Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Kuliner yang Jadi Favorit di Gubukan Pernikahan, Selalu Antri!

List Artikel
14 Juni 2022 | 0 Komentar

Saat datang ke acara pernikahan, gubukan kerap kali menyita perhatian para tamu undangan yang hadir. Pasalnya selain makanan utama yang disajikan, gubukan juga menjadi daya tarik utama dari kuliner pernikahan. Gubukan merupakan sebuah sebutan julukan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia untuk tenant makanan pendamping yang ada di pesta pernikahan. Dinamakan gubukan karena memang disajikan di sebuah gerai gubuk kecil sehingga membuat kita harus mengantri sebelum mendapatnya. Kuliner gubukan pernikahan ini bisa bermacam-macam jenisnya tergantung dari permintaan pasangan pengantin. Dari sekian banyak kuliner gubukan pernikahan, ada beberapa yang selalu menajdi favorit sehingga mau tak mau kamu wajib mengantri panjang untuk bisa mencicipnya, yaitu:

 

1. Siomay



Sumber: Pergikuliner.com


Siomay merupakan kuliner yang jadi favorit di gubukan pernikahan. Camilan khas Bandung ini rasanya selalu muncul dalam kuliner gubukan pada acara pernikahan. Siomay merupakan camilan yang dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang nantinya akan diberi campuran tepung tapioka dan dikukus hingga matang lalu diberi siraman saus kacang. Biasanya siomay akan disajikan dengan tambahan kentang, kubis, pare, hingga tahu kukus.

 

2. Pempek



Sumber: Pergikuliner.com


Menjadi kuliner kesukaan banyak orang, tak heran kalau pempek juga masuk dalam jajaran kuliner yang jadi favorit di gubukan pernikahan. Tak jauh berbeda dengan siomay. Pempek juga dibuat dari bahan utama ikan tenggiri giling dan diberi campuran tepung tapioka. Hanya saja untuk bumbu yang digunakan berbeda dan cara memasaknya direbus, bukan dikukus. Nantinya setelah matang, pempek akan diberi siraman kuah cuko pedas, irisan mentimun, dan mie kuning.

 

3. Bakso



Sumber: Pergikuliner.com


Siapa yang tak suka kuliner yang satu ini? Menjadi kuliner yang banyak disukai, tak hanya oleh anak-anak tapi juga oleh orang dewasa membuat bakso juga selalu muncul dalam gubuka pernikahan. Teksturnya yang kenyal dan rasa kuah kaldunya yang sangat gurih bisa membuat siapa saja ketagihan, apalagi jika ditambahkan sambal pedas.

 

4. Kambing Guling



Sumber: Nasgorkambonsir.com


Kambing guling juga termasuk salah satu kuliner yang menjadi favorit para tamu undangan pernikahan. Kambing guling dibuat dari bahan dasar kambing yang dibumbui lalu dibakar atau dipanggang secara utuh. Nantinya setelah matang, daging kambing akan diiris tipis-tipis dan disajikan di atas piring. Kamu bisa menyantapnya begitu saja atau dengan cocolan sambal kecap.

 

5. Sate



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada sate yang pastinya tak boleh ketinggalan dalam kuliner gubukan pernikahan. Sate yang paling banyak disajikan adalah sate ayam karena lebih banyak penggemarnya. Tapi selain sate ayam, ada sate kambing yang juga sering dijumpai. Biasanya jika di gubukan pernikahan ada kambing guling, pasti juga ada sate kambingnya. Baik itu sate ayam hingga sate kambing, keduanya sama-sama bisa dinikmati dengan saus kacang atau sambal kecap.

 

6. Soto



Sumber: Pergikuliner.com


Soto adalah kuliner berkuah khas Indonesia yang di dalamnya berisi daging, bisa daging ayam, sapi, hingga kerbau. Jenis soto yang ada di Indonesia bisa berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Dari sekian banyak jenis soto, biasanya soto ayam, soto mie, dan soto betawi menjadi tiga soto yang paling sering muncul dalam sajian gubukan pernikahan karena orang lebih familiar dengan rasanya.

 

7. Zuppa Soup



Sumber: Resepkekinian.com


Kuliner terakhir yang jadi favorit di gubukan pernikahan adalah zuppa soup. Berbeda dengan kuliner gubukan di aras yang merupakan kuliner khas Indonesia, zuppa soup adalah kuliner yang aslinya dari Belanda tapi banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Zuppa soup dibuat dari bahan dasar sup, bisa berupa sup jagung, jamur, hingga ayam. Sup yang sudah matang akan diletakkan di dalam wadah tahan panas dan di atasnya diberi pastry dan dipanggang hingga matang.

 

Dari sekian banyak kuliner yang jadi favorit di gubukan pernikahan, manakah yang paling kamu suka dan selalu diicip saat pergi ke acara pernikahan?

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Batagor & Siomay Kingsley

Foto Batagor & Siomay Kingsley
Foto Batagor & Siomay Kingsley
Foto Batagor & Siomay Kingsley

Bakso Super Special Pak Diran

Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran

Soto Sob H. Asmawi

Foto Soto Sob H. Asmawi
Foto Soto Sob H. Asmawi
Foto Soto Sob H. Asmawi

Pempek Selamat

Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?