Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kerupuk khas Sumatera yang Dijadikan Lauk

List Artikel
23 September 2023 | 0 Komentar

Kerupuk bagi masyarakat Indonesia memang tak boleh terlepas dari kebiasaan makan. Kerupuk ini bagaikan sambal yang kerap kali disajikan bersama dengan aneka kuliner khas Indonesia. Ada banyak alasan mengapa kerupuk sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya sebagai camilan tapi juga lauk. Alasan yang pertama adalah karena rasanya yang gurih asin, meski ada beberapa kerupuk yang ada campuran rasa manis di dalamnya. Alasan kedua adalah tekstur kerupuk yang garing dan renyah sehingga saat disantap bisa menambah nafsu makan. Kerupuk dibuat dengan cara membuat adonan lalu memotongnya tipis-tipis dan menjemurnya hingga kering, barulah digoreng hingga matang dan mengembang. Ada banyak sekali kerupuk yang ada di Indonesia karena masing-masing daerah memiliki kerupuk khasnya sendiri.

 

1. Karupuak Jangek



Sumber: Wikimedia.org


Kerupuk khas Sumatera yang pertama adalah karupuak jangek atau yang lebih kita kenal dengan nama kerupuk kulit. Kerupuk ini sering Teman Kuliner jumpai di rumah makan Padang hingga penjual sate Padang karena memang karupuak jangek ini sangat cocok disantap dengan kuliner sate Padang dan nasi Padang. Karupuak jangek merupakan kerupuk yang asalnya dari Minangkabau. Kerupuk ini dibuat dengan menggunakan kulit kerbau atau kulit sapi. Warnanya kuning emas agak kecoklatan. Bentuknya kotak dengan tekstur yang sangat garing. Rasanya cenderung asin sehingga cocok disantap dengan aneka kuliner khas Sumatera Barat.


2. Karupuak Jariang



Sumber: Wikimedia.org


Karupuak jariang menjadi kerupuk khas Sumatera yang terbilang unik karena dibuat dari bahan dasar yang tidak biasa, yakni jengkol. Untuk membuatnya, jengkol yang sudah dicuci bersih kemudian dikukus hingga matang lalu ditumbuk atau dipipihkan, barulah kemudian dijemur hingga kering. Barulah setelah kering, kerupuk jariang akan digoreng hingga mengembang dan garing. Karupuak jariang sebenarnya lebih sering disantap sebagai camilan karena rasanya yang cukup dominan. Tapi ada juga yang menyantap karupuak jariang sebagai pendamping makan nasi.


3. Kerupuk Kemplang



Sumber: Resepkoki.id


Kalau kerupuk khas Sumatera yang satu ini pasti sudah diketahui banyak orang. Kerupuk kemplang adalah kerupuk asal Sumatera Selatan yang dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri dan campuran tepung tapioka. Kerupuk kemplang memiliki bentuk yang bulat besar pipih dengan ketebalan yang lebih tebal dibandingkan dengan kerupuk pada umumnya. Kerupuk kemplang lebih familiar disantap dengan cocolan sambal khusus yang memiliki rasa pedas dan gurih.


4. Kerupuk Tenggiri Palembang



Sumber: Carikulinerindonesia.com


Selanjutnya ada kerupuk tenggiri Palembang. Tak jauh berbeda dengan kerupuk kemplang, kerupuk tenggiri Palembang ini juga dibuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Kerupuk tenggiri Palembang memiliki bentuk seperti kerupuk bawang yang dijual di warung makan. Bentuknya bulat keriting dengan lubang-lubang tanpa putus. Kerupuk tenggiri yang berasal dari Palembang ini bisa dengan mudah dijumpai di rumah makan yang ada di Palembang karena sering dijadikan sebagai teman makan nasi atau makanan berkuah seperti tekwan.


5. Kletek Udang



Sumber: Ensiklopedikuliner.pmb.brin.go.id


Kerupuk khas Sumatera yang terakhir adalah kletek udang. Kerupuk ini berasal dari Jambi dan lebih banyak dijumpai di toko oleh-oleh khas Sumatera. Kletek udang adalah kerupuk yang dibuat dari bahan dasar udang yang dihaluskan lalu dicampur dengan tepung dan dicetak lalu digoreng hingga menjadi kerupuk. Bentuk dari kletek udang ini cukup unik karena tidak berbentuk pipih tipis layaknya kerupuk pada umumnya. Kletek udang memiliki ukuran yang sebesar jari kelingking. Teksturnya garing dan renyah dengan rasa yang gurih dan aroma yang wangi.

 

Itulah beberapa kerupuk khas Sumatera yang tak hanya cocok dicemil tapi juga dijadikan sebagai lauk untuk disantap dengan nasi atau kuliner berkuah. Teman Kuliner sendiri sudah pernah mencicip kerupuk khas Sumatera yang mana?

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

RM Padang Bu Mus

Foto RM Padang Bu Mus
Foto RM Padang Bu Mus
Foto RM Padang Bu Mus

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

RM Pangeran Khas Minang

Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?