Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Dessert Manis dan Menyegarkan Khas Singapura

List Artikel
10 Mei 2021 | 0 Komentar

Salah satu negara tetangga yang punya pilihan kuliner enak adalah Singapura. Ada banyak sekali kuliner, termasuk dessert manis dan menyegarkan khas Singapura yang menjadi daya tarik tersendiri saat kamu melancong ke negara yang dijuluki sebagai The Lion City tersebut. Tak berbeda jauh dengan Indonesia, Singapura yang masuk dalam negara Asia Tenggara ini punya iklim yang terbilang cukup panas sehingga tak heran kalau ada beragam pilihan menu kuliner yang menyegarkan sebagai pelepas dahaga saat cuaca sedang terik. Ada banyak dessert manis dan menyegarkan khas Singapura yang sebenarnya bisa Teman Kuliner icip. Tapi dari sekian banyak dessert manis dan menyegarkan khas Singapura, ada lima yang sangat digemari dan banyak diburu oleh turis lokal dan juga mancanegara, yaitu:


1. Ice Kachang Singapura


Sumber: Cookipedia.blogspot.com


Dessert manis dan menyegarkan khas Singapura yang pertama adalah ice kachang Singapura yang dalam bahasa Indonesia berarti es kacang. Kacang yang digunakan dalam sajian menyegarkan ini adalah kacang merah yang sudah direndam terlebih dahulu semalaman lalu direbus bersama dengan gula sehingga rasanya menjadi lebih manis. Tidak hanya kacang merah saja, di dalam ice kachang Singapura ini juga terdapat beragam isian. Mulai dari jelly atau agar-agar, biji nipa, hingga jagung manis pipil. Semua bahan tersebut akan dicampur dengan es serut dan diberi siraman sirup dan susu kental manis. Ice kacang Singapura ini sangat cocok disantap di siang hari setelah makan siang.


2. Cheng Teng


Sumber: Myrotravel.blogspot.com


Cheng teng menjadi dessert manis dan menyegarkan khas Singapura berikutnya yang juga cocok dinikmati di siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya. Cheng teng dari segi tampilan memang tidak semenarik ice kachang Singapura yang memiliki warna-warni cerah. Cheng teng ini memiliki tampilan warna kecoklatan dengan isian kurma, kelengkeng, biji lotus, goji berry, dan jelly atau agar-agar. Semua bahan tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam wadah lalu diberi es serut atau es batu dan air gula sehingga rasanya jadi lebih manis dan legit. Selain bisa dinikmati dalam keadaan dingin, cheng teng ini juga bisa disantap dalam keadaan panas sehingga juga cocok dinikmati sebagai kuliner penghangat tubuh di malam hari.


3. Chendol


Sumber: Danielfooddiary.com


Dessert manis dan menyegarkan khas Singapura yang bisa Teman Kuliner coba berikutnya adalah chendol. Pasti Teman Kuliner sudah mengira kalau dessert ini sama dengan es cendol dari Jawa Barat. Sebenarnya chendol dari Singapura dan Jawa Barat, dua-duanya tak jauh berbeda karena sama-sama dibuat dari tepung beras. Hanya saja, cara menyajikannya ini sangat berbeda. Chendol khas Singapura disajikan bersama dengan kacang merah, es krim vanilla, dan krim jagung. Sebagai pemanisnya, chendol Singapura ini juga diberi siraman gula merah cair.


4. Tang Yuan


Sumber: Li4ngs.wordpress.com


Tang yuan adalah dessert manis dan menyegarkan khas Singapura yang diadaptasi dari kuliner Tiongkok. Singapura merupakan negara yang di dalamnya terdapat banyak imigran, termasuk dari Tiongkok. Inilah yang menjadikan kulinernya mendapat pengaruh besar dari kuliner Tionghoa dan salah satu kuliner tersebut adalah tang yuan. Tang yuan dibuat dari tepung beras ketan yang di dalamnya diberi aneka isian. Mulai dari kacang hingga biji wijen yang dihaluskan. Setelah adonan dibentuk bulat dan diisi, tang yuan kemudian direbus hingga matang lalu kemudian disajikan bersama dengan air gula dan juga es batu.


5. Es Krim Singapura


Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada es krim Singapura yang pastinya sudah sangat kita kenal karena di Indonesia, dessert ini sempat viral dan banyak diburu. Hingga saat ini, kita masih bisa menjumpai gerai es krim Singapura meski jumlahnya tidak sebanyak dulu. Es krim Singapura menjadi sangat populer karena tampilan dan perpaduan rasanya yang unik. Kuliner ini menggabungkan es krim potong dengan roti. Jadi penyajiannya, es krim berbentuk potongan kotak akan diapit oleh roti tawar sehingga tampilannya mirip dengan sandwich. Tak heran kalau es krim Singapura juga sering dijuluki dengan nama es krim sandwich.

 

Aneka dessert khas Singapura di atas terlihat manis dan menyegarkan bukan? Buat Teman Kuliner penyuka dessert manis dan menyegarkan asal Singapura, di bawah ini ada aneka pilihan dessert enak yang bisa disantap sebagai kuliner pencuci mulut.  

Gelato Secrets

Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets
Foto Gelato Secrets

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Maison Tremel

Foto Maison Tremel
Foto Maison Tremel
Foto Maison Tremel

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?