Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Hidangan Saus Padang yang Disukai Masyarakat Indonesia

List Artikel
25 September 2023 | 0 Komentar

Hidangan saus Padang menjadi salah satu kuliner yang banyak penggemarnya. Sesuai dengan namanya, saus Padang merupakan bumbu yang berasal dari Minangkabau, Padang. Uniknya, saus Padang ini merupakan hasil campuran dari beragam kuliner. Jadi, tidak hanya kuliner Minangkabau saja, melainkan juga ada unsur kuliner Tionghoa, dan juga kuliner Barat. Saus Padang dibuat dengan menggunakan bumbu dasar balado seperti bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit. Setelah bumbu dasar balado dihaluskan, bumbu akan ditumis hingga matang. Kemudian ditambahkan saus tiram yang berasal dari Tionghoa serta saus sambal dan saus tomat dari Barat. Menjadi bumbu masakan yang banyak digemari, ada beberapa hidangan saus Padang yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Mari kita simak di bawah ini!

 

1. Cumi Saus Padang



Sumber: pergikuliner.com


Hidangan saus Padang yang pertama adalah cumi saus Padang. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar cumi segar yang sudah dicuci hingga bersih lalu dipotong-potong agak besar. Setelah itu, cumi dimasak dengan bumbu saus Padang. Waktu yang dibutuhkan utnuk memasak cumi saus Padang ini tidaklah lama. Pasalnya, jika dimasak semakin lama maka tekstur cumi akan semakin alot sehingga tidak enak saat disantap. Cumi saus Padang memiliki rasa yang gurih asin dengan tekstur yang kenyal.

 

2. Udang Saus Padang



Sumber: resepkoki.id


Selain cumi saus Padang, ada udang saus Padang yang menjadi favorit banyak orang. Udang saus Padang dibuat dari bahan dasar udang yang sudah dibersihkan dan dicuci lalu dimasak dengan bumbu saus Padang. Biasanya, bagian kepala udang akan dibuang, sedangkan kulit dan ekornya tetap dibiarkan. Jenis udang yang digunakan bisa berupa udang apa saja. Tapi kebanyakan menggunakan udang yang berukuran sedang hingga besar seperti udang peci, udang galah, udang pancet, hingga udang vaname. Meski demikian, ada juga yang menggunakan jenis udang berukuran kecil.

 

3. Kepiting Saus Padang



Sumber: pergikuliner.com


Selanjutnya, ada kepiting saus Padang. Kepiting saus Padang selalu muncul di menu favorit restoran seafood. Kepiting saus Padang dibuat dengan menggunakan kepiting yang masih segar lalu dibumbui dengan bumbu saus Padang. Jenis kepiting yang banyak digunakan dalam hidangan saus Padang adalah kepiting soka, kepiting rajungan, hingga kepiting bakau. Kepiting saus Padang memiliki rasa yang tidak hanya gurih, tetapi juga ada campuran rasa manis di dalamnya. Karena jika menggunakan kepiting segar maka rasa dari daging kepiting akan lebih manis saat dimasak.

 

4. Kerang Saus Padang



Sumber: okezone.com


Masih dengan hidangan saus Padang, ada kerang saus Padang yang juga sangat disukai masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis kerang yang bisa dimasak dengan bumbu saus Padang, tapi yang paling umum digunakan adalah kerang dara dan kerang hijau. Sebenarnya masih ada jenis kerang lainnya yang bisa digunakan untuk hidangan ini. Namun, kedua jenis kerang tersebut menjadi favorit banyak orang karena memiliki daging yang lebih kenyal dan manis.

 

5. Ayam Popcorn Saus Padang



Sumber: cookpad.com.dinekitchen


Hidangan saus Padang yang terakhir adalah ayam popcorn saus Padang. Tidak hanya seafood yang juga cocok dimasak dengan bumbu saus Padang, ayam pun juga cocok dan terasa sedap saat dipadukan dengan saus Padang. Ayam popcorn saus Padang dibuat dari bahan dasar ayam filet, bisa berupa dada ataupun paha. Sesuai namanya, daging ayam dipotong kecil-kecil terlebih dulu menyerupai popcorn. Lalu setelah dipotong kecil-kecil, ayam akan dibalur tepung dan digoreng hingga matang dan keemasan. Setelah matang, ayam popcorn pun dibalur dengan saus Padang.

 

Itulah beberapa hidangan saus Padang yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka? Jika kamu ingin menyantap hidangan saus Padang atau hidangan khas Indonesia lainnya, kamu bisa kunjungi beberapa rekomendasi tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan di bawah ini!

Cak Ghofur Seafood

Foto Cak Ghofur Seafood
Foto Cak Ghofur Seafood
Foto Cak Ghofur Seafood

Cabe Ijo Live Seafood

Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood
Foto Cabe Ijo Live Seafood

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Pondok Kemangi

Foto Pondok Kemangi
Foto Pondok Kemangi
Foto Pondok Kemangi

Sentosa Seafood

Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood
Foto Sentosa Seafood

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?