Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Isian Rabokki yang Jadi Street Food Korea Favorit

List Artikel
7 Mei 2023 | 0 Komentar

Rabokki adalah salah satu kuliner khas Korea yang namanya sudah tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Rabokki merupakan kuliner yang dikenal sebagai street food karena memang banyak dijual di pinggir jalan atau kedai tenda yang buka di pinggir jalan saat malam hari. Rabokki memiliki ciri khas tampilan warna yang kemerahan karena memiliki rasa yang cukup pedas. Di dalamnya terdapat campuran bubuk cabai dan gochujang atau pasta cabai khas Korea. Meski rasa pedasnya dominan, ada campuran sedikit rasa manis di dalamnya sehingga rasanya menjadi lebih kompleks. Rabokki ini memiliki banyak isian di dalamnya sehingga meski dikategorikan dalam jenis camilan, kamu pasti akan merasa kenyang setelah menyantapnya. Ada lima isian rabokki yang wajib ada, yaitu:

 

1. Tteok



Sumber: mykoreankitchen.com


Isian rabokki yang pertama adalah tteok. Tteok adalah kue beras yang dibuat dari bahan dasar tepung beras lalu dibentuk berukuran memanjang seperti pipa. Ciri khas dari tteok selain bentuknya yang seperti silinder panjang ialah warnanya yang putih dengan tekstur yang sangat kenyal dan agak lengket. Tteok pada rabokki akan direbus bersama dengan saus gochujang dan kaldu ikan hingga mengembang. Tekstur dari tteok sangat kenyal dengan rasa yang agak hambar sehingga cocok dimasak bersama saus gochujang.

 

2. Ramyun



Sumber: pixabay.com


Namanya juga rabokki, sudah pasti harus ada mie ramyun di dalamnya. Nama rabokki diambil dari singkatan kata ramyun dan tteokbokki. Jadi, dua komponen wajib di dalamnya adalah ramyun dan tteok. Ramyun ditambahkan setelah memasukkan tteok karena ramyun mudah matang. Jika dimasukkan bersama dengan tteok, maka teksturnya menjadi agak lembek dan kekenyalannya berkurang karena terlalu matang. Selain menggunakan ramyun kemasan, rabokki juga bisa dibuat dengan tambahan mie telur biasa yang tampilan dan teksturnya serupa.

 

3. Fish Cake



Sumber: crazykoreancooking.com


Selanjutnya ada fish cake yang juga menjadi isian rabokki. Fish cake merupakan olahan ikan yang berbentuk seperti lembaran. Ikan yang digunakan bisa beragam, tapi kebanyakan fish cake asli Korea menggunakan ikan laut sehingga lebih gurih. Ikan yang digunakan harus dihaluskan lalu diberi campuran seperti tepung dan parutan wortel. Fish cake yang dicampur ke dalam rabokki harus dipotong persegi panjang seukuran jari telunjuk sehingga memudahkan kita saat menyantapnya.

 

4. Telur



Sumber: redcliffelabs.com


Telur juga menjadi isian rabokki yang wajib ada. Telur yang ditambahkan adalah telur yang direbus lalu dikupas cangkangnya sebelum dicampur ke dalam adonan rabokki. Jenis telur yang dipilih, bisa berupa telur ayam ataupun telur burung puyuh yang isinya lebih kecil. Penggunaan telur pada isian rabokki bukan karena tanpa alasan. Telur ditambahkan pada rabokki untuk meredam rasa pedas yang dirasakan saat menyantap rabokki.

 

5. Keju



Sumber: spinneyfields.com


Isian rabokki yang terakhir adalah keju. Keju sebenarnya bukan tambahan wajib pada rabokki, tetapi banyak orang belakangan ini mulai gemar menambahkan keju pada saat penyajian rabokki. Keju yang ditambahkan adalah jenis keju mozarella yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum disajikan. Selain keju mozarella, jenis keju cheddar kuning juga bisa dipilih karena mudah meleleh. Penambahan keju bisa menambah rasa dari rabokki sehingga terasa lebih asin dan gurih. Jika ditambahkan keju, rabokki harus segera disantap karena kalau dibiarkan dingin maka tekstur melelehnya akan hilang.

 

Itulah beberapa isian rabokki yang bisa membuat santapan kuliner khas Korea ini menjadi lebih enak. Buat kamu yang ingin mencicip aneka kuliner khas Korea, beberapa rekomendasi tempat makan di bawah ini bisa kamu datangi!

Kini Korean Bistro

Foto Kini Korean Bistro
Foto Kini Korean Bistro
Foto Kini Korean Bistro

88 Korean Kitchen

Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen
Foto 88 Korean Kitchen

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

Ottoke Kape

Foto Ottoke Kape
Foto Ottoke Kape
Foto Ottoke Kape

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?