Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Makanan Rendah Kolesterol Ini Jadikan Hidupmu Lebih Sehat

List Artikel
23 Oktober 2017 | 0 Komentar

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak dalam darah. Kolesterol terbagi menjadi dua bagian, yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat dalam tubuh dapat memicu beragam penyakit seperti jantung, darah tinggi, serta obesitas karena kolesterol jahat ini menghalangi aliran darah yang mengalir. Sementara kolesterol baik bertugas untuk melawan kolesterol jahat dan membantu aliran darah kembali lancar. Kadar kolesterol normal dalam tubuh seseorang yakni kurang dari 200 mg/dl, jadi kalau kadar kolesterol kamu sudah melebihi 200 mg/dl, maka kamu sudah terkena dampak buruk dari kolesterol jahat. Lalu bagaimana caranya agar kolesterol tetap stabil? Caranya adalah dengan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan juga menyantap asupan makanan yang rendah kolesterol seperti di bawah ini!

 

1. Oatmeal


Sumber : pergikuliner.com


Oatmeal menjadi menu rendah kolesterol pertama yang bisa kamu santap. Oatmeal mengandung serat tinggi yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat dalam oatmeal juga bisa menyerap penumpukan kolesterol jahat dalam aliran darah. Santap oatmeal dengan tambahan buah-buahan seperti pisang, pir, serta apel. Kandungan serat dalam apel dan pir dalam mengontrol produksi kolesterol. Selain buah, kamu juga bisa menambahkan aneka kacang-kacangan panggang seperti almond, walnut, kenari, serta hazelnut. Kacang-kacangan yang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda sangat baik untuk memperlambat laju kolesterol dalam darah.

 

2. Beras Merah


Sumber : pergikuliner.com


Jika biasanya kamu mengkonsumsi beras putih, mulai sekarang gantilah dengan menggunakan beras merah yang memiliki mengandung vitamin B, magnesium, fitonutrien, dan pastinya kadar serat tinggi sehingga memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mampu mengontrol gula darah, menurunkan kadar lemak dalam darah, serta mengurangi kolesterol jahat dan menambah kolesterol baik. Tak heran jika beras merah selalu direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk menu makan sehat.  

 

3. Ikan yang Memiliki Omega 3


Sumber : pergikuliner.com


Ikan dikenal bagus untuk tubuh, tapi ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 lebih bagus lagi untuk menurunkan kadar kolesterol. Ikan yang memiliki omega 3 seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon ini mampu menurunkan resiko pembekuan darah dan terhambatnya saluran pembuluh darah akibat menumpuknya kolesterol jahat. Seperti yang kamu tahu, jika saluran pembuluh darah tertutup kolesterol maka efeknya kamu bisa terkena penyakit jantung yang akut. Sebaiknya kamu memasak ikan dengan cara memanggang atau mengukusnya agar lebih sehat. Jika ingin menggorengnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak canola yang rendah lemak.

 

4. Gandum


Sumber : sehat99.com


Gandum memang sudah dikenal sebagai menu makanan yang sehat, rendah lemak, serta rendah kolesterol. Gandum yang kaya akan nutrisi ini mengandung  garam mineral, kalsium, magnesium, potasium, belerang, klor, arsenik, silikon, mangan, seng, iodida, tembaga, vitamin B, dan vitamin E sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Gandum dapat mengontrol trigliserida darah serta menurunkan kolesterol. Gandum bisa kamu santap dalam bentuk roti, biskuit, pasta, dan juga sereal.

 

5. Sup



Sumber : ctimg.net


Sup menjadi menu rendah kolesterol terakhir yang bisa kamu santap. Sup yang terbuat dari aneka sayur-sayuran tentunya kaya akan gizi serta baik untuk tubuh. Seperti sup bayam yang mampu melindungi kesehatan jantung dari serangan kolesterol jahat yang ada dalam pembuluh darah. Lalu sup tomat yang menjadi sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah oksidasi. Selain itu ada sup ayam yang menggunakan wortel, seledri, serta buncis didalamnya. Jangan lupa untuk menambahkan aneka sup tersebut dengan bawang putih. Bawang putih sangat bagus untuk membantu memerangi kolesterol jahat.   


Nah, itu dia beberapa makanan sehat yang rendah kolestrol. Yuk, hidup lebih sehat dan makan-makanan rendah kolestrol di tempat-tempat di bawah ini!

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Salad Bar

Foto Salad Bar
Foto Salad Bar
Foto Salad Bar

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?