Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

List Artikel
2 Oktober 2015 | 0 Komentar
Indonesia adalah Negara yang terkenal dengan rempah-rempahnya. Dari banyak rempah-rempah yang dihasilkan, maka terciptalah makanan asli Indonesia yang memiliki ciri khas hingga terkenal ke mancanegara. Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga terhadap kuliner negara kita sendiri.

Tahukah kalian? Ternyata ada beberapa makanan asli Indonesia yang sudah mendunia. Makanan Indonesia nyatanya mampu bersaing dengan makanan asing dari negara-negara lain. Seperti apa kehebatan makanan asli Indonesia hingga dapat mendunia? Berikut adalah lima makanan asli Indonesia yang terkenal dan mendunia.


1. Rendang
 

Sumber: www.pergikuliner.com

Rendang adalah makanan khas Sumatra Barat yang terbuat dari daging dengan cita rasa pedas dan bumbu rempah-rempah lainnya. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang ulang dengan menggunakan santan kelapa. Rending dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk. Tapi percayalah, hal ini akan terbayar lunas ketika anda menyantapnya.


2. Sate
 

Sumber: www.pergikuliner.com

Kalau rendang terbuat dari daging sapi, lain lagi dengan sate. Sate bisa terbuat dari daging ayam, kambing, dan lidah sapi. Sate yang ditusuk lalu dibakar ini nyatanya juga bisa mendunia seperti rendang. Berawal dari makanan khas Madura, ternyata sate juga dapat menghipnotis penikmatnya di luar negeri.


3. Gado-gado
 

Sumber: www.pergikuliner.com

Gado-gado terkenal dengan sebutan saladnya orang Indonesia. Makanan yang berasal dari Jawa ini adalah sayuran yang telah direbus dan dicampur menjadi satu layaknya salad. Namun, yang membedakan gado-gado dengan salad adalah bumbunya yang terbuat dari bumbu kacang yang telah dihaluskan. Penyajiannya yang unik dan rasanya yang lezat akan lebih komplit jika ditambahkan emping goreng atau kerupuk.


4. Nasi Goreng
 

Sumber: www.pergikuliner.com

Siapa tak kenal nasi goreng? Sedari kecil menu ini mungkin jadi makanan yang paling tidak asing. Bumbunya mudah, bahan campurannya terserah kita, dan cara memasaknya pun tidak memerlukan skill sekelas chef di restoran. Nasi goreng kita ini ternyata sudah tersohor di berbagai negara Asia.


5. Soto
 

Sumber: www.pergikuliner.com

Tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, Soto juga memiliki tampilan yang indah. Makanan khas Indonesia ini paling nikmat jika dimakan ketika musim hujan. Perpaduan udara yang dingin dan kuahnya yang panas adalah perpaduan yang pas bagi kita. Tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di Jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. Acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.

Bale Soto

Foto Bale Soto
Foto Bale Soto

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta
Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta
Foto RoCA Restaurant - Artotel Jakarta

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?