Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Bikin Gurih, Ini 5 Kuliner Tradisional yang Ada Taburan Serundeng

List Artikel
15 Mei 2021 | 0 Komentar

Indonesia dikenal akan kuliner tradisional yang ada taburan serundengnya. Serundeng merupakan salah satu olahan kuliner yang dibuat dari bahan dasar kelapa parut yang dimasak dengan menggunakan campuran rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, cabe merah, gula merah, serta garam. Serundeng ini bisa dijadikan sebagai bahan campuran atau bahan tambahan pada aneka kuliner lain. Dengan menambahkan serundeng, cita rasa makanan tersebut menjadi lebih gurih dan ada sedikit rasa manisnya. Dari sekian banyak kuliner yang ada di Indonesia, lima kuliner tradisional khas Indonesia ini semakin gurih karena ada taburan serundengnya. Apa saja? Kita cek yuk! 


1. Ayam Goreng Serundeng



Sumber: Pergikuliner.com


Pertama ada ayam goreng serundeng yang paling difavoritkan. Kuliner tradisional yang ada taburan serundengnya ini memang paling mudah dijumpai karena menjadi menu yang selalu tersaji di rumah makan tradisional khas Indonesia. Ayam goreng serundeng dibuat dari bahan dasar ayam yang diungkep atau dibumbui dengan rempah terlebih dahulu, baru kemudian digoreng dan ditaburi dengan serundeng di atasnya. Ayam goreng serundeng punya aroma yang sangat wangi dan rasa yang sangat gurih. Kuliner tradisional yang ada taburan serundengnya ini disajikan bersama dengan nasi putih hangat, lalapan, dan sambal terasi atau sambal tomat.


2. Sate Klopo



Sumber: Pergikuliner.com


Sate klopo menjadi kuliner tradisional yang ada taburan serundeng. Indonesia punya banyak jenis sekali sate dan salah satunya adalah sate klopo yang asalnya dari Jawa Timur, tepatnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa, klopo berarti kelapa. Jadi sate klopo memiliki arti sate kelapa. Sate klopo dibuat dari bahan dasar daging, bisa berupa daging sapi atau ayam yang dibumbui lalu dipotong kotak dan ditusuk dengan tusuk sate lalu dibakar hingga matang. Setelah matang, sate akan dibalur dengan serundeng kelapa. Cita rasa dari sate klopo ini sangat gurih dan cocok disantap dengan lontong atau ketupat.


3. Ketan Serundeng



Sumber: Cookin.id


Selanjutnya ada ketan serundeng yang merupakan kuliner tradisional yang ada taburan serundengnya. Ketan serundeng dibuat dengan menggunakan ketan yang sudah dimasak lalu disajikan dengan diberi taburan serundeng. Tekstur ketan yang legit dengan rasa gurih asin menjadi perpaduan yang sangat cocok. Ketan serundeng banyak dijumpai di daerah Jawa, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah. Biasanya ketan serundeng ini dijadikan sebagai menu sarapan pagi atau camilan pendamping minum kopi dan teh.


4. Dendeng Ragi



Sumber: Yummy.co.id


Dendeng ragi menjadi kuliner tradisional yang ada serundengnya asal Jawa Timur. Berbeda dengan dendeng khas Sumatera yang dibalur dengan bumbu balado sehingga rasanya pedas, dendeng khas Jawa Timur ini dibalur dengan serundeng sehingga rasanya gurih manis. Dendeng serundeng dibuat dari bahan dasar daging sapi yang direbus terlebih dahulu hingga matang dengan rempah-rempah. Setelah itu, daging akan dipotong-potong dan digoreng. Barulah kemudian daging yang sudah dijadikan dendeng tersebut dibalur dengan serundeng.


5. Nasi Krawu



Sumber: Facebook.com


Terakhir ada nasi krawu. Nasi krawu adalah nasi khas Madura, Jawa Timur. Nasi krawu merupakan nasi putih biasa yang nantinya akan disajikan dengan aneka jenis serundeng. Biasanya ada dua jenis serundeng yakni serundeng manis dan pedas. Selain disajikan dengan serundeng, nasi krawu juga diberi aneka lauk pauk. Mulai dari tumis jerohan, opor ayam suwir, sambal, serta lauk pauk lainnya. Nasi krawu biasa dijual oleh pedagang di pagi hari karena menjadi menu sarapan favorit masyarakat setempat.

 

Itulah beberapa kuliner tradisional yang ada taburan serundengnya. Dari kelimanya, manakah yang paling kamu suka dan paling sering dikonsumsi?

Ayam Goreng Karawaci

Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci
Foto Ayam Goreng Karawaci

Mama(m)

Foto Mama(m)
Foto Mama(m)
Foto Mama(m)

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih
Foto Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Warung Sunda Ceu Kokom

Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?