Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Manfaat Agar-agar Bagi Kesehatan Tubuh

List Artikel
3 Juni 2020 | 0 Komentar

Agar-agar dikenal sebagai dessert atau makanan penutup karena citarasanya yang manis dan menyegarkan. Tak hanya dijadikan dessert, agar-agar juga kerap kali disantap untuk camilan pengganjal rasa lapar karena agar-agar memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan juga dijadikan sebagai topping aneka minuman kekinian, mulai dari es kopi susu hingga milk tea. Agar-agar kebanyakan dijual dalam bentuk bubuk dan harus dilarutkan dengan air panas. Untuk menambah citarasanya, biasanya agar-agar ini ditambahkan beragam bahan tambahan seperti buah-buahan segar, biskuit, hingga susu sehingga kadar nutrisinya jadi lebih bertambah. Berbicara tentang nutrisi, agar-agar ini sangat kaya akan kandungan nutrisi sehingga punya beberapa manfaat sebagai berikut:  



Sumber:  Masakapaya.com


1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat paling umum dari agar-agar yang diketahui masyarakat adalah bisa melancarkan pencernaan. Seperti yang kita ketahui, agar-agar punya kandungan serat yang sangat tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Inilah yang menyebabkan agar-agar kerap kali digunakan sebagai obat sembelit. Kandungan serat dalam agar-agar juga mampu menyerap racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.


2. Menurunkan Berat Badan

Agar-agar juga dikenal bisa menurunkan berat badan sehingga banyak digunakan dalam program diet. Tapi tentu saja agar-agar yang digunakan, kadar gulanya sangat rendah. Beberapa menu agar-agar diet bahkan ada yang menggunakan madu sebagai pemanis alami. Kadar serat dalam agar-agar bisa membantu menekan nafsu makan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Ketika agar-agar melewati organ pencernaan, glukosa dalam lambung akan terserap dan terbawa sehingga mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh.


3. Mencegah Anemia

Agar-agar juga bisa mencegah terjadinya anemia pada tubuh. Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Penyebabnya bisa beragam, tapi salah satu faktornya adalah kekurangan zat besi. Dalam agar-agar terdapat kandungan kandungan zat besi yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian tubuh sehingga bisa mencegah anemia. Satu ons agar-agar, kandungan zat besinya bisa memenuhi 33% kebutuhan zat besi harian. Supaya lebih kaya manfaatnya, kamu bisa menambahkan beberapa bahan tambahan yang kaya vitamin C seperti buah-buahan.


4. Menjaga Fungsi Tiroid

Manfaat selanjutnya dari agar-agar adalah bisa menjaga fungsi tiroid dalam tubuh. Tiroid berperan dalam mengatur proses metabolisme dalam tubuh. Jadi kalau fungsi tiroid tidak bagus, maka metabolisme tubuh akan berantakan. Agar-agar mengandung nutrisi yang dapat menjaga fungsi kerja tiroid tetap baik sehingga kinerja organ tubuh juga bisa berjalan dengan baik.


5. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat yang terakhir dari agar-agar adalah dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Agar-agar sangat kaya zat besi dan protein. Dalam 100 gram agar-agar, ada kandungan sekitar 6,2 gram protein dan 21,4 mg zat besi. Keduanya ini mampu berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang dan mengurangi resiko infeksi pada tubuh sehingga imunitas tubuh kita bisa tetap terjaga.


Itulah beberapa manfaat agar-agar bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk menyantap agar-agar ya, teman PergiKuliner!

La Mouette

Foto La Mouette
Foto La Mouette

Puyo Silky Desserts

Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts

Christy Pudding

Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding

Sucre by Sheila

Foto Sucre by Sheila
Foto Sucre by Sheila
Foto Sucre by Sheila

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?