Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Manis dari Singkong yang Cocok untuk Menu Takjil

List Artikel
13 Mei 2020 | 0 Komentar

Singkong menjadi salah satu jenis umbi-umbian yang banyak digunakan pada jajanan tradisional Indonesia. Selain karena mudah diolah menjadi apa saja, singkong juga punya tekstur empuk dan pastinya mudah dijumpai serta harganya murah meriah. Dalam singkong terdapat beragam jenis vitamin dan mineral, mulai dari sumber energi, vitamin B kompleks, mineral, dan lain sebagainya. Biasanya singkong ini banyak diolah dengan cara digoreng atau dikukus begitu saja, tapi kalau kamu ingin mencoba citarasa yang lain, kamu bisa mencoba beberapa olahan manis dari singkong yang ada di bawah ini!


1. Kolak


Sumber: Kumparan.com


Pertama ada kolak yang menjadi kuliner klasik khas Ramadhan. Kolak ini sebenarnya adalah takjil yang bisa dibuat dari beragam umbi-umbian seperti singkong yang dimasak dengan santan, gula merah atau gula pasir, daun pandan, dan vanilli. Rasanya sudah pasti manis dan gurih dengan tekstur legit yang khas. Selain dari singkong, kolak juga bisa menggunakan ubi, labu parang, pisang,


2. Misro


Sumber: Resepkoki.id


Selanjutnya ada misro yang seringkali salah dikenali sebagai combro karena memang tampilannya mirip dan bahan utamanya sama-sama dari singkong yang diparut atau dihaluskan. Perbedaannya hanyalah combro berisi oncom yang dibumbui sehingga citarasanya gurih asin. Sedangkan misro memiliki rasa yang manis karena isiannya dari gula merah. Selain itu, dari bentuknya, combro cenderung berbentuk lonjong sedangkan misro berbentuk agak bulat pipih.


3. Lemet



Sumber: Resepkoki.id


Berikutnya ada lemet yang merupakan jajanan tradisional dari Jawa. Lemet dibuat dari singkong yang dihaluskan lalu diberi campuran kelapa parut dan gula merah yang kemudian dibentuk panjang pipih dan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang. Cita rasa lemet sangat manis dengan tekstur legit dan kenyal. Lemet banyak dijumpai di pasar tradisional. Tapi saat bulan puasa, kamu juga bisa menemukannya di pedagang takjil keliling.


4. Sawut



Sumber: Resepkoki.id


Masih dengan jajanan tradisional khas Jawa, ada sawut yang juga menjadi olahan singkong untuk takjil berbuka. Sawut dibuat dari bahan dasar singkong yang diparut atau diserut kasar lalu di beri gulan merah, gula pasir, dan vanilli kemudian dikukus hingga matang. Setelah matang, sawut disajikan bersama dengan taburan kelapa parut yang sudah dikukus terlebih dahulu lalu diberi campuran sedikit garam dan gula agar rasanya berpadu antara manis dan gurih.


5. Talam



Sumber: Kumparan.com


Terakhir talam ada merupakan jajanan tradisional yang banyak dijumpai di pasar. Bahan-bahan pembuatnya memang lebih banyak dibanding olahan manis singkong lainnya, tapi citarasa talam sangat lezat dengan perpaduan tekstur kenyal, legit, dan lembut dan menjadi satu. Talam singkong dibuat dari campuran singkong, santan, kelapa parut, tepung terigu, tepung beras, tepung sagu, dan gula pasir.

 

Itulah beberapa olahan manis dari singkong yang cocok dinikmati sebagai takjil untuk berbuka puasa. Di antara kelimanya ini, mana yang jadi takjil favorit kamu nih, teman Pergikuliner?

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Es Teler 77

Foto Es Teler 77
Foto Es Teler 77

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?