Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kesalahan yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Telur

List Artikel
7 November 2018 | 0 Komentar

Telur merupakan bahan makanan yang paling banyak disukai banyak orang karena sangat kaya akan protein dan kandungan gizinya sangat tinggi. Ditambah lagi telur bisa diolah dengan metode memasak apa saja, mulai dari direbus, dikukus, dipanggang, hingga digoreng. Jika kamu kumpulkan, ada banyak sekali ragam olahan telur yang tersebar di dunia sehingga membuat kita tidak bosan menyantapnya. Telur memang sangat mudah dimasak, tapi kalau kamu salah memasaknya, maka cita rasa dan tekstur telur akan rusak lho. Oleh karena itu, sebelum memasak telur kamu harus menghindari lima kesalahan yang ada di bawah ini!



 Sumber : Pergikuliner.com


1. Mengocok Telur dengan Cara yang Salah

Saat membuat telur dadar, omelet atau scramble egg, bagaimana cara kamu mengocok telurnya? Untuk mendapatkan tekstur telur yang lembut, kamu harus mengocok adonan telur dengan cara yang benar. Pastikan untuk menggunakan whisk atau pengocok telur lalu campur telur hingga menyatu antara kuning dan putihnya. Setelah itu kocok dalam waktu sebentar. Jangan sampai kocokan telur memiliki banyak gelembung udara karena akan membuat telur kempes saat dimasak.


2. Tidak Menggunakan Wajan Anti Lengket

Kesalahan kedua adalah tidak menggunakan wajan anti lengket saat menggoreng telur, baik itu telur mata sapi maupun telur dadar alias omelet. Kalau kamu tidak menggunakan wajan anti lengket, telur yang akan kamu goreng akan menempel di wajan dan membuat tekstur telur akan rusak dan hancur begitu saja.


3. Terlalu Lama Memasak Telur

Telur merupakan bahan makanan yang sangat mudah matang sehingga kamu tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Merebus telur terlalu lama akan membuat bagian kuningnya terlihat abu-abu karena terlalu matang. Selain itu, tekstur telur juga akan menjadi keras dan cenderung berbau amis. Hal yang sama juga berlaku untuk telur yang digoreng, terutama saat memasak omelet. Memasak omelet terlalu lama akan menghasilkan tekstur yang kering dan agak keras.

 

4. Memasak dengan Api yang Sangat Panas

Kesalahan lainnya yang cenderung dilakukan orang saat memasak telur adalah api yang sangat panas. Kita kerap kali ingin telur segera matang saat memasaknya. Padahal memasak telur dengan api yang sangat panas bisa membuat telur cepat gosong dan kering. Jadi sebaiknya, masak telur dengan api yang sedang, baik itu ketika memasak telur yang direbus ataupun digoreng.

 

5. Tidak Menceburkan Telur Rebus Matang ke Air Es

Terakhir adalah tidak menceburkan telur rebus yang telah matang ke dalam air es setelah diangkat. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan agar proses pematangan telur terhenti sehingga telur bisa matang sempurna. Ditambah lagi, telur rebus yang langsung direndam di air es ketika matang akan memudahkan kamu mengupas kulitnya.


Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja kesalahan yang kerap kali dilakukan saat sedang memasak telur. Jadi untuk kedepannya kamu tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama sehingga hasil telurmu pasti jadi jauh lebih sempurna. Bicara tentang telur, jangan lupa mampir ke beberapa tempat makan yang menjual menu telur di bawah ini ya!

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante

Amyrea Art & Kitchen

Foto Amyrea Art & Kitchen
Foto Amyrea Art & Kitchen
Foto Amyrea Art & Kitchen

Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Foto Ahan Bakso Ikan Telur Asin

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?