketoprak



Sumber: Resepkoki.id


Ketoprak adalah kuliner asal Surakarta, tapi lebih populer di ibu kota Jakarta. Ketoprak biasa muncul pada pagi hari dan malam hari sehingga bisa disantap sebagai menu sarapan maupun makan malam. Ketoprak dibuat dari bahan dasar irisan lontong, tahu, tauge, dan bihun yang disiram dengan saus kacang bercita rasa gurih dan legit. Selain rasanya yang lezat, harganya yang murah dan terjangkau membuat ketoprak semakin digemari masyarakat Indonesia.


5. Rujak Cingur



Sumber: Resepkoki.id


Berikutnya kita lanjut ke rujak cingur yang asalnya dari Surabaya, Jawa Timur. Kuliner ini memang tergolong sangat unik karena menggunakan cingur atau moncong sapi sebagai bahan utamanya. Setelah dibumbui dan direbus hingga matang, cingur ditata di atas piring dan diberi irisan lontong, mentimun, bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, tauge, kangkung, dan kacang panjang. Sebelum disajikan, rujak cingur akan disiram dengan saus khusus yang dibuat dari petis, kacang tanah, cabai, bawang goreng, garam, dan gula Jawa.


Nah, itu dia sajian khas Nusantara dengan lontong sebagai pelengkap utamanya. Dari kelimanya kamu suka yang mana nih, teman kuliner?

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia

Tjikini

Foto Tjikini
Foto Tjikini

Malik & Co

Foto Malik & Co

Ketupat Ci Eng

Foto Ketupat Ci Eng
Foto Ketupat Ci Eng
Foto Ketupat Ci Eng

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?