Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Gorengan Berbalut Tepung Panir untuk Menu Berbuka Puasa

List Artikel
26 Maret 2024 | 0 Komentar

Gorengan menjadi salah satu kuliner yang paling sering disantap oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya sebagai camilan, tapi juga sebagai lauk pauk. Gorengan merupakan sebutan untuk aneka kuliner yang dimasak dengan cara digoreng. Baik yang digoreng biasa tanpa baluran hingga yang dibalur dengan tepung krispi maupun tepung panir. Tepung panir kerap kali dijadikan baluran gorengan. Sebelum dibalur tepung panir, biasanya bahan utama akan dibalur dengan adonan tepung basah atau kocokan telur terlebih dahulu. Tepung yang dibuat dari bahan dasar roti ini bisa membuat gorengan terasa sangat krispi. Dari sekian banyak gorengan yang dibalur tepung panir atau tepung roti, ada lima yang paling cocok untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa, yaitu:

 

1. Risoles



Sumber: Pergikuliner.com


Gorengan berbalut tepung panir yang pertama adalah risoles. Risoles dibuat dari bahan dasar adonan kulit yang di dalamnya diisi dengan beragam isian. Beda isian risoles membuat rasanya jadi berbeda. Setelah diisi isian dan dilipat dengan rapi, adonan risol akan dibalur dengan telur yang dikocok dan dilapisi tepung panir sebelum digoreng hingga matang. Dari banyaknya varian risol, ada tiga yang menjadi favorit yaitu isi ragout, bihun sayuran, dan smoked beef yang dipadu dengan telur dan mayones.

 

2. Kroket



Sumber: Jawaranyapedas.com


Kroket menjadi gorengan berbalut panir yang juga cocok untuk menu berbuka. Kroket adalah kuliner adaptasi dari kuliner Belanda. Gorengan ini terbuat dari bahan dasar kentang yang dikukus lalu dihaluskan dan diberi bumbu serta isian. Untuk isian biasanya ada daging cincang, wortel, dan irisan buncis yang sudah ditumis dengan bumbu. Setelah diberi isian, kroket akan dibalur kocokan telur dan digoreng hingga renyah. Meski digoreng renyah, bagian dalam kroket uniknya tetap lembut.

 

3. Roti Goreng



Sumber: Resepmamiku.com


Gorengan yang berbalur tepung panir selanjutnya adalah roti goreng. Roti goreng memiliki dua varian, yakni dengan isian cokelat untuk rasa manis dan isian sayur serta daging untuk rasa asin. Untuk adonan yang digunakan sebenarnya adalah adonan roti biasa yang nantinya akan diisi dengan isian lalu dibentuk bulat dan dibalur dengan tepung panir sebelum digoreng. Dibanding isian sayuran, isian manis lebih disukai untuk menu takjil.

 

4. Tahu Goreng Panir



Sumber: Kompas.com


Tahu goreng tidak akan ketinggalan dari daftar menu berbuka puasa. Indonesia memiliki banyak jenis tahu goreng, mulai dari tahu goreng biasa, tahu goreng tepung krispi, hingga tahu goreng panir. Lapisan tepung panir bisa membuat tekstur dari bagian dalam tahu tetap empuk. Jenis tahu yang digunakan bisa beragam, mulai dari tahu putih, tahu kacang hijau, tahu Bandung, hingga tahu kuning. Sebelum dibalur tepung panir, biasanya tahu akan direndam dengan bumbu khusus sehingga rasanya menjadi lebih sedap.

 

5. Banana Nugget



Sumber: Pergikuliner.com


Gorengan terakhir yang berbalur tepung panir adalah banana nugget atau dikenal juga dengan nama banana crispy. Banana nugget adalah pisang goreng tepung panir yang memiliki tekstur garing. Setelah digoreng hingga matang dan garing, banana nugget bisa disantap begitu saja atau disajikan bersama dengan lelehan cokelat, meses, hingga keju parut untuk menambah rasanya. Camilan ini sempat viral karena banyak artis yang membuka gerai banana nugget di beberapa pusat perbelanjaan.

 

Dari kelima gorengan berbalut tepung panir yang ada di atas, manakah yang paling sering kamu santap? Buat kamu yang ingin menyantap gorengan berbalut tepung panir, langsung cek saja rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Kenari Cakery

Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?