Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Teh Khas Indonesia yang Unik dan Rasanya Enak

List Artikel
30 Juni 2016 | 0 Komentar
Teh merupakan salah satu minuman favorit di dunia. Tanaman teh pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1684 yang dibawa oleh seorang berkebangsaan Jerman bernama Andreas Cleyer. Ia membawa tanaman teh dari Jepang yang kemudian ditanam di Batavia alias Jakarta. Kondisi tanah di Indonesia memiliki temperatur dan kelembaban yang konstan sehingga ideal untuk pertumbuhan tanaman teh. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang menyandang predikat sebagai penghasil teh terbesar. Berikut ada enam teh khas Indonesia yang unik dan rasanya enak, yaitu:


1. Oriental Java Jasmine Tea


Sumber: kawakibee.blogspot.com

Teh melati yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini menggabungkan daun teh hijau dan bunga melati dalam pembuatannya sehingga memiliki aroma wangi yang sangat harum dan menggoda. Oriental Java Jasmine Tea harus diseduh dengan suhu air sekitar 75 - 80 derajat Celcius.


2. Teh Keraton

Sumber: www.krjogja.com

Teh yang berasal dari Jawa Tengah ini merupakan teh melati berkualitas tinggi yang memiliki proses yang sangat panjang. Teh Keraton dibuat dengan memproses bunga melati asli yang diserap aromanya hingga layu. Proses ini harus dilakukan berulang kali hingga mendapatkan cita rasa melati yang lembut dan harum.  


3. Teh Halimun


Sumber: www.dewimagazine.com

Teh Halimun yang berasal dari Sukabumi ini merupakan jenis teh merah yang terbuat dari daun teh hitam yang melalui proses oksidasi penuh sehingga mampu mengurangi rasa pahit dari daun teh segar. Teh Halimun yang diseduh dengan suhu air 95 derajat Celcius.


4. Teh Jawa Oolong


Sumber: www.bukalapak.com

Meski teh Oolong berasal dari Taiwan, Indonesia juga punya teh Oolong yang banyak ditanam di Pulau Jawa. Tak berbeda jauh dengan teh Oolong asal Taiwan, teh Jawa Oolong terbuat dari gabungan antara daun teh hitam dan hijau yang dijemur sebentar lalu dicabik-cabik hingga mengeluarkan enzim reaktif dengan udara sehingga terjadi oksidasi. Untuk mendapatkan rasa yang tepat, teh Jawa Oolong harus diseduh dengan air panas bersuhu 80 - 85 derajat Celcius


5. Teh Genmaicha dari Ciwidey


Sumber: en.wikipedia.org

Teh khas Indonesia yang satu ini merupakan teh hijau yang dicampur dengan beras. Aroma harumnya beras yang telah disangrai mampu menyatu dengan daun teh hijau dan menciptakan cita rasa yang khas. Teh ini sangat bagus jika diseduh dengan suhu air 75 - 80 derajat Celcius.


6. Gunpowder Green Tea


Sumber: upload.wikimedia.org

Daun teh yang berasal dari Jawa Barat ini sekilas mirip dengan peluru. Warna teh yang hijau tua dengan aroma yang khas biasanya dipadukan dengan daun mint segar. Kamu harus menyeduh Gunpowder Green Tea dengan suhu air 70 - 75 derajat Celcius.

TWG Tea Salon & Boutique

Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique
Foto TWG Tea Salon & Boutique

The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel
Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel
Foto The Writers Bar - Raffles Jakarta Hotel

Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Foto Tea Et Al - Leaf Connoisseur

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?