Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Tradisional Khas Malang yang Wajib Dicoba

List Artikel
15 September 2023 | 0 Komentar

Mencicip jajanan tradisional khas Malang merupakan salah satu agenda wajib yang dilakukan para pecinta kuliner saat pergi berlibur ke Malang. Malang dikenal termasuk dalam kota destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan  ada banyak tempat wisata di Malang yang bisa didatangi. Mulai dari tempat wisata alam, kekinian, edukasi, hingga wisata kuliner pastinya. Salah satu kuliner khas kota Malang adalah bakso Malang atau yang juga dikenal dengan nama bakwan Malang. Lalu ada cwie mie, pecel pincuk, sego goreng mawut, dan masih banyak lagi. Tapi selain makanan yang mengenyangkan, ada jajanan tradisional khas Malang yang cocok dicicip saat sedang bersantai dan ingin ngemil. Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi jajanan tradisional khas Malang yang bisa kamu coba!

 

1. Bakso Bakar



Sumber: instagram.com/susie.agung


Jajanan tradisional khas Malang yang pertama adalah bakso bakar. Bakso bakar sudah sangat dikenal sebagai jajanan kaki lima di Malang yang tidak hanya disukai oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa. Bakso bakar dibuat dari bahan dasar bakso yang ditusuk lalu dilumuri dengan saus yang dibuat dari campuran kecap, margarin, dan sambal. Barulah kemudian dibakar hingga matang dan mengeluarkan aroma wangi. Bakso bakar bisa disantap begitu saja atau disantap dengan kuah.

 

2. Putu Lanang



Sumber: pusakapusaka.com


Putu lanang merupakan jajanan tradisional khas Malang lainnya yang bisa kamu cicip. Putu lanang ini termasuk dalam jajanan kaki lima dan juga jajanan malam karena pedagangnya biasanya mulai menjual dari sore hingga malam hari. Putu lanang diketahui mulai ada sejak tahun 1930-an dan hingga saat ini masih bisa dengan mudah dijumpai di gerobak pinggir jalan atau keliling. Putu lanang dibuat dari bahan dasar tepung beras yang di dalamnya diisi gula merah lalu dikukus hingga matang.

 

3. Ketan Bubuk



Sumber: pergikuliner.com


Berikutnya, ada ketan bubuk yang punya rasa unik dan berbeda karena adanya taburan kacang kedelai bubuk yang ada di atasnya. Ketan bubuk merupakan jajanan tradisional khas Malang yang dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan santan dan sedikit garam. Setelah matang, ketan akan diberi taburan kelapa parut dan di atasnya nanti akan ditambahkan bubuk kacang kedelai. Rasa dari ketan bubuk ini sangat gurih, asin, dan ada sedikit rasa manis dari kelapa parutnya.


4. Angsle



Sumber: resepdapur69.web.app


Angsle merupakan salah satu jajanan tradisional khas Malang yang banyak dikonsumsi di malam hari karena disajikan dalam keadaan hangat sehingga cocok untuk menghangatkan badan. Angsle dibuat dari aneka bahan-bahan campuran, mulai dari putu mayang, mutiara, kacang hijau, ketan putih kukus, tape singkong, kacang tanah, dan roti tawar yang dipotong kotak. Setelah semua bahan diletakkan di dalam mangkok, barulah disiram kuah. Kuah ini dibuat dari bahan dasar santan kelapa yang dimasak dengan jahe, daun pandan, gula pasir, dan sedikit garam.

 

5. Mendol



Sumber: modern.id


Mendol menjadi jajanan tradisional khas Malang yang juga termasuk dalam camilan untuk disantap sore hari. Mendol bisa dengan mudah kamu jumpai, baik itu di rumah makan hingga tukang gorengan pinggir jalan. Mendol dibuat dari bahan dasar tempe yang dilumatkan hingga halus lalu dicampur dengan aneka bumbu rempah. Setelah itu, dibentuk lonjong sebesar kepalan tangan dan didiamkan sebentar agar bentuknya memadat. Lalu setelahnya bisa digoreng hingga matang.

 

Itulah beberapa jajanan tradisional khas Malang yang wajib kamu coba, terutama saat sedang berlibur ke kota Malang. Dari semua jajanan tradisional khas Malang, manakah yang paling kamu ingin santap? Buat kamu yang sedang mencari aneka jajanan tradisional khas Indonesia, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat di bawah ini!

Angsley

Foto Angsley
Foto Angsley
Foto Angsley

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar
Foto Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Putu Pisang Cibadak

Foto Putu Pisang Cibadak
Foto Putu Pisang Cibadak
Foto Putu Pisang Cibadak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?