5 Makanan dan Minuman ini Ampuh Menghilangkan Kembung Saat Mudik Lebaran

26 April 2022 | 0 Komentar
Lebaran tinggal menghitung hari, nih. Apalagi, lebaran tahun ini sudah bisa mudik setelah dua tahun sebelumnya dianjurkan untuk lebaran di rumah saja. Kamu sudah melakukan persiapan apa saja untuk mudik lebaran yang sangat spesial tahun ini? Bagi kamu yang akan melakukan perjalanan mudik, rasa kembung akibat perjalanan jauh tentunya tak bisa terelakkan. Rasa kembung yang disertai begah ini bisa membuat perjalanan mudik kamu terusik dan jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan rasa mual dan mabuk perjalanan. Tenang saja, rasa kembung tersebut bisa kamu usir jauh-jauh dengan mengonsumsi lima makanan dan minuman ini. Ingin tahu apa saja? Simak baik-baik ya!

1. Air Kelapa


Sumber: Kanalsatu.com

Air kelapa selain bagus untuk detoksifikasi tubuh secara alami, air kelapa juga mampu melawan perut kembung. Air kelapa mampu menghasilkan lendir di dalam lambung yang berfungsi mencegah produksi asam lambung yang berlebihan. Usahakan meminum air kelapa hijau karena kandungan proteinnya lebih banyak dari kelapa biasa. 

2. Yoghurt


Sumber: Pergikuliner.com

Yoghurt tak hanya baik untuk pencernaan tubuh kamu, tapi yoghurt juga baik untuk mengurangi rasa kembung yang sudah terlanjur melanda perut kamu. Yoghurt dapat mengubah sumber protein baik karena mengandung kalsium dan vitamun B12 sehingga makanan yang ada di lambung kamu cepat dicerna.

3. Sayuran Hijau


Sumber: pergikuliner.com

Sayuran hijau memang bagus untuk membantu tubuh kamu agar selalu fit dan sehat selama perjalanan mudik. Sayuran hijau seperti, bayam, kangkung, selada, sawi, dan juga seledri yang rendah kalori dan kaya serat bisa menyingkirkan kembung saat perjalanan. 

4. Kacang


Sumber: Eatthis.com

Camilan yang sangat cocok sebagai teman seperjalanan ini ternyata ampuh loh untuk usir rasa kembung. Jenis kacang-kacangan yang paling bagus untuk mengusir rasa kembung adalah almond panggang dan kacang tanah rebus atau sangrai karena kandungan protein dan karbohidrat kompleksnya sangat bagus untuk tubuh.  

5. Pisang


Sumber: Pergikuliner.com

Buah yang satu ini memang tak boleh ketinggalan saat kamu melakukan perjalanan jauh. Selain menjadi sumber energi pengganti nasi, pisang yang memiliki kandungan serat dan potasium ini ampuh untuk usir rasa kembung kamu. 

Burgreens Eatery

Llao Llao

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Kedai Es Pisang Ijo Pemuda

Sour Sally


Topik artikel ini: