Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Nasi Campur Khas Jawa Tengah yang Wajib Kamu Icip

List Artikel
15 Juni 2022 | 0 Komentar

Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman kulinernya. Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti punya kuliner khasnya masing-masing. Berbicara tentang kuliner tradisional, berhubung makanan pokok Indonesia adalah nasi, maka sudah pasti ada banyak sekali jenis kuliner yang berbahan dasar nasi. Mulai dari nasi uduk, nasi padang, nasi goreng, nasi kuning, hingga nasi campur. Nasi campur merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang dimiliki masing-masing daerah. Jadi setiap daerah yang ada di Indonesia pasti punya kuliner nasi campur. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya nasi campur merupakan nasi yang disajikan bersama dengan aneka lauk pauk di dalamnya dan lauk pauk tersebut bisa berbeda-beda tergantung daerahnya. Di Jawa Tengah, ada lima jenis nasi campur yang paling populer untuk kamu coba, yaitu:

 

1. Nasi Gandul



Sumber: Whiteboardjournal.com


Nasi campur khas Jawa Tengah yang pertama adalah nasi gandul. Nasi gandul adalah nasi campur asal Pati. Kuliner ini memadukan nasi dengan irisan daging sapi yang dimasak dengan aneka bumbu rempah khas Indonesia. Selayaknya nasi campur khas Indonesia, nasi gandul ini disajikan dengan dialasi dengan daun pisang sehingga aromanya jadi lebih wangi. Untuk penyajiannya, biasanya nasi gandul ditaburi dengan bawang goreng dan tambahan sambal terasi. Cita rasa nasi gandul gurih asin dan cocok dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang.  

 

2. Nasi Penggel



Sumber: Kebumenwow.com


Nasi penggel merupakan nasi campur khas Jawa Tengah yang memiliki tampilan bentuk cukup unik karena nasinya ini dibulat-bulatkan. Nasi putih yang sudah dikepal-kepalkan bulat-bulat tersebut disajikan dengan alas daun pisang bersama dengan sayur nangka muda dan tempe goreng. Nasi penggel memiliki citarasa gurih asin, tapi ada rasa pedas di dalamnya karena dalam sayur nangka terdapat cabai rawit sehingga kamu bisa menggigitnya jika ingin merasakan cita rasa pedasnya.

 

3. Nasi Liwet



Sumber: Media.suara.com


Seperti yang sudah kamu ketahui, nasi liwet adalah nasi campur khas Solo yang sangat populer. Nasi liwet Solo ini punya aneka macam lauk pauk yang disajikan di dalamnya. Kamu bisa menemukan sayur labu, suwiran ayam opor, telur pindang, hingga tahu dan tempe. Cita rasa nasi liwet sangat gurih dan asin. Tak berbeda jauh dengan nasi campur khas Jawa Tengah lainnya, nasi liwet ini juga disajikan dengan alas daun pisang, tapi pada bagian bawahnya biasanya menggunakan wadah anyaman bambu.

 

4. Nasi Megono



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada nasi megono yang asalnya dari kawasan Pantura. Nasi megono ini menjadi menu sarapan favorit masyarakat setempat dan kamu bisa dengan mudah menjumpainya di beberapa rumah makan pinggir jalan. Nasi megono adalah nasi yang dikukus bersama nangka muda yang dimasak dengan kecombrang, petai, cabai merah, dan aneka rempah lainnya. Setelah matang, nasi megono disajikan bersama dengan serundeng kelapa, ayam suwir, telur pindang, dan lauk pauk lainnya.

 

5. Nasi Tewel



Sumber: diahdidi.com


Nasi campur khas Jawa Tengah yang terakhir adalah nasi tewel. Nasi tewel ini asalnya dari Pati dan seringkali dijuluki dengan nama sego tewel. Nasi tewel merupakan nasi yang disajikan dengan tewel atau nangka muda yang dimasak dengan santan. Nasi tewel ini agak sedikit berbeda dari nasi campur lainnya karena agak berkuah sehingga kamu tak mudah seret saat menyantapnya. Cita rasanya lezat dengan aroma yang sangat wangi. Biasanya nasi tewel disajikan dengan alas daun jati sehingga nuansanya jadi berbeda. Kamu bisa menyantap nasi tewel dengan tambahan aneka lauk pauk lainnya seperti bakwan, tahu dan tempe goreng.

 

Itulah beberapa jenis nasi campur khas Jawa Tengah. Dari kelima jenis nasi campur yang ada di atas, kamu pernah mencoba yang mana? 

Nasi Uduk Ibu Sumi

Foto Nasi Uduk Ibu Sumi
Foto Nasi Uduk Ibu Sumi
Foto Nasi Uduk Ibu Sumi

Nasi Gandul Khas Pati

Foto Nasi Gandul Khas Pati
Foto Nasi Gandul Khas Pati
Foto Nasi Gandul Khas Pati

Nasi Gandul Bu Endang

Foto Nasi Gandul Bu Endang
Foto Nasi Gandul Bu Endang
Foto Nasi Gandul Bu Endang

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?