Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Olahan Tape Khas Indonesia yang Cocok Jadi Cemilan Sore

List Artikel
24 Februari 2020 | 0 Komentar

Tape merupakan salah satu kuliner fermentasi khas Indonesia yang dibuat dari bahan dasar makanan yang berkarbohidrart seperti singkong serta beras ketan. Kenapa harus makanan yang berkarbohidrat? Hal ini dimaksudkan agar ragi yang diberikan bisa berfungsi dengan sempurna. Menjadi kuliner fermentasi, pastinya kamu tahu kalau ada banyak manfaat menyantap tape seperti bisa melancarkan pencernaan, mengurangi jumlah bakteri jahat, dan lain sebagainya. Tape di Indonesia ada banyak sekali jenisnya karena masing-masing daerah punya jenis tapenya sendiri-sendiri. Dari beragamnya jenis tape tersebut, tak heran kalau ada banyak kuliner khas Indonesia yang dibuat dari bahan dasar tape.

 

1. Dodol tape



Sumber : Blanja.com


Pertama ada dodol tape yang menjadi olahan tape khas Indonesia paling banyak dicari karena kuliner ini banyak dijumpai di pusat jajanan atau oleh-oleh di daerah Jawa Barat. Dodol tape memiliki cita rasa yang agak asam dengan campuran rasa manis di dalamnya. Dodol tape dibuat dari bahan dasar tape ketan, singkong, santan, gula dan santan yang kemudian dimasak selama berjam-jam hingga adonannya legit seperti dodol pada umumnya.  

 

2. Tape Uli



Sumber : Pingpoint.co.id


Tape uli juga menjadi salah satu olahan tape yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Biasanya tape uli ini hadir pada saat acara atau perayaan khusus seperti pernikahan, lamaran, hingga hari raya lebaran. Tape uli aslinya dari Betawi, tapi kamu juga bisa menjumpainya di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tape uli terdiri dari dua bahan utama, yakni tape yang dibuat dari beras ketan yang difermentasikan dan uli yang dibuat dari beras ketan yang dikukus bersama dengan santan. Perpaduan cita rasanya sangat unik karena ada rasa manis, asam dan gurih di dalamnya.

 

3. Colenak



Sumber : Selera.com


Berikutnya ada colenak yang berasal dari Jawa Barat. Colenak ini adalah singkatan dari dicocol enak. Jadi kamu harus menyantap kuliner ini dengan cara dicocol agar cita rasanya menjadi enak. Colenak terbuat dari bahan dasar tape singkong yang kemudian dibakar hingga kecoklatan dan mengeluarkan aroma wangi yang khas lalu disajikan bersama dengan parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah cair. Colenak ini lebih enak jika kamu santap saat masih hangat.  

 

4. Kolak Tape



Sumber : Cookpad.com


Kolak tape merupakan salah satu varian kolak yang biasanya hadir pada saat bulan Ramadhan. Kolak tape dibuat dengan bahan dasar tape singkong yang sudah matang dan dimasak bersama dengan santan dan gula merah serta vanilli dan daun pandan sehingga aromanya menjadi sangat wangi. Tekstur tape yang dijadikan kolak ini sangat lumer saat kamu santap. Jadi tak perlu repot-repot mengunyahnya.  

 

5. Tape Gabin



Sumber : Resepkoki.id


Terakhir ada tape gabin yang sepertinya sudah banyak diketahui banyak orang. Tape gabin ini sering kita jumpai di pusat jajanan tradisional atau pasar. Tape gabin yang asalnya dari Samarinda ini dibuat dari bahan dasar tape singkong yang dicampur dengan gula pasir dan susu kental manis lalu dibalut dengan biskuit gabin kemudian dicelupkan dalam adonan tepung dan digoreng hingga matang. Teksturnya garing di luar tapi lembut di dalam dengan perpaduan rasa gurih dan manis.

 

Itulah beberapa olahan tape khas Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai cemilan enak di sore hari. Dari kelimanya, mana yang sesuai dengan seleramu? Jika ingin menyantap aneka cemilan-cemilan lainnya bisa langsung coba mampir aja ya ke salah satu tempat di bawah ini!

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?