Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Khas Indonesia dengan Bumbu Kacang Paling Populer

List Artikel
1 April 2016 | 0 Komentar

Bumbu kacang sudah menjadi bumbu khas untuk beragam jenis kuliner Indonesia. Bumbu kacang di Indonesia kebanyakan menggunakan jenis kacang tanah sangrai sebagai bahan utama. Rasa legit yang agak creamy membuat bumbu kacang disukai siapa saja. Bumbu kacang selalu dipadukan dengan aneka macam sayuran sehingga menambah kandungan nutrisinya. Berikut ada lima kuliner khas Indonesia yang menggunakan bumbu kacang paling populer, yaitu:



1. Nasi Pecel



Sumber: pergikuliner.com


Nasi pecel merupakan kuliner khas Jawa Timur yang berisi nasi putih dengan aneka macam sayuran yang dikukus atau direbus kemudian disiram bumbu kacang. Komposisi nasi pecel berbeda-beda menurut daerah asalnya. Meskipun komponennya berbeda, namun bumbu pecel yang digunakan sama saja. Bumbu pecel ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, gula merah, garam, dan yang membuatnya berbeda dengan bumbu kacang lainnya adalah kencur. Nasi pecel banyak disantap untuk menu sarapan masyarakat Jawa Timur. 



2. Gado-Gado



Sumber: pergikuliner.com


Kuliner asli Betawi ini sering mendapat julukan sebagai salad ala Indonesia. Gado-gado menggunakan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah sangrai, bawang putih, cabai merah, daun jeruk purut, gula merah, garam, dan air asam jawa. Bumbu kacang untuk gado-gado langsung dibuat ditempat saat ada orang yang membeli. Bumbu kacang diulek di atas ulekan dan dicampur dengan aneka sayuran, tahu, dan tempe.



3. Karedok



Sumber: kulinerdago.com


Karedok yang sering disebut sebagai salad ala Indonesia ini memang menghadirkan sayuran mentah seperti kacang panjang, mentimun, tauge, kol, dan daun kemangi yang disantap bersama dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah goreng, cabai rawit, bawang putih, gula merah, kencur, terasi bakar, asam jawa, dan garam. Jangan lupa untuk meneteskan air jeruk limau agar rasanya semakin segar.



4. Ketoprak



Sumber: www.resepumi.com


Bagi warga Jakarta, kuliner yang satu ini pasti selalu kamu jumpai di pagi hari karena ketoprak banyak dijual untuk pilihan menu sarapan warga Jakarta. Tidak seperti kuliner berbumbu kacang sebelumnya, ketoprak hadir dengan bahan yang lebih sedikit. Ketoprak hanya menggunakan ketupat, tauge, bihun serta tahu sebagai bahan-bahannya. Sedangkan bumbu kacang yang digunakan dibuat dari kacang tanah goreng yang diulek bersama cabai rawit, bawang putih, gula merah, dan air asam.



5. Sate Ayam



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan terakhir, PergiKuliner punya sate ayam bumbu kacang yang juga menjadi kuliner favorit di malam hari. Sate ayam yang paling terkenal adalah sate ayam Madura dan sate ayam Ponorogo karena bumbu kacangnya yang lebih legit. Bumbu kacang sate ayam terbuat dari kacang tanah goreng, bawang merah, cabai merah, kecap manis, serta kucuran jeruk limau.


Nasi Pecel Mbak Ira

Foto Nasi Pecel Mbak Ira

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?